Pernyataan Yang Tepat Untuk Menyatakan Kestabilan Kedua Unsur Tersebut Adalah

Pernyataan Yang Tepat Untuk Menyatakan Kestabilan Kedua Unsur Tersebut Adalah

Pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah

Daftar Isi

1. Pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah

Jawaban:

D jawabannya maaf kalau salah

2. Unsur Afinitas Elektron X 156 kJ.mol–1 Y –349 kJ.mol–1 Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur tersebut adalah

ion Y- lebih stabil daripada atom Y

3. unsur X memiliki afnitaselektron 156 kJ.mol pangkat min 1 dan unsur Y -349 kJ.mol pangkat min 1 pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur

Jawaban:

 

Unsur X memiliki afnitas elektron 156 kJ/mol dan unsur Y -349 kJ/mol pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur:

 

B. ion Y– lebih stabil daripada atom Y

 

Pembahasan:

 

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atom netral dalam wujud gas, pada saat atom tersebut menerima satu elektron sehingga terbentuk ion negatif. Semakin negatif energi afinitas, semakin mudah atom tersebut mengikat elektron dan membentuk ion negative.

 

Dalam soal ini terlihat bahwa unsur X memiliki afinitas elektron sebesar 156 kJ/mol, sementara atom Y memiliki memiliki tas elektron sebesar -349 kJ/mol.

 

Dari data ini dapat disimpulkan bahwa: 

 

·       Atom X sulit untuk mengikat elektron (sulit membentuk ion negative), dan lebih stabil dalam bentuk atom tidak bermuatan. Artinya ion X⁻ akan tidak lebih stabil bila dibandingkan dengan atom X. (pernyataan A salah)

·       Atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negative, karena afinitas elektronnya bernilai pnegatif. (pernyataan E salah). 

·       Artinya ion Y⁻ akan lebih stabil bila dibandingkan dengan atom Y. (pernyataan B benar)

·       Atom Y mudah mengikat electron, dan Atom X sulit untuk mengikat electron. Artinya atom Y lebih sulit melepas elektron bila dibandingkan dengan atom X. (pernyataan C salah).

·       Atom Y mudah membentuk ion negative. Artinya, atom Y lebih mirip dengan atom non-logam, sebab atom logam umumnya membentuk ion positif. (pernyataan D salah).

 

 

Kelas: X

Mata Pelajaran: Kimia

Materi: Sifat Keperiodikan Unsur

Kata Kunci: Afinitas elektron

 

4. 2. Perhatikan data afinitas elektron berikut! Unsur X Y Afinitas Elektron 240 kJ/mol -349 kJ/mol Buatlah pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilannya! ​

Jawaban:

Bentuk ion Y lebih stabil daripada bentuj atom nya.

Penjelasan:

Afinitas Elektron adalah negatif dari perubahan energi yang terjadi saat satu elektron diterima oleh atom suatu unsur dalam keadaan gas. Unsur yang mempunyai afinitas elektron bertanda negatif, berarti mempunyai kecenderungan lebih besar dalam menyerap elektron daripada unsur yang afinitas elektronnya bertanda positif. Semakin negatif nilai afinitas elektron, maka makin besar kecenderungan unsur tersebut dalam menyerap elektron (kecenderungan membentuk ion negatif).

Afinitas unsur Y lebih negatif dibandingkan X, maka Y lebih mudah dalam menyerap dibandingkan X. Maka, ion Y lebih stabil daripada atom Y, serta atom X lebih stabil daripada bentuk ionnya.

5. 4 4. Perhatikan data afinitas elektron berikut! Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur tersebut adalah …. A. unsur X lebih bersifat non logam daripada unsur Y B. unsur X lebih sulit melepas elektron daripada unsur Y C. unsur X lebih mudah menyerap elektron daripada unsur Y Unsur Afinitas Elektron X 156 kJ.mol–1 Y –349 kJ.mol–1 D. ion Y– lebih stabil daripada atom Y E. ion X– lebih stabil daripada atom X

Jawaban

 

Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua u
nsur tersebut adalah ….

 

D. ion Y– lebih stabil daripada atom Y

 

Pembahasan:

 

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atom netral dalam wujud gas, pada saat atom tersebut menerima satu elektron sehingga terbentuk ion negatif. Semakin negatif energi afinitas, semakin mudah atom tersebut mengikat elektron dan membentuk ion negative.

 

Dalam soal ini terlihat bahwa unsur X memiliki afinitas elektron sebesar 156 kJ/mol, sementara atom Y memiliki memiliki tas elektron sebesar -349 kJ/mol.

