Pipa Pvc Dalam Pemasangan Instalasi Listrik Berfungsi

Pipa Pvc Dalam Pemasangan Instalasi Listrik Berfungsi

Pipa PVC dalam pemasangan instalasi listrik berfungsi

Daftar Isi

1. Pipa PVC dalam pemasangan instalasi listrik berfungsi

Jawaban:

memperlancar listrik

Melindungi kabel dari kerusakan.

2. pipa PVC dalam pemasangan instalasi listrik berfungsi…..a.melindungi kabel dari kerusakanB. mengalirkan arus listrik C. melindungi dari kotorD. melindungi sekringmohon dijawab ya :)​

Jawaban:

B.MELINDUNGI DARI KOTOR

Penjelasan:

MAAF
KALOSALAH

3. bahan pendukung pipa listrik dalam instalasi pemasangan listrik adalah ​

Jawaban: kanal sirip, pipa instalasi, terminal kabel, rel omega rel, rel tembaga rel, panel box, dan penghantar listrik

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU\(^o^)/

4. urutan pemasangan instalasi listrik yaitu? ​

Jawaban:

Membuat gambar perencanaan untuk jalur listrik, untuk rumah baru yang dibangunn dari awal, rencanakanlah posisi sakelar, stopkontak dan fitting lampu sebelum rumah dibangun karena tahapan awal pemasangan listrik dilakukan setelah pemasangan bata dan sebelum pemasangan plesteran tembok, saat itulah dipasang pipa-pipa untuk kabel listrik pada dinding yang belum diplester.

Pemasangan pipa untuk kabel listrik, pasanglah pipa kabel di dinding yang belum diplester berikut tedusnya, tedus ini adalah tempat untuk meletakkan sakelar atau stopkontak agar menempel kuat di dinding tembok.Untuk dinding yang belum diplester maka untuk pemasangan pipa ini plesterannya harus dilepas dulu dengan cara dibobok menggunakan pahat, ukurlah ketinggian tedus yang sesuai dengan kebutuhan.

Pemasangan kabel jalur utama, pemasangan jalur utama ini di pasang mulai dari tempat keluarnya kabel dari MCB sampai ujung stopkontak yang terakhir, jalur ini dipasang pada kayu plapon melewati pipa listrik yang keluar dari tembok.

Penyambungan kabel lampu, sakelar dan stopkontak. Sambunglah semua kabel dengan benar dan aman,ukurlah panjang kabel seoptimal mungkin, jangan sampai setelah dipasang ternyata tidak mampu menjangkau sekrup terminal pada fitting lampu, sakelar atau stopkontak, gunakanlah kabel yang sesuai dengan peruntukannya.

Pemasangan sakelar, dan stopkontak, pemasangan ini dilakukan setelah pipa listrik sudah ditutup oles plesteran dan tembok  sudah rapi dicat, tutuplah setiap sambungan yang terbuka menggunakan isolasi khusus untuk kabel listrik, pasanglah setiap ujung kabel yang terpasang pada setiap sekrup terminal dengan kuat untuk menghindari peerubahan letak yang mengakibatkan konsleting dan tidak terkoneksinya arus listrik.

Pemasangan fitting lampu beserta lampunya, pasanglah fitting lampu dengan kuat menempel di plapon karena fitting ini akan menahan beban sebuah lampu, pakailah fitting yang sesuai dengan jenis lampu yang akan dipasang karena setiap lampu mempunyai panas yang berbeda-beda, fitting lampu yang terbuat dari bahan plastik yang tipis mudah sekali meleleh oleh panas lampu.

