Pasangan Yang Sesuai Antara Hormon Dengan Fungsinya Adalah

Pasangan Yang Sesuai Antara Hormon Dengan Fungsinya Adalah

Pasangan yang sesuai antara hormon dengan fungsinya adalah…..

Daftar Isi

1. Pasangan yang sesuai antara hormon dengan fungsinya adalah…..

Jawaban:

pasanganantarahormonadalahfungsisatusamalainadalahauksindanbertanggungjawabpadapertumbuhanprimerdominasiapicalbuahparteknortrapi,pertumbuhanakarlateralpertumbuhanakarpadastex

Penjelasan:

semogamembantuyakakak/adek

________________

pelajarilebihlanjut:

https./brainly.com.id/anifutri38

________________

semogamembantu_

________________

by.@nifutri38

2. Pasangan hormon yang fungsinya berlawanan

hormon giberelin dan asam absitat

3. pasangan hormon yang fungsinya berlawanan adalah

Asam Absisat (ABA)

Asam Absisat adalah jenis hormon tumbuhan yang bekerja antagonis (berlawanan) dengan auksin dan giberelin.Fungsinya mempertahankan tumbuhan dari tekanan lingkungan, berperan dalam proses penuaan dan gugurnya daun.

4. testis berfungsi memproduksi hormon testosteron Apa fungsi hormon testosteron

hormon testosteron berfungsi untuk menghasilkan sperma sehingga testis mengeluarkan sperma.. => Fungsi hormon testoteron :
1.) Penting untuk produksi sperma pada masa dewasa.
2.) Berperan dalam munculnya perubahan fisik pada laki-laki.
3.) Meningkatkan libido.
4.) Memastikan bahwa otot dan tulang tetap kuat setelah masa pubertas.
5.) Memulai pengembangan reproduksi pada laki-laki.

Maaf jika salah. Semoga membantu ^_^

5. Yang termasuk pasangan hormon persalinan dan fungsinya adalah

Relaxin : Hormon ini melembutkan rahim dan mengendurkan otot panggul untuk persiapan kelahiran.
Oksitosin : Merangsang dan memperkuat kontraksi rahim saat bersalin dan mendorong janin keluar.
Endorphin : Menimbulkan rasa tenang dan menghilangkan rasa sakit. Hormon ini meningkat selama kehamilan dan memuncak saat persalinan/kelahiran
Prostaglandin : Hormon ini bertugas merangsang kehamilan. Dan juga memproduksi hormon ini ketika janin siap lahir.

semoga membantuu
semangat yaa 🙂

6. pasangan yang benar antara nama hormon pada tumbuhan beserta fungsinya ditunjukkan oleh angka

Jawaban:

Hormon Auksin

Hormon ini berfungsi untuk pertumbuhan dan penghambatan pertumbuhan, pembentukan bunga dan buah, dormansi, serta penuaan dan pengguguran.

Hormon Giberelin

Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel serta merangsang aktivitas enzim amylase dan proteinase yang berperan dalam perkecambahan.Giberelin juga merangsang pembentukan tunas, menghilangkan dormansi biji, dan merangsang pertumbuhan buah secara parthenogenesis.

Hormon Sitokinin

Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel, pembentukan tunas pada batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan mempercepat pertumbuhan memanjang. Sitokinin dapat ditemukan pada jaringan yang membelah.

7. pasangan yang tepat antara hormon persalinan pada perempuan beserta fungsinya

hormon pria: hormon testosteron yg berfungsi mengatur perkembangan organ reproduksi dan muncul tanda sekunder pada pria.
hormon perempuan : hormon estrogen yg berfungsi mengatur perkembangan organ reproduksi pada wanita

8. Hormon yang berfungsi meningkatkan fungsi dan suasana otak serta hati adalah hormon​

Jawaban: hormon endorfin

Jadikan jawaban terbaik ya

Jangan lupa untuk follow

Semoga bermanfaat ya

Penjelasan:

9. Hormon-hormon pada hewan dan fungsinya

Hormon Pada Hewan
a. Tiroksin : mengendalikan pertumbuhan hewan, Pada otak bisa merangsang proses terjadinya metamorphosis.
b. Somato medin : mempengaruhi pertumbuhan tulang
c. Ekdison Juvenil : mempengaruhi vase lampah, dan vase dewasa pada hewan invertebrate.

10. pasangan hormon yang fungsinya berlawanan (antagonis) adalah

Protagonis kalau gak salahAsam Absisat (ABA)

Asam Absisat adalah jenis hormon tumbuhan yang bekerja antagonis (berlawanan) dengan auksin dan giberelin.Fungsinya mempertahankan tumbuhan dari tekanan lingkungan, berperan dalam proses penuaan dan gugurnya daun.

11. fungsi hormon dormin berlawanan dengan fungsi hormon…​

-Hormon Florigen – Auksin – Rizokalin – Giberelin

12. Sebutkan beberapa hormon yang bekerja sesuai dengan fungsinya!

1. Hormon insulin

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sel beta pankreas. Hormon ini memiliki sifat anabolik atau bersifat membangun. Insulin diproduksi pada saat kadar zat gizi dalam darah (gula, lemak, dan asam amino) meningkat. Fungsi hormon insulin dalam tubuh yaitu menurunkan kadar gula darah, asam lemak bebas, dan asam amino, serta membantu penyimpanannya.

Adanya hormon insulin membuat sel-sel tubuh manusia menggunakan gula sebagai bahan energi utama. Kerja hormon insulin dilawan oleh hormon glukagon yang diproduksi oleh sel alfa pankreas.

