Soal Ulangan Sbdp Kelas 1 Semester 2

Soal Ulangan Sbdp Kelas 1 Semester 2

soal uts sbdp semester 1 kelas 1​

1. soal uts sbdp semester 1 kelas 1​

maaf klo salah ya, semoga membantu.

Jawaban:

Tentang tarian daerah yg dikembangkan menjadi sebuah tarian baru dan menaransemen lagu

2. SBDP semester 1 Kelas 6B​

Jawaban:

1. untuk membuat patung dari bahan kayu teknik yang digunakan adalah teknik Pahat

2. – terbuat dari semen atau bahan lainnya yang keras

– berbentuk manusia hewan maupun tumbuhan

– ukuran yang berbeda beda sesuai dengan fungsinya

3. Alat : baskom , mangkok , plastik , spatula , tripleks , sendok

bahan : tepung terigu , tepung tapioka , tepung sagu lem putih semprot Clear ,cat akrilik

– semoga membantu ya !

3. tuliskan soal² yang akan ada pada ulangan PTS kelas V (mapel SBDP) ​

TanggaNadaDiatonikdanPentatonik

4. materi soal SBDP kelas 5 tema 1​

Jawaban:

???

Penjelasan:

mana soalnya??

gimana saya mau jawab ??

Jawaban:

kamu harus ketik pertanyaan nya dulu atau foto

Penjelasan:

supaya kami bisa tau kamu mau tanya apa

5. buatlah 10 soal dan jawaban nya. tentang ipa,ips,pkn,sbdp,bhs indo. masing masing 10 soal. pelajaran kelas 5 semester 1!

1.sebutkan organ pencernaan manusia!
jwbn: mulut,krongkongan,lambung,usus halus,usus besar,dan anus

2.mengapa Indonesia disebut negara maritim…
jwbn: karena byk perairan

3.sebutkan makna sila pertama Pancasila!
jwbn: melaksanakan ibadah

4.sebutkan nama tari properti dan asal tmpt!
jwbn:tari Remo properti selendang

5.

6. SBDP KELAS 6 thx yah,Cuman 1 soal​

Jawab:

a

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jawab:

A.(1) dan (2)

(1)ketukan sesuai lagu

(2)jarak nada tidak tentu

7. Contoh soal ulangan harian tema 3 kelas 6 (ppkn, b. indo, IPA, ips, sbdp) ​

Jawaban:

ppkn :tentang penerapan pancasila

b.indonesia:kalimat efektif dan teks eksplansi dan tokoh penemu

ipa:penyesuaian makhluk hidup dan rangkaian listrik paralel dan seri

ips:tentang negara asean

sbdp:interval nada dan pola lantai

Penjelasan:

maaf klo salah

8. ulangan sbdp kd 3.2 kelas 6.​

Jawaban:

1.wajib nasional

2.tidak bersemangat/sedih

3.diatonis mayor

4.AT Mahmud

5.?

6.?

7.?

8.L.malik

9. do (1)

10.la(6)

Penjelasan:

maaf ga semuanya kejawab

9. latihan soal SBDP kelas 6​

Penjelasan:

maksudnya soal apa ini

10. buatlah 10 soal dan jawaban nya. tentang ipa,ips,pkn,sbdp,bhs indo. masing masing 10 soal. pelajaran kelas 6 semester 1!​

Jawaban:

sebutkan organ pencernaan manusia!

jwban=mulut krongkonan lambung usu kecil,besardan anus

mengapa Indonesia disebut negara maritim

jwban=karena sebagian Besari Indonesia merupakan perairan

sebutkan nama tari beserta propertinya

=tari Remo properti selendang

sebutkan pelaksanaan sila pertama Pancasila

=melaksanakan ibadah

Penjelasan:

yg lainnya aku gak tau + capek ngetiknya

11. Tolong soal nomor 2.3.4.5 Mapel sbdp kelas 2 SD

Penjelasan:

Jawaban Nomer 4.Dinamika (musik) adalah volume nada secara nyaring atau lembut. Dinamika biasanya digunakan oleh komposer untuk menunjukan bagaimana perasaan yang terkandung di dalam sebuah komposisi, apakah itu riang, sedih, datar, atau agresif. Tanda dinamika pada umumnya ditulis menggunakan kata-kata dalam bahasa italia. Ada dua kata dasar dalam dinamika, piano (lembut) dan forte (nyaring) selebihnya merupakan variasi dari dua kata ini.

