Yang Bukan Faktor Pengaruh Krisis Ekonomi Global Adalah

Yang Bukan Faktor Pengaruh Krisis Ekonomi Global Adalah

Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah

Daftar Isi

1. Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah

Munculnya Pasar Internasional
Munculnya Ekonomi Internasional

Semoga membantu

2. Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah. ​.

Jawaban:

pendidikan

Penjelasan:

kayak nya sih

3. sebutkan 4 faktor pengaruh krisis ekonomi global

lemahnya perekonomian negara
minimnya sumber daya yang tersedia
keterbelakangan teknologi
gaya hidup yang mewah

4. bagaimana pengaruh krisis global terhadap kerajinan batik?

Krisis ekonomi global telah menghantam kondisi perekonomian di Indonesia secara signifikan. Hal ini me
nyebabkan terjadinya penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2009. Indonesia mengalami hambatan yang sangat besar untuk mempertahankan pertumbuhan perekonomian seiring dengan krisis keuangan global yang melanda seluruh dunia. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya penurunan pada tingkat perekonomian adalah menurunya investasi asing, ekspor, dan juga tingkat konsumsi masyarakat.

pengaruhnya ialah , kerajinan batik lama kelamaan mulai menghilang karena sebagian masyarakat mulai terpengaruh oleh dunia globalisasi dan melupakan budaya trandisional daerah / negaranya sendiri

5. Yang bukan factor pengaruh Krisis ekonomi global adalah

Jawaban:

Kemandirian pendapat

Penjelasan:

karena tindakan ekonomi dapat diartikan sebagai tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran. Suatu tindakan dikatakan sebagai tindakan bentuk ekonomi apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil serta dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan mana yang harus didahulukan dan yang sesuai dengan kemampuannya. Tindakan ini disebut dengan tindakan dalam ekonomi rasional

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/22134104#readmore

6. Apa yang kamu ketahui tentang krisis global dan bagaimana cara mengatasi kehidupan kamu dalam masa krisis global tersebut pada faktor ekonomi ?No ngasal ya kak​

ets ketemu lagi ya Alif

7. Bagaimana pengaruh krisis Global terhadap kerajinan mebel

Jawaban:daya beli masyarakat

Penjelasan:

Jawaban:

akan terjadinya hutan gundul

8. pengaruh krisis Global terhadap kerajinan mebel​

Jawaban:

Menurut Ketua DPP Assosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Ambar Tjahjono, kondisi pasar mebel dan kerajinan di Indonesia merosot hingga 35 persen dibandingkan awal tahun 2008 lalu. Akibatnya para pengusaha terpaksa merumahkan sebagian karyawannya karena sepinya order tersebut.

”Kondisi ini nampaknya akan terus terjadi hingga Maret 2009. Tetapi kita berharap setelah bulan Maret sudah mulai membaik. Sehingga kebijakan perusahaan untuk merumahkan karyawannya tidak sampai pada pemutusan hubungan kerja (PHK),” paparnya di Yogyakarta, Rabu kemarin.

Untuk menyelamatkan pasar industri mebel dan kerajinan Asmindo akan membangun pasar baru seperti di Rusia, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Untuk masalah kebutuhan bahan baku sendiri, kata dia, saat ini masih dicukupi dari dalam negeri terutama untuk bahan baku kayu jati dan kayu mahoni. Untuk kayu jati saja, setiap tahunnya industri mebel dan kerajinan di Indonesia membutuhkan 600.000 kubik.

Ambar mengungkapkan, industri mebel dan kerajinan di Indonesia saat ini sudah dikembangkan menuju produk mebel dan kerajinan yang berwawasan lingkungan, yaitu melalui program “Go To Green Product”.

Sehingga saat ini Asmindo sudah menggagas adanya upaya untuk mencukupi kebutuhan bahan baku untuk 15 tahun ke depan. Caranya, saat ini Asmindo melakukan penanaman 200 ribu batang pohon di wilayah Jawa Tengah dan Provinsi DIY,seperti di Wonogiri, Jember, Tegal, Wonosari (Gunungkidul, DIY).