 

Dari data ini dapat disimpulkan bahwa:

 

· Atom Y mudah membentuk ion negative. Artinya, atom Y lebih mirip dengan atom non-logam, sebab atom logam umumnya membentuk ion positif. (pernyataan A salah).

 

· Afinitas elektron menentukan mudah tidaknya suatu atom mengikat elektron, bukan tingkat mudah tidaknya suatu atom melepas elektron (pernyataan B salah)

 

· Atom X sulit untuk mengikat elektron (sulit membentuk ion negative) karena afinitas elektronnya berilai positif. Atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negatif, karena afinitas elektronnya bernilai negatif. (pernyataan C salah).

 

· Artinya ion Y⁻ akan lebih stabil bila dibandingkan dengan atom Y, karena atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negatif (pernyataan D benar)

 

·  Atom X sulit untuk mengikat elektron. Artinya atom X lebih stabil daripada ion X⁻. (pernyataan E salah).

 

Kelas: X

Mata Pelajaran: Kimia

Materi: Sifat Keperiodikan Unsur

Kata Kunci: Afinitas elektron

6. diketahui nilai afinitas elektron dua buah unsur berikut. P = –328 KJ mol-1 Q = + 141 KJ mol-1 pernyataan yang tepat mengenai kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah… a. Unsur P lebih mudah melepas elektron daripada unsur Q. b. Unsur Q lebih mudah menarik elektron daripada unsur P. c. Konfigurasi elektron P lebih stabil daripada unsur Q. d. Ion Q- lebih stabil daripada unsur Q. e. Ion P- lebih stabil daripada unsur P.

Jawaban

nilai afinitas elektron dua buah unsur berikut.

P = –328 kJ/mol

Q = + 141 kJ/mol

Harga afinitas elektron biasanya dinyatakan dengan tanda negatif karena pada proses tersebut dilepaskan energi. Jika harga afinitas elektron makin negatif, berarti afinitas elektron semakin besar.  

maka,

P lebih mudah menerima elektron (menarik elektron) dari pada Q

Q lebih mudah melepas elektron dari pada P

ion P- lebih stabil dari pada P

ion Q+ lebih stabil dari pada Q

Pembahasan

[tex]\mathbf{Afinitas~Elektron }[/tex]

Afinitas elektron adalah energi yang yang dilepaskan ketika suatu atom menerima elektron. Kecenderungan afinitas elektron dalam satu golongan (dari atas ke bawah) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka afinitas elektron akan semakin kecil. Hal ini karena semakin besar jari-jari atom dari atas ke bawah. Sehingga atom akan semakin mudah untuk menerima elektron.

Kecenderungan afinitas elektron jika dalam satu periode (dari kiri ke kanan) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka afinitas elektron akan semakin besar. Hal ini karena dari kiri ke kanan jari-jari atom semakin kecil dari kiri ke kanan sehingga atom semakin sulit untuk menerima elektron. Harga afinitas elektron biasanya dinyatakan dengan tanda negatif karena pada proses tersebut dilepaskan energi. Jika harga afinitas elektron makin negatif, berarti afinitas elektron semakin besar.  

[tex]\mathbf{Energi~Ionisasi }[/tex]

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluarnya. Kecenderungan energi ionisasi dalam satu golongan (dari atas ke bawah) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka energi ionisasi akan semakin kecil. Hal ini karena semakin besar jari-jari atom dari atas ke bawah. Sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin lemah maka atom akan semakin mudah untuk melepas elektron.

Kecenderungan energi ionisasi jika dalam satu periode (dari kiri ke kanan) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka energi ionisasi akan semakin besar. Hal ini karena dari kiri ke kanan jari-jari atom semakin kecil dari kiri ke kanan sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kuat maka atom semakin sulit untuk melepas elektron. Jika energi ionisasi kecil maka atom mudah melepaskan elektron. Sebaliknya jika energi ionisasi besar maka atom sukar melepaskan elektron.  

Pelajari lebih lanjut

Sifat periodik unsur https://brainly.co.id/tugas/12948557 , https://brainly.co.id/tugas/18690267 , https://brainly.co.id/tugas/19244265, https://brainly.co.id/tugas/20354702 , https://brainly.co.id/tugas/20253774

7. Unur dan Afinitas Elektron X 156 kJ.mol–1 Y –349 kJ.mol–1 Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur tersebut adalah …. A. unsur X lebih bersifat non logam daripada unsur Y B. unsur X lebih sulit melepas elektron daripada unsur Y C. unsur X lebih mudah menyerap elektron daripada unsur Y D. ion Y– lebih stabil daripada atom Y E. ion X– lebih stabil daripada atom X

