Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2

Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2

contoh soal-soal UTS bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 7 semester 2

1. contoh soal-soal UTS bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 7 semester 2

Jawaban:

BACA JUGA

Download Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Matematika Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Mata Pelajaran Prakarya Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal dan Kunci UTS/PTS Mapel Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal dan Kunci Jawaban Latihan UTS/PTS Mapel PJOK Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal dan Kunci Jawaban Latihan UTS/PTS Mapel PAI dan Budi Pekerti Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal dan Kunci Jawaban UTS PPKn Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs

Download Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Seni Budaya Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs

Soal dan Kunci UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13)

Pilihan Ganda

1. Pantun dua seuntai ( pantun kilat ) baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi dengan rumus rima a-a . lebih dikenal dengan sebutan ….

a. seloka

b. karmina

c. gurindam

d. syair

Jawaban: B

2. Gurindam Dua Belas merupakan gurindam karya pujangga yang sangat terkenal yaitu ….

a. Hamjah Fansuri

b. Raja Ali Haji

c. Amir Hamzah

d. Enag Ah

Jawaban: B

3. Berikut yang termasuk karya sastra dari Hamzah Fansuri ,kecuali

a. Syair Perahu

b. Syair Dagang

c. Syair Si Burung Pingai

d. Syair Hamzah Aya

Jawaban: D

4. Kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat majemuk hubungan akibat adalah ….

a. Aku sedang sedih, sebab orang yang aku sayangi tidak menyayangi aku

b. Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya

c. Undang Faiz belajar begitu keras, seh
ingga dia dapat memenangi olimpiade matematika dan ilmu komputer

d. Indah diam saja, seolah-olah semuanya baik-baik saja

Jawaban: C

Pada kalimat jenis ini, konjungsi yang paling sering digunakan adalah “seolah-olah”, “seakan-akan”.

5. Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggallah sebuah keluarga semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak.semut ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya.merek Sumut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang.ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka parasmu itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.

Bagaimana berdasarkan struktur tersebut ,cerita di atas merupakan bagian

a. Orientasi

b. Resolusi

c. Komplikasi

d. Orokentasi

Jawaban: A

1. Pantun dua seuntai ( pantun kilat ) baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi dengan rumus rima a-a . lebih dikenal dengan sebutan ….

a. seloka

b. karmina

c. gurindam

 

 

d. syair

Jawaban: B

2. Gurindam Dua Belas merupakan gurindam karya pujangga yang sangat terkenal yaitu ….

a. Hamjah Fansuri

b. Raja Ali Haji

c. Amir Hamzah

d. Enag Ah

Jawaban: B

3. Berikut yang termasuk karya sastra dari Hamzah Fansuri ,kecuali

a. Syair Perahu

b. Syair Dagang

c. Syair Si Burung Pingai

d. Syair Hamzah Aya

Jawaban: D

4. Kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat majemuk hubungan akibat adalah ….

a. Aku sedang sedih, sebab orang yang aku sayangi tidak menyayangi aku

b. Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya

c. Undang Faiz belajar begitu keras, sehingga dia dapat memenangi olimpiade matematika dan ilmu komputer

d. Indah diam saja, seolah-olah semuanya baik-baik saja

Jawaban: C

Pada kalimat jenis ini, konjungsi yang paling sering digunakan adalah “seolah-olah”, “seakan-akan”.

Uraian

7. Apa yang dimaksud dengan wawancara…

8. Desa Tremas, Pacitan, Jawa Timur. Sebuah desa yang berjarak sekitar 12 km disebelah uatara ibu kota Kabupaten Pacitan menjadi saksi bisu lahirnnya sang fajar. Dialah Sudilo Bambang Yudhoyono yang pada tanggal 9 September 1949 lahir ke duniamelengkapi sepasang suami istri Raden Sukotjo dan Siti Habibah. Jauh dari kehidupan seorang Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) sekarang, kehidupan Sukotjo waktu itu memprihatinkan. Rumahnua menjadi langganan banjir, setiap tahun ketika musim hujan tiba. Meskipun pangkatnya pembantu letnan satu, kehidupannya tidak berkecukupan. Ia ditugaskan di daerah yangterkenal gersang dan terpencil. Sejauh mata memandang hanyalah bukit batu, tanah tandus, dan ratusan gua yang tampak. Kesimpulan yang tepat dari profil tokoh diatas adalah….