Jawaban:

Akan TerjadiNya Hutan Gundul

Penjelasan:

untuk Menyelamatkan pasar industri mebel Asmindo akan membangun pasar baru seperti di Rusia

9. bagaimanakah pengaruh krisis global terhadap keradjinan batik

sangat membantu sekali untuk menimbulkan inovasi baru, agar batik tdk tertinggal zaman dan mampu bersaing dengan produk luar negri laen dalam pasar internasional

#Smoga membantu

10. Bagaimana pengaruh krisis global saat ini terhadap tingkat konsumsi

adanya perdagangan internasional

11. Bagaimana pengaruh krisis global terhadap kerajinan batik

Pengaruh krisis global terhadap kerajinan batik adalah sangat berpengaruh terhadap respon masyarakat pada ketertarikannya dalam kerajinan batik, jika masyarakat kurang tertarik pada kerajinan batik maka daya jual batik akan menurun, hal ini menjadi tugas para pengrajin batik untuk tetap meluaskan atau menambah kreasinya dalam pembuatan batik agar para konsumen tetap meminati produk kerajinan batik.

Pembahasan

Halo adik-adik, jumpa lagi di Brainly. Masih semangat belajar? izinkan kakak untuk membantu menjawab pertanyaan kalian ya, nah kali ini kakak akan membahas tentang “bagaimana pengaruh krisis global terhadap kerajinan batik” oke pembahasannya adalah:

Batik merupakan salah satu kerajinan yang notabennya sudah dikenal oleh seluruh masyarakat mancanegara, peninggalan nenek moyang masyarakat jawa yang satu ini sudah di nobatkan sebagai salah satu kewarisan kemanusiaan untuk kebudayaan lisan. Sejak 2 Oktober 2009 telah dikenal sebagai hari batik nasional, tidak hanya masyarakat jawa namun kain batik saat ini telah hampir dikenakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, karena pada hal ini batik dianggap cocok di gunakan untuk pakaian semi resmi atau dikenakan pada acara apapun.

Asal-usul batik bermula sejak abad ke 17 Masehi, pada masa itu corak batik ditulis lukiskan pada daun lotar dan papan rumah adat Jawa, awalnya pola maupun motif sangat terbatas yakni hanya di dominasi gambar tanaman maupun gambar binatang. Pada perkembangannya asal-usul batik mulai menarik perhatiannya pada pembesar kerajaan Maja Pahit, pada waktu itu motif-motif:

a. Abstrak

b. Candi

c. Awan-awan

d. Wayang, dsb

Dikembangkan oleh pengrajin batik pada masa itu, kepopuler batik semakin bersinar, terkait pada teknik pembuatannya, pada masa itu batik tulis merupakan satu-satunya teknik yang digunakan, dalam proses pengerjaannya pewarnaan pun masih menggunakan pewarna alami.

Setelah perang dunia atau setelah modernisasi kian melambung teknik batik cap pun mulai dikenal, teknik ini pun dianggap teknik yang sangat efisien dan tidak banyak memakan waktu meskipun secara kualitas dinilai kurang memiliki nilai daya tarik.

Pada era ini, batik tidak hanya dikenal sebagai pakaian semata, melainkan dapat diaplikasikan sebagai pernik penampilan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tas, sepatu, dasi, hingga hem juga sudah menggunakan batik menjadi bahan dasarnya, bahkan pakaian pakaian sekolah, kedinasan juga menggunakan batik sebagai salah satu ciri khasnya.

Nah melihat banyak sekali pengaplikasian batik, maka identitas batik yang dihasilkan oleh pengrajin Indonesia, mulai di lirik oleh negara luar, dengan melihat perkembangan ekonomi pada era ini yang menjadi masalah utamanya adalah pendanaan, sehingga negara-negara luar mengalami yang dinamakan krisis global, nah krisis global merupakan insiden dimana semesta sektor ekonomi mengalami kehancuran yang dapat memberi pengaruh pada sektor lain di seluruh dunia.