Proses uji coba, cobalah nyalakan MCB diikuti menyalakan seluruh lampu dan memasukkan steker alat elektronik ke setiap stopkontak, pemasangan dianggap berhasil bila  semua lampu dapat dinyalakan dan dimatikan oleh sakelar secara normal dan semua stopkontak dapat menyalakan/dipakai alat elektroni

5. Tahap pemasangan instalasi listrik

Membuat gambar , pemasangan pipa untuk kabel listrik,pemasangan kabel jalur utama penyambungan kabel , lampu , sakelar dan stopkontak ,pemasangan sakelar dan stopkontak , pemasangan fitting lampu , proses uji coba

Maaf kalo salah

6. jelaskan fungsi pipa pada instalasi listrik​

Jawaban:

semoga menjadi aluran listrik yang lancar

Penjelasan:

semoga benar

Jawaban:

Pipa berfungsi sebagai lokasi kabel listrik ditempatkan . Pipa berfungsi sebagai pelindung kabel dari material bangunan seperti semen dan lain sebagainya.Sehingga ketika kabel perlu ditarik, kabel tidak akan terkelupas karena terkena material semen atau tembok.

7. Tuliskan dan jelaskan komponen bantu dalam pemasangan pipa instalasi listrik​

Jawaban:

Persyaratan umum instalasi listrik ini tidak berlaku untuk :

a) Bagian dari instalasi listrik dengan tegangan rendah yang hanya digunakan untuk menyalurkan berita dan isyarat.

b) Bagian dari instalasi listrik yang digunakan untuk keperluan telekomunikasi dan pelayanan kereta rel listrik.

c) Instalasi listrik dalam kapal laut, kapal terbang, kereta rel listrik, dan kendaraan lain yang digerakkan secara mekanik.

d) Instalasi listrik dibawah tanah dalam tambang.

e) Instalasi listrik dengan tegangan rendah yang tidak melebihi 25 volt dan dayanya tidak melebihi 100 watt.

2.) Ketentuan yang Terkait

Di samping Persyaratan Umum Instalasi Listrik ini, harus pula diperhatikan

ketentuan yang terkait dengan dokumen berikut :

a) Undang undang no. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

b) Undang-undang No. 15 tahun 1985 tentang Ketenagalistrikan.

c) Undang-undang No. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

d) Peraturan Pemerintah RI No. 10 tahun 1989 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Tenaga Listrik.

e) Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1995 tentang Usaha Penunjang

Tenaga Listrik.

f) Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No. 01.P/40/M.PE/1990 tentang Instalasi Ketenagalistrikan.

g) Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No. 02.P/0322/M.PE/1995

tentang Standardisasi, Sertifikasi dan Akreditasi dalam Lingkungan pertambangan dan energi

3.) Syarat-Syarat Instalasi Listrik

Di samping Persyaratan Umum Instalasi Listrik dan peraturan mengenai kelistrikan yang berlaku, harus diperhatikan pula syarat-syarat dalam pemasangan instalasi listrik, antara lain :

a) Syarat ekonomis

Instalasi listik harus dibuat sedemikian rupa sehingga harga keseluruhan dari instalasi itu mulai dari perencanaan, pemasangan dan pemeliharaannya semurah mungkin, kerugian daya listrik harus sekecil mungkin.

b) Syarat keamanan

Instalasi listrik harus dibuat sedemikian rupa, sehingga kemungkinan timbul kecelakaan sangat kecil. Aman dalam hal ini berarti tidak membahayakan jiwa manusia dan terjaminnya peralatan dan benda benda disekitarnya dari kerusakan akibat dari adanya gangguan seperti:

gangguan hubung singkat, tegangan lebih, beban lebih dan sebagainya.

c) Syarat keandalan (kelangsungan kerja)

Kelangsungan pengaliran arus listrik kepada konsumen harus terjamin secara baik. Jadi instalasi listrik harus direncana sedemikian rupa sehingga kemungkinan terputusnya atau terhentinya aliran listrik adalah sangat kecil.

4) Komponen Pokok Instalasi Listrik

Komponen pokok instalasi listrik adalah perlengkapan yang paling pokok dalam suatu rangkaian listrik. Komponen yang digunakan dalam pemasangan instalasi listrik banyak macam dan ragamnya. Namun, pada dasarnya komponen instalasi listrik dapat dikelompokan sebagai berikut:

a) Bahan penghantar listrik;

b) Bahan Isolasi (Isolator Rol);

c) Pipa Instalasi;

d) Kotak Sambung;

e) Sakelar;

f) Fitting;

g) Perlengkapan Bantu.