C. Krna lebih mudah menyerap.. .

8. perhatikan data afinitas elektron berikut unsur x afinitas elektronnya 240 KJ mol min 1 unsur y afinitas elektron nya Min 349 KJ mol min 1 pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah

Ion y negatif lebih stabil daripada atom y

9. Unsur yang mengikat dua electron untuk mendapatkan konfigurasi electron yang stabil adalah …..

Jawaban:

unsur sulfur (S) dengan nomor atom 16

Penjelasan:

Kaidah oktet (aturan oktet) adalah suatu kaidah sederhana dalam kimia yang menyatakan bahwa atom dari kelompok unsur utama cenderung berikatan dengan atom lain dengan cara melepaskan ataupun menerima elektron sedemikian rupa sehingga atom yang berikatan memiliki delapan elektron di kulit terluarnya.

11 Na : 2 8 1 (cenderung melepaskan satu elektron)

14 Si : 2 8 4 (cenderung menerima atau mengikat 4 elektron)

16 S : 2 8 6 (cenderung menerima atau mengikat 2 elektron)

19 K : 2 8 8 1 (cenderung melepaskan satu elektron)

20 Ca : 2 8 8 2 (cenderung melepaskan dua elektron)

Sehingga unsur yang mengikat dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah 16 S

10. ⦁ Perhatikan data afinitas elektron berikut! Unsur Afinitas Elektron X 156 kJ.mol–1 Y –349 kJ.mol–1 Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur tersebut adalah …. A. unsur X lebih bersifat non logam daripada unsur Y B. unsur X lebih sulit melepas elektron daripada unsur Y C. unsur X lebih mudah menyerap elektron daripada unsur Y D. ion Y– lebih stabil daripada atom
Y E. ion X– lebih stabil daripada atom X

Jawaban:

 

Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kestabilan kedua unsur tersebut adalah ….

 

D. ion Y– lebih stabil daripada atom Y

 

Pembahasan:

 

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atom netral dalam wujud gas, pada saat atom tersebut menerima satu elektron sehingga terbentuk ion negatif. Semakin negatif energi afinitas, semakin mudah atom tersebut mengikat elektron dan membentuk ion negative.

 

Dalam soal ini terlihat bahwa unsur X memiliki afinitas elektron sebesar 156 kJ/mol, sementara atom Y memiliki memiliki tas elektron sebesar -349 kJ/mol.

 

Dari data ini dapat disimpulkan bahwa:

 

·         Atom Y mudah membentuk ion negative. Artinya, atom Y lebih mirip dengan atom non-logam, sebab atom logam umumnya membentuk ion positif. (pernyataan A salah).

 

·         Afinitas elektron menentukan mudah tidaknya suatu atom mengikat elektron, bukan tingkat mudah tidaknya suatu atom melepas elektron (pernyataan B salah)

 

·         Atom X sulit untuk mengikat elektron (sulit membentuk ion negative) karena afinitas elektronnya berilai positif. Atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negatif, karena afinitas elektronnya bernilai negatif. (pernyataan C salah).

 

·         Artinya ion Y⁻ akan lebih stabil bila dibandingkan dengan atom Y, karena atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negatif (pernyataan D benar)

 

·         Atom X sulit untuk mengikat elektron. Artinya atom X lebih stabil daripada ion X⁻. (pernyataan E salah).

 

 

Kelas: X

Mata Pelajaran: Kimia

Materi: Sifat Keperiodikan Unsur

Kata Kunci: Afinitas elektron

 

11. unsur yang melepaskan dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah?

unsur yang terdapat pada golongan 2A

12. aDiketahui nilai afinitas elektron dua buah unsurberikutP= -328 ki mol-Q = +141 k mol-Pernyataan yang tepat mengenai kedua unsurtersebut dalam mencapai kestabilan adalahUnsur P lebih mudah melepas elektrondaripada unsurb. Unsur Q lebih mudah menarik elektrondaripada unsur Pc Konfigurasi elektron P lebih stabil daripadaunsurd. lon Q-lebih stabil daripada unsur QIon P-lebih stabil daripada unsur P.​

Jawaban:

jawaban yang D

Penjelasan:

maaf kalo salah

13. Unsur yang mengikat dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah …..

Unsur yang mengikat dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah :

s

16 = 2 8 6 (cenderung menerima atau mengikat 2 elektron)

Penjelasan:

Kaidah oktet (aturan oktet) adalah suatu kaidah sederhana dalam kimia yang menyatakan bahwa atom dari kelompok unsur utama cenderung berikatan dengan atom lain dengan cara melepaskan ataupun menerima elektron sedemikian rupa sehingga atom yang berikatan memiliki delapan elektron di kulit terluarnya.