Pelajari lebih lanjut

Demikian jawaban yang dapat kakak berikan semoga dapat membantu dan meningkatkan semangat belajar kalian ya, nah untuk menambah ilmu kalian mengenai pengaruh krisis global terhadap pengrajin batik, adik-adik juga dapat cek pada link disini ya

“Fenomena krisis global yang terjadi di negara maju ternyata dapat berdampak bagi negara-n
egara lain termasuk Indonesia. Mengapa demikian?”

https://brainly.co.id/tugas/16340079

“Jelaskan mengapa krisis global dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumen ?”

https://brainly.co.id/tugas/3817094

“Bagaimana pengaruh krisis global saat ini terhadao tinggkat konsumsi masyrakat indonesia”

https://brainly.co.id/tugas/2400608

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Detail Jawaban

Kelas : IX

Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 15 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode : 9.10.15

Kata Kunci : krisis global, pengrajin batik, batik, globalisasi  

12. Bagaimana pengaruh krisis global terhadap kerajinan mebel​

Jawaban:

akan terjadinya hutan gundul

13. salah satu faktor penyebab terjadinya ketimpangan sosial ekonomi adalah krisis global. dampak terjadinya krisis global adalah?

1. semakin bertambahnya angka kemiskinan akibat ketidakmampuan Negara dlm melahirkan kebijakan atau program-program yang tepat dalam arti program yang mampu memberikan perbaikan hidup rakyat, disamping ketidakmampuannya juga dalam mengelola dan menjaga kekayaan yang dimiliki dalam memajukan kesejahteraan rakyat.

2. penambahan angka pengangguran akibat dari pemutusan hubungan kerja disamping sempitnya lapangan kerja di Indonesia (lapangan kerja tidak mampu menampung tingginya angkatan kerja).

14. factor pengaruh krisis ekonomi global adalah….

kemiskinan,,, pendidikan yang di bawah standar

15. Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah …a. Kemandirian kerjab. Kemiskinanc. Keterbelakangand. Penganggurane. Keterburukan hidup​

Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah kemandirian kerja [A]

Pembahasan

Tindakan ekonomi dapat diartikan sebagai tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran. Suatu tindakan dikatakan sebagai tindakan bentuk ekonomi apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil serta dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan mana yang harus didahulukan dan yang sesuai dengan kemampuannya. Tindakan ini disebut dengan tindakan dalam ekonomi rasional. Tujuan tindakan dalam ekonomi adalah sebagai berikut:

untuk dapat menentukan/pemilihan terhadap benda dan jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan,

dapat membedakan kualitas barang,

dapat menentukan kebutuhan yang harus diutamakan,

dapat memprediksi untung dan rugi.

Contoh-contoh tindakan dalam ekonomi antara lain:

dengan uang yang ada, mendahulukan terpenuhinya kebutuhan pangan daripada dipergunakan untuk rekreasi;

membeli sepatu yang harganya Rp 200.000,00 karena dapat dipakai dua tahun, daripada sepatu yang harganya Rp 50.000,00 tetapi hanya terpakai dua bulan saja;

menggunakan kereta eksekutif dengan alasan lebih nyaman dan aman walaupun harga tiket lebih tinggi;

membeli barang-barang antik walaupun harga tinggi karena memiliki nilai seni yang tinggi sehingga memberi kepuasan bagi pembelinya.

Para pelaku dalam tindakan kegiatan ekonomi ini dibagi lagi dalam golongan pelaku sebagai berikut:

Tindakan dalam ekonomi perorangan; Yaitu tindakan perorangan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk ekonomi tanpa melupakan dirinya sebagai makhluk sosial.

Tindakan dalam ekonomi lembaga masyarakat; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh semua bentuk organisasi masyarakat baik berupa perkumpulan, yayasan, perusahaan atau yg lainnya.

Tindakan dalam ekonomi pemerintah; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh lembaga negara atau pemerintah untuk memenuhi kebutuhan negara dan rakyatnya.