9. Tono : “Dalam rangka apa lomba desa ini diadakan?” Kades : “Dalam rangka membuat piala Adipura?” Tono : “Berapa desa yang mengikuti lomba?” Kades : “Ada lima desa?” Tono : “Bagaimana criteria penilaiannyya?” Kades : “ Kriterianya meliputi kebersihan, keindahan, dan kenyamanan.” Kesimpulan isi wawancara di atas adalah….

10. Apa yang dimaksud

a. Karmina

b. Seloka

c. Syair

d. Puisi

e. Pantun

d. Gurindam

Penjelasan:

2. contoh soal uts kelas 8 bahasa indonesia semester 2

apa ysng dimaksud dng sinopsis

3. contoh soal uts kelas 8 bahasa indonesia semester 2

Perang Diponegoro
Pangeran Diponegoro, yang semula bernama Raden Mas Ontowiryo, adalah putra Siltan Hamengku Buwono III dari ibu yang bukan permaisri, R.A. Mangkarawati, seorang putri berdarah Madura. Pangeran Diponegoro dilahirkan di Yogyakarta tanggal 11 November 1785. Sejak kecil diash nenknya, Kanjeng Ratu Ageng, yang terkenal saleh, bermukim di Tegalrejo.Campur tangan Belanda dalam persoalan Yogyakarta semakin merongrongkewibawaan raja. Diponegoro sangat marah ketika melihattingkah laku Belanda yang tidak menyenangkan.Tanggal 20 Juli 1825 Pangeran Diponegoro mengangkat senjata melawan Bekanda dengan bantuan beberapa orang bangsawan yang antu penjajah.Beberapa hal yang mendorong Diponegoro mengangkat senjata adalah kerja paksa membuat jalan Merak sampai Panarukan yang banyak memakan korban, rasa anti penjajah yang ditananmkan oleh Sri Sultan I dan II, sistem pajak tanah yang merugikan penduduk timbulnya tuan tanah yang diberikan kepada orang asing, di samping rongrongan kewibawaan raja oleh beberapa punggawa yang pro Belanda.
Soal
1.      Pikiran utama paragraf pertama wacana diatas adalah …………….a.       Pangeran Diponegoro semula bernama Raden Mas Ontowiryo.b.      Pangeran Diponegoro adalah putra Sultan Hamengku Buwono III.c.       Pangeran Dponegoro adalah putra RA. Mangkarawati.d.      Pangeran Diponegoro di masa kecilnya.
2.      Mengapa Pangeran Diponegoro memusuhi Belanda?a.       Karena Pangeran Diponegoro orang Indonesia.b.      Karena Belanda bertempat tinggal di Indonesia.c.       Karena Diponegoro didukung beberapa bangsawan.d.      Karena Belanda merongrong kewibawaan raja.
3.      Simpulan isi teks di atas adalah ……….a.       Tanggal 20 Juli 1825 Diponegoro mengangkat senjata.b.      Perlawanan Diponegoro terhadap penjajah Belanda.c.       Kerja paksa membuat jalan antara Merak sampai Panarukan.d.      Timbulnya tuan tanah yang diberikan kepada orang asing.
4.      Kedisiplinan para siswa dapat dtingkatkan melalui beberapa upaya. Melalui kegiatan ekstrakurikuler misalnya upacara bendera, latihan baris berbaris, kepramukaan atau kegiatan paskibraka.Tanggapan yang baik sesuai dengan pernyataan di atas adalah …………….a.       Disiplin sangat diperlukan untuk membina mentalitas yang tangguhb.      Kedisiplinan sebenarnya akan terbentuk langsung secara alamic.       Melalui kegiatan ekstrakurikuler itulah akan terbina kedisiplinan yang matang dan semangat saling menghargaid.      Dengan jiwa yang disiplin, maka terbentuklah jiwa yang tangguh
5.      Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya adalah kesalahan pengemudi. Pengemudinya biasanya kurang sabar. Mereka saling mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalujauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehinga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.Kalimat tanggapan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah …….a.       Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.b.      Bila sopir, berhati-hati maka kecelakaan tidak akan terjadi.c.       Para pengemudi biasanya mengebut dan saling mendahului.d.      Tabrakan terjadi karena pengemudi sering mengantuk.
6.      Kalimat berikut yang merupakan pendapat adalah …….a.       Pada musim layangan langit dipenuhi layangan adu dengan berbagai bentuk.b.      Belum jelas benar hilangnya layangan adu itu sehingga panitia akan mencarinya.c.       Yang jelas, layangan hias dapat menentramkan hati yang menerbangkannya.d.      Mereka bisa rekreasi, sekaligus melepas stres dengan layang-layang.
7.
1. Setelah puas berkeliling
, kami berkumpul untuk makan siang bersama.2. Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat Candi Borobudur di Jawa Tengah secara langsung.3. Tepat pukul 17.00 kami bersiap pulang ke Kediri.4. Sebelum berangkat kami mendapatkan pengarahan.5. Kami berangkat bersama dari sekolah.6. Sesampainya di Candi Borobudur, kami melihat-lihat relief-relief candi.Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematisbila di susun dengan urutan …..a.       4, 5, 6, 1, 3, 2         b. 5, 4, 6, 3, 2, 1          c. 4, 6, 5, 3, 1, 2          d. 5, 6, 4, 1, 3, 2
8.      Kecintaan ayah dan ibu kepada anaknya betul-betul cinta yang tulus dan ikhlas tanpa kepalsuan. Ungkapan yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah …a.       Cinta yang murni                            c. Cinta segitigab.      Cinta yang buta                               d. Cinta keluarga
10.  Sejak dulu dia mempunyai cita-cita berkarir di dunia musik. Dia membentuk group musik dengan teman-temannya. Pada awalnya orang tuanya tidak mengijinkan dia berkarir di dunia musik. Akan tetapi, sekarang orang tuanya sudah mengijinkan dan mendukung ihtiarnya.Kata-kata tidak baku yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ….a.       Cita-cita, karir, musik, ihtiar            c. Musik, ijin, orang tua, ihtiarb.      Karir, group, ijin, ihtiar                   d. Sejak, lahir, sekarang, awal