5) Penghantar Listrik

Penghantar atau kabel yang sering digunakan untuk instalasi listrik penerangan umumnya terbuat dari tembaga. Penghantar tembaga setengah keras (BCC ½ H = Bare Copper Conductor Half Hard) memiliki nilai tahanan jenis 0,0185 ohm mm²/m degangan tegangan tarik putus

kurang dari 41 kg/mm². sedangkan penghantar tambaga keras (BCCH = Bare Copper Conductor Hard), kekuatan tegangan tariknya 41 kg/mm². Pemuaian tembaga sebagai penghantar adalah dengan pertimbangan bahwa tembaga merupakan suatu bahan yang mempunyai daya
hantar

yang baik setelah perak. Penghantar yang dibuat oleh pabrik yang dibuat oleh pabrik terdapat

beraneka ragamnya. Berdasarkan konstruksinya, penghantar diklasifikasikan sebagai berikut:

a) Penghantar pejal (solid); yaitu penghantar yang berbentuk kawat pejal yang berukuran sampai 10 mm². Tidak dibuat lebih besar lagi dengan maksud untuk memudahkan penggulungan maupun pemasangannya

Penjelasan:

semoga dan jangan lupa folow dan jadkan jawaban terbaik yaa

8. Pemasangan di Instalasi dalam pipaharus meng hindari​

Jawaban:

– Penyambungan kabel didalam pipa instalasi (konduit)

Penjelasan:

jelas karena hal ini sdh diluar daripada pedoman untuk instalasi yg berlaku yaitu PUIL

Penyambungan hantaran (kabel) dalam pipa ini sederhanannya juga akan sangat rentan terjadi induksi, dalam pengerjaannya (menginstalasi) juga akan lebih lambat juga nantinya. Terimakasi mohon maaf apabila ada kesalahan juga butuh koreksinya lur

9. Dalam instalasi listrik penerangan pemasangan lampu harus disertai dengan pemasangan

Jawaban:

pemasangan saklar

Penjelasan:

karena saklar merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memutus jaringan listrik atau untuk menghubungkan nya

maaf kalau salah dan semoga membantu (^_^)

10. Untuk pemasangan instalasi listrik yang menggunakan pipa, jenis kawat/kabel yang digunakana. PVCb. snurc. NYMd. NYA

d. NYA

kabel ini isolatornya cuma satu lapis sehingga tidak tahan air dan mudah digigit tikus oleh karena itu perlu digunakan pipa agar tidak mudah jadi sasaran tikus.

11. Urutkan pemasangan instalasi listrik adalah…

Sebutkan tahapan dalam pemasangan instalasi listrik :

Jaringan PLN  Meteran Mcb  Distribusi ke stopkontak Lampu dan saklarPembahasan :

Detail tahapan dalam pemasangan instalasi listrik :

