Perhatikan Percobaan Berikut Ini Ada Tiga Tabung Reaksi

Perhatikan Percobaan Berikut Ini Ada Tiga Tabung Reaksi

Perhatikan percobaan berikut ini!Ada tiga tabung reaksi yang masing-masing diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut itu dikocok dalam waktu bersamaan.Menurut pendapatmu, tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskanalasanmu!mohon bantuannya kaka​

Daftar Isi

1. Perhatikan percobaan berikut ini!Ada tiga tabung reaksi yang masing-masing diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut itu dikocok dalam waktu bersamaan.Menurut pendapatmu, tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskanalasanmu!mohon bantuannya kaka​

Jawaban:

Tabung c (Lempung berpasir)

Penjelasan:

Krn bercanpuran

maaf kalo salah

2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang di isi oleh jenis tanah yang berada kemudian di beri air dengan volume yang sama . Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama. Setelah itu ketika tabung di diamkan pada rak tabung reaksi Tabung a : pasir: 0,5mn – 2,0 mm Tabung b : lumpur:0,02mm- 0,002mm Tabung c: lempung berpasir: 0,2mm- 0,02 mm Menurut pendapatan tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasan mu!

jawaban:

a.pasir 0,5mn – 2,0 mm

Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah berpasir . Tanah berpasir cepat mengendap karna memiliki partikel lebih besar dan berat .

semoga membantu

3. Perhatikan percobaan berikut ini Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air
dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dik*c*k dalam waktu yang sama dengan kekuatan peng*c*kan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi. Pasir ukuran butirannya 0,5mm – 2,0mm Lumpur 0,02 mm – 0,002 mm Lempung berpasir 0,2 mm – 0,02 mm Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah pasir. Tanah pasir cepat mengendap karena memiliki partikel lebih besar dan berat. Tanah merupakan komponen abiotik pada ekosistem. Tanah bermanfaat bagi makhluk hidup karena sebagai tempat hidup. Untuk tumbuhan tanah berfungsi menyediakan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

Pembahasan

Ekosistem adalah penggabungan dari setiap unit biosistem yang membentuk interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungannya menjadi aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme.  Terdapat dua komponen pembentuk ekosistem yang saling berkaitan satu sama lain yaitu komponen biotik dan komponen abiotik yang membentuk suatu ekosistem.

Pelajari lebih lanjut tentang macam-macam ekosistem di: brainly.co.id/tugas/9985269.

Berikut ini penjelasan mengenai komponen abiotik dan biotik:

A. Komponen Abiotik

Komponen Abiotik adalah komponen lingkungan yang terdiri dari unsur-unsur tidak hidup baik secara fisik atau kimia yang ada di dalam suatu ekosistem. Sumber abiotik umumnya diperoleh dari litosfer, atmosfer, dan hidrosfer. Komponen abiotik memiliki peranan penting bagi komponen biotik. Berikut ini adalah contoh komponen abiotik dan penjelasannya:

1. Suhu

Suhu merupakan komponen abiotik yang dipengaruhi banyak faktor seperti radiasi sinar matahari, garis lintang dan ketinggian tempat.

2. Air

Air merupakan komponen abiotik yang penting bagi semua makhluk hidup, bahkan ketersediaan air mempengaruhi distribusi makhluk hidup.

3. Garam

Beberapa organisme terestrial atau organisme yang hidup di atas tanah mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan kandungan garam tinggi contohnya adalah bakteri halofil, tumbuhan laut.

4. Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama makhluk hidup baik dari intensitas dan kualitasnya terhadap suatu ekosistem. Intensitas dan kualitas cahaya matahari dapat juga mempengaruhi proses fotosintesis.

5. Tanah

Tanah menjadi tempat hidup dan tumbuh bagi organisme autotrof dan juga tempat mencari makanan bagi organisme heterotrof. Karakteristik tanah meliputi struktur fisik, tekstur (komposisi partikel tanah), derajat kesamaan (pH) dan komposisi mineral maupun unsur hara dapat menjadi indikator apakah tanah tersebut subur atau tidak subur.