Jawaban:

Unsur yang mengikat dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah 16S

Kaidah oktet (aturan oktet) adalah suatu kaidah sederhana dalam kimia yang menyatakan bahwa atom dari kelompok unsur utama cenderung berikatan dengan atom lain dengan cara melepaskan ataupun menerima elektron sedemikian rupa sehingga atom yang berikatan memiliki delapan elektron di kulit terluarnya.

Na presubscript 11 presuperscript blank : 2 8 1 (cenderung melepaskan satu elektron)

Si presubscript 14 presuperscript blank : 2 8 4 (cenderung menerima atau mengikat 4 elektron)

S presubscript 16 presuperscript blank : 2 8 6 (cenderung menerima atau mengikat 2 elektron)

K presubscript 19 presuperscript blank : 2 8 8 1 (cenderung melepaskan satu elektron)

Ca presubscript 20 presuperscript blank : 2 8 8 2 (cenderung melepaskan dua elektron)

Penjelasan:

CMIIW

14. Unsur yang mengikat dua electron untuk mendapatkan konfigurasi electron yang stabil adalah ….

Jawaban:

Unsur yang mengikat 2 elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah 16S

15. Pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah …. A. ion X– lebih stabil stabil daripada atom X B. ion Y– lebih stabil daripada atom Y C. Y lebih mudah melepas elektron daripada X D. X lebih bersifat non logam daripada Y E. X lebih mudah menarik elektron daripada Y

jawabannya ; A
maaf kalo salah

16. Pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah …. A. ion X– lebih stabil stabil daripada atom X B. ion Y– lebih stabil daripada atom Y C. Y lebih mudah melepas elektron daripada X D. X lebih bersifat non logam daripada Y E. X lebih mudah menarik elektron daripada Y

Jawaban:

 

Pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah ….

 

B. ion Y– lebih stabil daripada atom Y

 

Pembahasan:

 

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atom netral dalam wujud gas, pada saat atom tersebut menerima satu elektron sehingga terbentuk ion negatif. Semakin negatif energi afinitas, semakin mudah atom tersebut mengikat elektron dan membentuk ion negative.

 

Dalam soal ini terlihat bahwa unsur X memiliki afinitas elektron sebesar 240 kJ/mol, sementara atom Y memiliki memiliki tas elektron sebesar -349 kJ/mol.

 

Dari data ini dapat disimpulkan bahwa:

 

·         Atom X sulit untuk mengikat elektron (sulit membentuk ion negative), dan lebih stabil dalam bentuk atom tidak bermuatan. Artinya ion X⁻ akan tidak lebih stabil bila dibandingkan dengan atom X. (pernyataan A salah)

 

·         Atom Y mudah mengikat elektron dan membentuk ion negative, karena afinitas elektronnya bernilai pnegatif. (pernyataan E salah).

 

·         Artinya ion Y⁻ akan lebih stabil bila dibandingkan dengan atom Y. (pernyataan B benar)

 

·         Atom Y mudah mengikat electron, dan Atom X sulit untuk me
ngikat electron. Artinya atom Y lebih sulit melepas elektron bila dibandingkan dengan atom X. (pernyataan C salah).

 

·         Atom Y mudah membentuk ion negative. Artinya, atom Y lebih mirip dengan atom non-logam, sebab atom logam umumnya membentuk ion positif. (pernyataan D salah).

 

Kelas: X

Mata Pelajaran: Kimia

Materi: Sifat Keperiodikan Unsur

Kata Kunci: Afinitas elektron

 

17. unsur X afinitas elektron 240 kJ.mol-1 unsur Y afinitas elektron -349 kJ.mol-1 pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah

B. ion Y-lebih stabil dari pada atom y

18. Unsur yang mengikat dua elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah

Jawaban:

16s

Penjelasan:

semoga membantu ya..

Jawaban:

Ar (Argon) dengan konfigurasi elektron [Ne] 3s² 3p6, termasuk ke dalam golongan gas mulia yaitu VIIIA. Pada dasarnya, unsur-unsur yang tergolong ke dalam Gas Mulia adalah unsur yang paling stabil konfigurasi elektronnya

19. Unsur yang mengikat dua electron untuk mendapatkan konfigurasi electron yang stabil adalah …. *

unsur yang mengikat 2 elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah = 16S

Jawaban:

unsur yang mengikat 2 elektron untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil adalah=16s

Penjelasan:

maaf kalo salah

20. Perhatikan data afnitas elektron berikut x 240kJ.mol-1 Y -349 kJ.mol-1 pernyataan yang tepat untuk kedua unsur tersebut dalam mencapai kestabilan adalah

ion Y- lebih stabil daripada atom Y

Video Terkait