Membuat gambar perencanaan untuk jalur listrik, untuk rumah baru yang dibangunn dari awal, rencanakanlah posisi sakelar, stopkontak dan fitting lampu sebelum rumah dibangun karena tahapan awal pemasangan listrik dilakukan setelah pemasangan bata dan sebelum pemasangan plesteran tembok, saat itulah dipasang pipa-pipa untuk kabel listrik pada dinding yang belum diplester.Pemasangan pipa untuk kabel listrik, pasanglah pipa kabel di dinding yang belum diplester berikut tedusnya, tedus ini adalah tempat untuk meletakkan sakelar atau stopkontak agar menempel kuat di dinding tembok.Untuk dinding yang belum diplester maka untuk pemasangan pipa ini plesterannya harus dilepas dulu dengan cara dibobok menggunakan pahat, ukurlah ketinggian tedus yang sesuai dengan kebutuhan.Pemasangan kabel jalur utama, pemasangan jalur utama ini di pasang mulai dari tempat keluarnya kabel dari MCB sampai ujung stopkontak yang terakhir, jalur ini dipasang pada kayu plapon melewati pipa listrik yang keluar dari tembok.Penyambungan kabel lampu, sakelar dan stopkontak. Sambunglah semua kabel dengan benar dan aman,ukurlah panjang kabel seoptimal mungkin, jangan sampai setelah dipasang ternyata tidak mampu menjangkau sekrup terminal pada fitting lampu, sakelar atau stopkontak, gunakanlah kabel yang sesuai dengan peruntukannya.Pemasangan sakelar, dan stopkontak, pemasangan ini dilakukan setelah pipa listrik sudah ditutup oles plesteran dan tembok  sudah rapi dicat, tutuplah setiap sambungan yang terbuka menggunakan isolasi khusus untuk kabel listrik, pasanglah setiap ujung kabel yang terpasang pada setiap sekrup terminal dengan kuat untuk menghindari peerubahan letak yang mengakibatkan konsleting dan tidak terkoneksinya arus listrik.Pemasangan fitting lampu beserta lampunya, pasanglah fitting lampu dengan kuat menempel di plapon karena fitting ini akan menahan beban sebuah lampu, pakailah fitting yang sesuai dengan jenis lampu yang akan dipasang karena setiap lampu mempunyai panas yang berbeda-beda, fitting lampu yang terbuat dari bahan plastik yang tipis mudah sekali meleleh oleh panas lampu.Proses uji coba, cobalah nyalakan MCB diikuti menyalakan seluruh lampu dan memasukkan steker alat elektronik ke setiap stopkontak, pemasangan dianggap berhasil bila  semua lampu dapat dinyalakan dan dimatikan oleh sakelar secara normal dan semua stopkontak dapat menyalakan/dipakai alat elektronik.Pelajari Lebih LanjutMateri tentang  instalasi listrik brainly.co.id/tugas/121452Materi tentang instalasi listrik permanen dan instalasi listrik insidental brainly.co.id/tugas/5007464Materi tentang fungsi instalasi listrik brainly.co.id/tugas/422402Detail Jawaban

Kelas : 10

Mapel : TIK

Bab : 4 – Menggunakan Sistem Operasi

Kode : 10.11.4

#AyoBelajar #SPJ5

12. Alat untuk memasang pipa pvc pada posisi belok​

Jawaban:

1. Paint Brush / Kuas Cat

Kuas berfungsi untuk mengoleskan lem pada sambungan dan pipa. Oleh karena itu, pemilihan jenis dan ukuran kuas harus disesuaikan dengan diameter pipa pvc yang akan digunakan

2. Pemotong Pipa / pipe cutter

Alat pemotong khusus pipa bisa anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan atau supermarket bahan bangunan. Namun, jika anda sudah memiliki gergaji kecil, alat ini juga bisa digunakan untuk memotong pipa

3. Amplas

Amplas diperlukan untuk membersihkan serpihan pipa setelah proses pemotongan

4. Pembersih pipa/cleaner

Pembersih pipa cukup mudah didapatkan, thinner atau aseton bisa menjadi pilihan untuk membersihkan pipa agar terlihat bersih dan cemerlang

5. Kikir/alat chamfering pipa

Kikir berfungsi untuk memudahkan pipa masuk pada sambungannya. Alat ini pun mudah anda dapatkan di berbagai toko bangunan

6. Pensil/spidol

Pensil atau spidol diperlukan untuk memberikan tanda dari ujung pipa untuk anda oleskan lem pada pipa yang akan digunakan

7. Lem pipa PVC

Tentunya lem pipa pvc sangat penting pada proses penyambungan ini dan perlu memilih lem pipa yang khusus untuk bahan PVC agar tersambung dengan kuat dan tahan bocor. TRUGlue memiliki berbagai variasi ukuran kemasan sesuai kebutuhan anda. Formulanya yang cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia, adalah salah satu alasan yang kuat bagi anda untuk memilih lem pipa pvc yang tepat.