4. kasih contoh soal UTS semester 2 kelas 7 dong​

1.Urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah ….

A. sel – jaringan -sistem organ – organ – organisme

B. sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme

C. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme*

2.Bagian terkecil dari makhluk hidup adalah ….

A. sel*

B. jaringan

C. organ

D. sistem organ

3.Berikut ini bagian dari sel yang dimiliki oleh hewan maupun tumbuhan adalah ….

A. membran sel*

B. kloroplas

C. plastida

D. dinding sel

4. Di dalam sebuah kelas terdiri dari 30 siswa. 15 siswa diantaranya gemar melukis, 20 siswa lagi gemar menyanyi dan jumlah siswa yang gemar dengan keduanya adalah 8. Lalu, jumlah siswa yang tidak suka dengan keduanya yaitu ….

A. 3*

B. 4

C. 5

D. 6

5. Survei yang dilakukan terhadap anak-anak yang di Desa Mekar Wangi menampilkan bahwa 20 anak gemar melihat serial Doraemon, 15 anak gemar dengan serial Pokemon serta 19 anak yang tidak suka dengan keduanya. Maka jumlah peserta di dalam survei tersebut ada … anak.

A. 30

B. 31*

C. 32

D. 33

Semoga Membantu(人 •͈ᴗ•͈)

5. Kasi kisi bahasa Indonesia nya dong UTS Semester ganjil kelas 7

Jawaban:

mengenai teks prosedur, eksposisi ,dan cerita pendek atau cerita rakyat

6. contoh soal uts bahasa indonesia kelas 1 semester 1

sebutkan ciri2 teks eksposisi!
Hampir semua soal ada dalam buku siswa atau yg udah dipelajari

7. soal uts kelas 7 pkn semester 2 kurikulum 2013

apa arti suku bangsa menurut koentjoroningrt?
sebutkan orang yang mengjukan pendapatnya dalam persidangan bpupki?