Ada beberapa tanda dinamika yang umum digunakan dalam karya musik, yaitu:

Pianissimo (pp): Suara yang dihasilkan sangat lembut.

Piano (p): Suara yang dihasilkan lembut.

Mezzo-piano (mp): Suara yang dihasilkan agak lembut.

Mezzo-forte (mf): Suara yang dihasilkan agak nyaring.

Forte (f): Suara yang dihasilkan nyaring.

Fortissimo (ff): Suara yang dihasilkan sangat nyaring.

Tanda dinamika dapat diletakkan di awal, tengah, akhir, atau di mana saja dalam sebuah komposisi musik dan dimainkan hanya pada nada yang diberi tanda saja. Jika tanda dinamika tidak terlihat maka nada dimainkan dengan volume sedang. Tempo merupakan lawan dari dinamika.

12. apa jenis tangga nada dalam seni musik?sbdp kelas 6 semester 2.tolong jawab ya kak!​

1. tangga nada diatonis

2. tangga nada pentatonis

1. Jenis tangga nada diatonis. Jenis tangga nada yang pertama adalah tangga nada diatonis.

2. Mengenal tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis atau yang juga disebut sebagai pentatonic scale merupakan jenis tangga nada yang paling umum digunakan pada sebuah musik…

3. Mengenal tangga nada kromatis

semoga membantu…

13. Soal Sbdp Kelas 4 Hanya 1 Soal Mohon Bantu ​

Jawaban:

b.4/4 maaf klu salah…..

Jawaban:

jawabannya d.3/4

Penjelasan:

maaf kalo salah

14. Soal sbdp kelas 2 sd Manusia,Hewan dan Tumbuhan merupakan contoh dari. ?.

Jawaban:

organisme, maaf kl salaj

15. Cara mewarnai gambar imajinatif dengan teknik gelap terang disebut kelas 2 ulangan SBDP

Jawaban:

teknik arsir, dusel

Penjelasan:

teknik dusel juga memiliki fungsi menegaskan hitam putih pada gambar

16. soal ulangan sbdp smp​

Jawaban:

maksudnya ??…..

Penjelasan:

follow aku ya

Jawaban:

INI YANG SEMESTER 1 YA

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Kain tenun adalah karya seni yang termasuk seni rupa terapan…..

a. Murni

b. Dua dimensi

c. Trimatra

d. Tiga dimensi

2. Karya seni rupa trapan tiga dimensi mempunyai ukuran……..

a. Panjang lebar dan tebal

b. Panjang lebar dan tinggi

c. Panjang dan lebar

d. Tinggi dan volume

3. Alat untuk menggambar motif batik di atas kain yang berisi cairan lilin atau malam panas di sebut….

a. kuwas

b. ngawangan

c . canting

d.kain mori

4. bentuk kubistis adalah bentuk benda yang menyerupai…..

a. segitiga

b. lingkaran

c.segi lima

d.balok

5. Pembuatan karya seni terapan lebih memperhatikan aspek guna tanpa mengesampingkan

nilai….

a. keutuhan

b. kedamaian

c. seni

d. universal

6. teknik tuang cor biasanya di gunakan untuk membuat seni patung yang berbahan dasar…

a. kayu

b. tanah liat

c. batu andesit

d. tembaga

7. kain tenun adalah karya seni yang termasuk seni rupa terapan……

a. murni

b. dua dimensi

c. trimatra

d. tiga dimensi

8. Garis berulang- ulang yang menimbulkan kesan gelap terang, gradasi, atau kesan tiga dimensi dalam mengambar di sebut juga dengan….