8. Jointing Tackle

Jointing tackle adalah alat tambahan jika ukuran diameter pipa dan sambungannya cukup besar (≤ diameter luar 165mm direkomendasikan, ≥ diameter luar 216mm diwajibkan). Alat ini berfungsi untuk membantu mendorong pipa pada proses penyambungannya

13. Urutan pemasangan instalasi listrik yaitu..

Jawaban:

Box sekring-MCB-KWH meter-peralatan listrik

Penjelasan:

14. Jelaskan fungsi dari pipa sambungan sebagai instalasi listrik rumah tangga

Jawaban:

Fungsi pipa sambungan sebagai instalasi listrik rumah tangga adalah sebagai berikut.

Pipa berfungsi sebagai lokasi kabel listrik ditempatkan .Pipa berfungsi sebagai pelindung kabel dari material bangunan seperti semen dan lain sebagainya. Sehingga ketika kabel perlu ditarik, kabel tidak akan terkelupas karena terkena material semen atau tembok.

Penjelasan:

Pipa sambungan pada instalasi listrik merupakan langkah tambahan yang digunakan
pada jaringan listrik rumah tangga. Meski sederhana, pemasangan pipa ini menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalma mengatur jaringan kabel pada rumah tangga. Selain itu, obyek ini semakin bermanfaat ketika diperlukan reorganisasi kabel sehingga jaringan yang baru dapat menggunakan kabel lama karena kualitasnya terjaga.

Pelajari lebih lanjut tentang mateir instalasi listrik pada https://brainly.co.id/tugas/5007464

#BelajarBersamaBrainly

15. Jelaskan fungsi dari pipa sambungan sebagai instalasi listrik rumah tangga

Jawaban:

Supaya menjadi aluran Listrik yang lancar

16. Pada pemasangan instalasi listrik yang menggunakan pipa jenis kawat atau kabel yang digunakan adalah

Jawaban:

NYA

Penjelasan:

kabel ini isolatornya cuma satu lapis sehingga tidak tahan air dan mudah digigit tikus oleh karena itu digunakan pipa agar tidak mudah jadi sasaran tikus.

17. jelaskan mengapa pemasangan pipa pada instalasi listrik rumah tangga harus direncanakan secara matang​

Jawaban:

karena jika tidak direncanakan maka pipa tersebut tidak akan berjalan dengan sesuai

Jawaban:

Karena jika pemasangan kurang sempurna (kelebihan atau kekuangan) dalam proposionalisme maka akan terjadi kerugian

18. Bahan yang berfungsi mengencangkan pemasangan instalasi listrik supaya tidak bergesre-geser atau lebih kuat adalah

jawabannya adalah gardu gaping

19. Bahan pendukung pipa listrik dalam instalasi pemasangan listrik adalah.

………………… . ….

20. 1. jelaskan fungsi kotak sambung pada pemasangan instalasi listrik ? 2. terbuat dari apakah kotak sambung instalasi pasangan dalam tembok ? 3. apa fungsi klem pada instalasi listrik ? tolong jawab, tugas keterampilankuuu

1. Penyambungan atau pencabangan hantaran listrik pada instalasi dengan pipa harus dilakukan dalam kotak sambung. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi sambungan atau percabangan hantaran dari gangguan yang membahayakan.  Pada  umumnya  bentuk  sambungan  yang  digunakan pada  kotak  sambung  ialah sambungan  ekor babi (pig tail),  kemudian setiap sambungan ditutup dengan las dop setelah diisolasi.
2.       Bahan Mentah, merupakan bahan dasar  yang masih   perlu diolah     untuk dijadikan bahan setengah jadi atau bahan jadi (siap pakai).-         Bahan Setengah jadi, adalah bahan mentah yang telah ditingkatkan kondisinya dari bahan mentah menjadi bahan setengah jadi..         –   Bahan Jadi atau berupa material yang telah siap pakai, setelah melalui              proses pengolahan atau proses produksi.3. Kalau gak salah klem buat bikin melekat ke tembok

Video Terkait