6. Iklim

Iklim merupakan kondisi atau keadaan cuaca dalam jangka waktu yang lama pada suatu area yang luas. Iklim terbentuk dari interaksi berbagai macam komponen abiotik. Komponen abiotik tersebut berupa suhu, cahaya matahari, kelembaban udara dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut tentang ketergantungan abiotik terhadap biotik di: https://brainly.co.id/tugas/184084.

B. Komponen Biotik

Komponen Biotik adalah sebuah komponen lingkungan yang terdiri dari semua jenis organisme atau makhluk hidup yang ada di dalam sebuah ekosistem.Terdapat ketergantungan antara komponen biotik yaitu melalui rantai makanan maupun jaring-jaring makanan.  Komponen biotik dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu produsen, konsumen dan dekomposer.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga kelompok komponen biotik tersebut yaitu:

1. Produsen atau Organisme Autotrof  

Organisme autotrof atau disebut sebagai produsen merupakan organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Produsen mampu membentuk makanan dengan menyerap senyawa dan zat-zat anorganik untuk kemudian diubah menjadi senyawa organik melalui proses fotosintesis. Organisme yang tergolong dalam organisme autotrof memiliki ciri khusus yaitu terdapat klorofil di dalam tubuhnya seperti pada tumbuhan tingkat tinggi.

2. Konsumen atau Organisme Heterotrof  

Organisme heterotrof atau disebut sebagai konsumen adalah organisme yang mengambil sumber energi dan makanan dari organisme lain. Organisme heterotrof tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri. Contohnya komponen biotik ini adalah manusia dan hewan yang berperan sebagai karnivora, herbivora, maupun omnivora.

3. Pengurai atau Dekomposer

Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang melakukan proses dekomposisi yaitu mengubah bahan-bahan organik dari organisme yang sudah mati menjadi senyawa anorganik. Contoh organisme yang disebut pengurai antara lainbjamur dan bakteri. Beberapa organisme yang menggunakan sisa bahan organik menjadi partikel-partikel yang lebih kecil disebut sebagai detritivor. Contoh organisme ini adalah kutu kayu atau rayap, kutu buku dan cacing.

Pelajari lebih lanjut tentang gejala alam biotik di: https://brainly.co.id/tugas/22021558.

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Biologi

Bab: Ekologi

Kode: 10.4.10

#AyoBelajar

4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!1. Robi Widjaya menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.2. Robi menumbuk telur ayam rebus menggunakan mortal sampai halus.3. Robi memberi tumbukan telur ayam rebus dengan sedikit air hingga menjadi semacam larutan.4. Robi memasukkan larutan ke dalam tiga tabung reaksi menggunakan pipet tetes setinggi 1 cm tiap-tiap pipetnya. Selanjutnya, ketiga tabung reaksi tersebut diberi label Tabung A, Tabung B, dan Tabung C.5. Robi memasukkan dua tetes larutan lugol ke dalam Tabung A untuk menguji amilum.Kelima kalimat tersebut termasuk unsur . . . dalam laporan percobaan.A.siapa (who)B.di mana (where)C.bagaimana (how)D.mengapa (why)​

Jawaban:

C. bagaimana ( how )

Penjelasan:

kalimat tersebut berisi tentang urutan langkah langkah

5. Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 1. Robi Widjaya menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. 2. Robi menumbuk telur ayam rebus menggunakan mortal sampai halus. 3. Robi memberi tumbukan telur ayam rebus dengan sedikit air hingga menjadi semacam larutan. 4. Robi memasukkan larutan ke dalam tiga tabung reaksi menggunakan pipet tetes setinggi 1 cm tiap-tiap pipetnya. Selanjutnya, ketiga tabung reaksi tersebut diberi label Tabung A, Tabung B, dan Tabung C. 5. Robi memasukkan dua tetes larutan lugol ke dalam Tabung A untuk menguji amilum. Kelima kalimat tersebut termasuk unsur . . . dalam laporan percobaan.

Jawaban:

Langkah Langkah kegiatan

Video Terkait