a. polintis

b. arsir

c.fiksatif

d. plakat

9. Menggatur ruang pameran menjadi lebih indah dan menarik adalah tugas dari seksi….

a. dokumentasi

b. publikasi

c. dekorasi

d. penyeleksi

10. Berikut ini yang tidak termasuk media kering dalam menggambar bentuk adalah….

a. pensil

b. krayon

c. tinta bak

d. konte

11. Pemain alat musik tradisional gamelan jawa di sebut…..

a. biduan

b. singer

c.niyaga

d. sinden

12. Berikut ini bukan alat musik ritmis adalah…

a. tamborin

b. triangle

c. gitar

d. drum

13. Pengumuman pelaksanaan pameran kelas atau sekolah dpat di lakukan dengan membuat….

a. sketsel

b. angket

c. brosur

d. dekorasi

14. Penggambaran objek berdasarkan kesan pandangan mata disebut…….

a. komposisi

b.proporsi

c.perspektif

d.gelap terang

15. Kota Gede ( Yokyakarta) terkenal sebagai penghasil kerajinan….

a. wayang kulit

b. keramik

c. kain tenun

d. perak

16. Karya seni rupa terapan di buat untuk tujuan….

a. kesenangan

b.keperluan sehari- hari

c. ekspresi

d. seni

17. Teknik dengan menggores/ menoreh dan membentuk npola permukaan benda disebut….

a. cor

b. tempa

c. pahat/ ukir

d. anyaman

18. Benda berbentuk silindris memiliki bentuk dasar….

a. segi tiga

b. segi empat

c. segi lima

d. lingkaran

19. Berikut ini alat musik tradisional dari daerah jawa barat adalah…..

a. angklung

b. calung

c. talempong

d. arumba

20. Laras slendro dan pelog di gunakan dalam musik…

a. tifa

b. gambang kromong

c. gamelan jawa

d. sasando

21. Gitar termasuk alat musik harmonis yang cara memainkanya dengan cara…..

a. dipetik

b. ditiup

c. dipukul

d. ditabuh

22. Alat musik idiophone adalah alat musik yang cara memainkanya adalah dengan cara…

a. dipetik

b. dipukul

c. ditiup

d. digesek

23. Alat musik airophone adalah alat musik yang cara memainkan dengan cara…..

a. ditiup

b. dipukul

c. ditepuk

d. digesek

24. Berikut ini contoh alat musik aerophone adalah….

a. gitar

b. seruling

c. drum

d. gong

25. Cepat atau lambatnya sebuah lagu disebut….

a. tempo

b. harmoni

c. melodi

d. ketukan

26. Alat musik membranophone adalah alat musik yang cara memainkanya dengan cara….

a. ditiup

b. dipetik

c. ditepuk

d. dipukul

27. harmonika alat musik yang cara memainkan dengan cara…

a. dipetik

b. dipukul

c. digesek

d. ditiup

28. Berikut ini bukan alat musik ridmis adalah….

a. tamborin

b. triangle

c. gitar

d. drum

29. Tari yang biasanya menampilkan gerak-gerak yang gembira dan lincah adalah tari bertema….

a. binatang

b. percintaan

c. kepahlawanan

d. pergaulan

30. Tari reog berasal dari daerah….

a. Jawa Tengah

b. Jawa Barat

c. Jawa Timur

d. Madura

31. Pengungkapan rasa untuk mewujudkan karakter/ perwatakan tari termasuk dalam aspek

a. Wiraga

b. Wirama

c. Wirasa

d. wirupa

32. Penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik disebut…

a. tema

b. pola lantai

c. gerak

d. wiraga

33. Dibawah ini yang tidak termasuk gerak tangan dalam tari jawa adalah….

a. ngithing

b. ukel

c. ngembat

d. kenser

34. wayang orang Sriwedari adalah kelompok wayang orang yang berasal dari kota

a. Surakarta

b. Jakarta

c. Semarang

d. Surabaya

35. Wayang yang dimainkan menggunakan orang sebagain tokoh dan dipadukan dengan gerak tari disebut….

a. krthoprak

b. Wayang kulit

c. Wayang golek

d. Wayang wong

36. Di bawah ini yang merupakan teater tradisional dari betawi adalah….

a. lenong

b. ludruk

c. kethoprak

d. calonarang

37. Langendrian merupakan teater istana yang berkembang di….

a. Keraton Cirebon

b. keraton Surakarta

c. keraton Banten

d. Istana Merdeka

38. Kesenian tradisi ludruk berasal dari…

a. Jawa Timur

b. Jawa Tengah

c. Jawa Barat

d. Jakarta

39. Berikut ini yang bukan merupakan kerja sutradara adalah…

a. pemilihan pemain

b. melatih pemain

c. menentukan cerita

d. menyiapkan dana

40. pemeran yang menjadi penengah antara tokoh protagonis dan antagonis adalah….

a. tritagonis

b. tambahan

c. pengganti

d. utama

17. mapel: SBdPpelajaran kelas: 5 semester 2SATU SOAL DOANG, tolong kak (⁠╥⁠﹏⁠╥⁠)a. dan b. ya, terimakasih (⁠ ⁠╹⁠▽⁠╹⁠ ⁠)​

Jawaban:

3a. pola lantai melingkar/lingkaran

3b.pola lantai zig – zag

Penjelasan:

Pola lantai adalah pergerakan yang dilakukan dengan berpindah atau bergeser secara terstruktur, sehingga membentuk pola denah tertentu untuk menjadikan tarian lebih indah dan menarik.