8. soal uts bahasa indonesia kelas 12 sma semester 1

sebutkan dan berikan contoh kalimat majas

9. Soal UTS Matematika Semester 2 2018 kelas 7

Sebutkan Sifat-sifat persegi, persegi panjang dan segitiga!

semoga membantu…follow juga yaa

10. soal uts kelas 7 bahasa indonesia kurikulum 2016

lahh… belajar lah jgan mengharapkan bocoran soal/ kj

11. soal uts penjas kelas 7 semester 1

atlhetick,bola volly,senam irama,kebugaran jasmani

12. Soal uts matematika semester 2 kelas 7

ini soalnyaaaaaaa,,,,,,

13. soal UTS Bahasa Indonesia kelas 6 semester 1 kurikulum 2013​

Jawaban:

maaf belajar dulu dek bsk jadinya bisa ngerjain bukannya nanya soal disini:-):,-)

14. contoh soal uts bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 semester 1

Kelas : VIII
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kategori : UTS
Kata kunci : Kisi-kisi

Pembahasan:
Untuk Kelas VIII Semester 1 kurikulum 13, materi yang diujikan adalah teks berita dan teks iklan. 
Kisi-kisi UTS yang bisa dipelajari:
1) Teks berita
– unsur-unsur berita (5 w + 1h)
– Struktur berita
– Kaidah kebahasaan berita 
– Meringkas dan menyampaikan isi berita
2) teks iklan
– Pengertian slogan, poster, dan iklan
– Unsur-unsur slogan, poster, dan iklan
– Unsur-unsur pembentuk iklan
– Pola-pola penyajian iklan
– Struktur teks iklan
– Kaidah kebahasaan teks iklan
– Menulis iklan

15. soal uts bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013

sebelum UTS, guru pasti memberikan kisi-kisi perihal batasan yang harus dipelajari. untuk materi bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum 2013, yang harus dipelajari adalah teks deskripsi dan teks fantasi.

untuk teks deskripsi, yang perlu dipelajari seperti kaidah kebahasaan, unsur pencitraan, struktur teks.

untuk teks fantasi yang perlu dipelajari sama sperti halnya teks deskripsi.

contoh soal ;
pada teks Si Bagas, Kelinciku, terdapat kalimat “Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa”. Pencitraan yang dapat ditangkap pada kalimat ini adalah:
a. penglihatan
b. pendengaran
c. indera perasa
d. tidak ada jawaban.

jawabannya : A. karena penglihatan  kita merasa bahwa mulutnya yang sedang berkomat-kamit itu tampak seperti berdoa.

16. Soal uts penjaskes kelas 7 semester 2

Jawaban:

DI GURU LO ADA BANYAK JANGAN TANYA GUE

17. sontoh soal uts seni budaya kelas 7 semester 2

Soal : Lirik lagu daerah Nangroe Aceh Darussalam menggunakan bahasa…
maaf kalo salah:)

18. soal uts kelas 7 bahasa indonesia kurikulum 2014

ga ada kurikulum 2014 adanya kurikulum 2013Mungkin yang di maksud kurikulum 2013, Untuk soalnya biasanya di tentukan oleh sekolahnya masing masing, atau pun oleh oleh bagian Kabupaten

19. Buatkan contoh soal uts bahasa indonesia kelas 10 semester 1 dan jawabannya !

Jawaban:

c.

Penjelasan:

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(a) Semakin kasar butiran beras, semakin banyak bebek yang datang.

(b) Semakin dia berwawasan luas
, semakin sederhana dia seperti ranting padi dengan sebutir gandum.

(c) Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi akan menyukai beras.

(d) Serta orang-orang yang berpengetahuan luas dan berpendidikan baik.

(e) Cabang beras yang mulai bebek.

Pengaturan yang benar dari kalimat di atas untuk paragraf argumentatif adalah

a. (1) – (3) – (5) – (2) – (4)

b. (2) – (4) – (3) – (5) – (1)

c. (3) – (5) – (1) – (4) – (2)

d. (4) – (2) – (1) – (5) – (3)

e. (5) – (1) – (2) – (4) – (3)

20. soal soal uts bahasa indonesia kelas 4 semester 1

gak boleh gitu dek kita harus berusaha dg sportifSaran: Kamu niat nya mau ulangan yg benar apa tidak. Kalau kamu mau dapat nilai yg bagus belajar nya yang benar. Jangan cari kunci jawaban/ bocoran yyyy

Video Terkait