Tindakan dalam ekonomi antarnegara; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh dua negara atau lebih guna meningkatkan kemakmuran warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

Pengelompokan tindakan dalam ekonomi

a. Kegiatan produksi

Yaitu kegiatan produksi adalah kegiatan untuk menambah nilai guna suatu barang guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Orang atau lembaga yg melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Kegiatan produksi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Produksi sektor primer, sekunder, dan tersier

Sektor primer, contohnya: pertanian, pertambangan dan peternakan.

Sektor sekunder, contohnya: pabrik konveksi, pabrik sepatu, pabrik buku.

Sektor tersier, contohnya: guru, salon kecantikan dan designer.

2. Produksi sektor publik dan swasta

Sektor publik, contohnya: PT PLN, PT Pos Indonesia, PT KAI.

Sektor swasta, contohnya:Indosat dan Telkom.

3. Produksi sektor konsumsi dan investasi

Sektor konsumsi, contohnya: percetakan majalah, katering, dokter, penasihat hukum.

Sektor investasi, contohnya: pabrik mesin cetak, pabrik kendaraan dan mobil.

Ada juga beberapa tindakan produsen agar produksi berjalan terus-menerus diantaranya:

Menentukan jenis produk dengan tepat.

Menekan biaya produksi.

Menggunakan tenaga kerja terampil.

Pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien.

Menentukan sistem distribusi dengan tepat.

Melakukan promosi.

b. Kegiatan distribusi

Yaitu suatu proses penyebarluasan hasil produksi agar sampai kepada konsumen. Dengan kata lain, distribusi adalah penyaluran barang/jasa dari produsen ke konsumen. Sedangkan orang atau lembaga yg melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Tujuan distribusi adalah menyeimbangkan antara daerah surplus dengan daerah minus barang atau jasa. Agar kegiatan distribusi sesuai dengan yg diharapkan, maka perlu diperhatikan ketepatan waktu, ketepatan sasaran, dan keutuhan barang atau jasa.

c. Kegiatan konsumsi

Yaitu kegiatan untuk menggunakan, memakai, atau menikmati barang dan jasa secara berangsur-angsur atau habis sekali pakai. Konsumsi dapat diartikan juga sebagai kegiatan mengurangi nilai guna suatu barang/jasa.Orang atau lembaga yg melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Ada beberapa tindakan yg perlu dilakukan konsumen adalah:

Menyusun prioritas pemenuhan kebutuhan.

Membeli barang dengan harga yg sesuai dengan kemampuan.

Menghemat sebagian pendapatan yg diperoleh.

Pelajari lebih lanjut

1.Pengertian rindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/3971115

2.Contoh tindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/4623829

3.Jenis tindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/10316532

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Kode : 10.12.2

Kata kunci : tindakan Ekonomi

16. sebutkan 4 faktor pengaruh krisis ekonomi global

1.Adanyaproductivity gap(kesenjanganproduktifitas) yang erat berhubungan dengan lemahnya alokasi aset ataupunfaktor – faktor produksi.
2.Fenomenadiequilibrium trap(jebakan ketidak seimbangan) berkaitan tentang ketidakseimbanagan struktur antar sektor produksi.
3.Fenomenaloan addiction( ketergantungan pada hutang luar negeri imbas dari perilaku para pebisnis yang sering beraktifitas dalam bentuk mata uang asing (fore
ign currency)

17. bagaimana pengaruh krisis global terhadap kerajinan batik?

Jawaban:

Sebenarnya dengan adanya globalisasi kerajinan terhadap batik semakin pesat, bahkan mampu bersaing di tingkat internasional.

#semogabermanfaat

18. Apa yang tidak berdampak pada dampak krisis ekonomi global adalahApa yang tidak berdampak pada dampak krisis ekonomi global adalah​

Jawaban:kemandirian kerja

Penjelasan:

19. berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi krisis ekonomi global kecuali​

Jawaban:

hutang negara

#SEJUTAPOHON

20. Yang bukan faktor pengaruh krisis ekonomi global adalah A. Kemandirian kerja B.kemiskinan C.keterbelakang D.penggangguran E.keterburukan hidup

Jawaban:

A

Penjelasan:

karena kemandirian kerja berarti proses ekonomi berjalan dengan baik

#sejutapohon

Video Terkait