Bisa pula diartikan sebagai gerak langkah kaki dan posisi penari di lantai saat membentuk formasi di atas panggung.Dengan pola lantai, penari akan tahu di mana ia harus menempatkan diri, dan ke mana ia harus bergerak atau berpindah tempat.

Dalam tari berpasangan atau kelompok, fungsi pola lantai sangatlah penting. Karena penari harus peka dan hapal posisi dirinya serta temannya.

     Fungsi pola lantai

Pola lantai tidak hanya memberi kesan dinamis dan indah dalam tarian, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya:

– Membuat gerakan penari terlihat kuat dan jelas

– Membantu penari menonjolkan peran yang dijalankannya

– Menghidupkan tokoh yang harus diperankan penari

– Membantu penari untuk menyesuaikan diri dalam tata panggung

– Membuat tarian makin indahJenis-Jenis Pola Lantai

1. Pola Lantai Horizontal

pola lantai horizontal pada tarian

Pola lantai horizontal memposisikan para penari berada dalam satu garis lurus yang sejajar ke arah dan kiri.

Jumlah barisnya bisa lebih dari satu tergantung pada jumlah penari.

Dari pola tersebut, kita akan mendapatkan kesan kebersamaan dari para penari yang akan tampil.

Jenis pola lantai ini bisa dikembangkan lagi menjadi pola lantai zigzag.

Nantinya, penari bisa melakukan selang seling ke depan dan ke belakang dalam satu barisan.

2. Pola Lantai Vertikal

pola lantai vertikal pada tarian

Jenis pola lantai selanjutnyua adalah pola lantai vertikal.

Jenis pola ini mengharuskan para penarinya untuk membentuk garis lurus dari depan ke belakang.

Pola vertikal memiliki makna yang dalam dan menarik karena menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Dari pola ini, kesan yang ditampilkan adalah menyatu dan kuat.

Pola lantai vertikal bisa dikembangkan menjadi pola zigzag dan diagonal, tergantung gerakan tariannya.

3. Pola Lantai Diagonal

pola lantai diagonal pada tarian

Pola lantai diagonal menempatkan penari pada barisan yang lurus dan agak menyu
dut ke kiri atau ke kanan.

Pola ini memungkinkan posisi setiap penari berselang-seling secara bergantian baik ke depan atau ke belakang.

Makna yang terkandung dalam pola lantai tari tradisional ini cukup dalam yakni kesan kekuatan bersama yang dinamis.

Untuk pengembangannya, pola lantainya bisa dibuat menjadi pola berbentuk tanda silang dan bentuk pola lantai V.

4. Pola Garis Melengkung

pola lantai melengkung pada tarian

Pola lantai melengkung menempatkan penari pada barisan dengan posisi yang melengkung.

Ada beberapa tipe dalam contoh pola lantai garis melengkung, yaitu lengkung luar, angka delapan, dan garis lingkaran.

Pola tersebut mengandung makna tentang kelenturan dan keserasian. dan menarik.

18. Tumpuan yang digunakan saat berjinjit adalah kelas 2 ulangan SBDP

Jawaban:

Balita seringkali berjalan secara berjinjit dengan tumpuan yang kaki bagian depan ketika sedang mengembangkan keterampilan berjalan.

19. mata pelajaran SBDP kelas / semester 3​

lah mana yang mau di tanya kak???

Penjelasan:

ga jelassss

20. bantu dong nanti kukasih soal lain dengan poin besar kelas 4 semester genap hal 34-36 IPA,IPS,sbdp pliss bantu di hal 34-36​

Jawaban:

1 a

2 d. kurasa

3 a

4 a.

5c

Penjelasan:

1 Gravitasi atau gravitas (dari bahasa Latin gravitas, berarti “berat”), adalah fenomena alam di mana semua hal yang memiliki massa atau energi di alam semesta—termasuk planet, bintang, galaksi, dan bahkan cahaya—saling tarik-menarik satu sama lain.

w

3. gaya magnet adalah gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh daya tarik magnet. Gaya magnet bisa menggerakkan benda

yang terbuat dari besi dan baja.

5 Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik. Rumusan gaya listrik kadang sering dipetukarkan dengan hukum Coulomb, padahal gaya listrik bersifat lebih umum …

Video Terkait