Tidak adanya hormon insulin dapat menyebabkan timbulnya kondisi hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) seperti yang terjadi pada penyakit diabetes melitus (DM) atau kencing manis. Apabila tidak ditangani, hiperglikemia dapat menimbulkan gangguan terhadap berbagai organ seperti ginjal, saraf, dan retina.

Kekurangan insulin juga dapat menyebabkan terjadinya pemecahan lemak dari jaringan lemak, sehingga terjadi peningkatan asam lemak di dalam darah. Pada kondisi tubuh yang tidak dapat menggunakan gula sebagai bahan bakar utama, sel-sel akan menggunakan asam lemak sebagai alternatif energi. Penggunaan asam lemak untuk energi ini akan meningkatkan pelepasan badan keton (ketosis), yang bersifat asam sehingga menyebabkan kondisi asidosis. Asidosis ini dapat menurunkan kerja otak dan bila parah bisa menimbulkan koma hingga akhirnya kematian.

2. Hormon paratiroid

Hormon paratiroid (PTH) adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar paratiroid. Kelenjar ini terletak di sekitar kelenjar tiroid. PTH berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah. Kalsium sendiri berpengaruh penting pada kontraksi otot dan proses pembekuan darah.

PTH dikeluarkan pada kondisi kalsium dalam darah yang rendah. Hormon ini meningkatkan kalsium dengan meningkatkan pelepasan kalsium dari tulang, penyerapan kalsium dari usus dan ginjal. Kalsitonin adalah hormon yang dapat menghambat kerja PTH.

PTH penting untuk kehidupan karena apabila tidak ada PTH, maka dapat terjadi kejang otot, termasuk otot-otot pernapasan, sehingga menimbulkan gagal napas dan berujung pada kematian.

3. Hormon kortisol

Anda pasti sering mendengar tentang steroid. Biasanya steroid sering diresepkan untuk antiradang atau di gym sering kali Anda mendengar orang-orang mau menyuntikkan steroid demi mendapatkan bentuk tubuh yang baik. Namun, tahukah Anda kalau tubuh ternyata sudah memiliki steroid alami yang disebut hormon kortisol?

Kortisol atau glukokortikoid adalah hormon yang paling banyak dikeluarkan oleh kelenjar adrenal. Bahan dasar hormon ini adalah kolesterol. Kortisol dikenal dengan sebutan hormon stres, karena hormon ini dikeluarkan terutama pada saat tubuh kita dalam keadaan stres.

Fungsi hormon kortisol sangat penting dalam metabolisme dan sistem imun tubuh. Berbeda dengan insulin, hormon kortisol bersifat metabolik (memecah). Adanya hormon kortisol dalam darah dapat meningkatkan pemecahan cadangan makanan dalam tubuh, sehingga gula darah, lemak dan asam amino akan meningkat dalam darah, agar bahan-bahan tersebut dapat menjadi sumber energi dalam keadaan stres.

4. Hormon aldosteron

Hormon aldosteron mungkin lebih jarang didengar dibandingkan kortisol. Aldosteron juga dikeluarkan oleh kelenjar adrenal dan memiliki peran penting dalam keseimbangan ion natrium (garam) dan kalium tubuh. Aldosteron akan diproduksi bila kadar natrium dalam darah berkurang atau kadar kalium darah berlebihan.

Hormon ini menyebabkan natrium diserap kembali oleh sel-sel ginjal dan pembuangan kalium ke dalam urine. Penyerapan kembali natrium diikuti dengan penyerapan air dari ginjal. Melalui mekanisme ini terjadi penyimpanan natrium dan peningkatan cairan tubuh yang berakibat pada terjadinya peningkatan tekanan darah.

Tidak adanya aldosterone dapat menimbulkan tubuh kehilangan natrium dan air, serta peningkatan kadar kalium yang berbahaya karena dapat menimbulkan kematian dengan cepat.

13. hormon triodontironin fungsinya sama dengan hormon​

Jawaban:

T3 juga memberikan stimulasi bagi metabolisme yang mengurai glukosa, lemak dan protein dengan memicu peningkatan berbagai enzim metabolis seperti glukosa-6 fosfatase dan heksokinase yang diproduksi hati, dan merupakan enzim bagi mitokondria untuk meningkatkan fosforilasi oksidatif.

Penjelasan:

Semoga Bermanfaat 🙂

14. fungsi hormon yg dihasilkan oleh testis fungsi hormon yg dihasilkan oleh testis fungsi hormon yg dihasilkan oleh testis

hormon testosteron
maaf kalo salah:)untuk menentukan sifat laki laki

15. Pasangan yang tepat antara kelenjar, hormon yang dihasilkan, dan fungsinya dalam tabel berikut adalah

apakah ini yang anda maksud?

16. pasangan hormon dan fungsinya Pada pertumbuhan tanaman berdasarkan tabel tersebut ditunjukkan oleh nomor​

『JAWABAN』

B.)1Bdan 3A

Pengertian

Giberelin atau asam giberelat adalah semua anggota kelompok hormon tumbuhan yang memiliki fungsi yang serupa atau terkait dengan bioassay GA1.

Asam absisat adalah molekul seskuiterpenoid (memiliki 15 atom karbon) yang merupakan salah satu hormon tumbuhan

Thanks

17. pasangan antara nama hormon beserta fungsinya yang benar terdapat pada…

progresteron:Q
kalo gk salah

18. kelenjar hifosis di sebut juga master of gland, karena mengsekresikan bermacam macam hormon yga akan mengatur bermacam macam kegiatan tubuh,, pasangan yg sesuai antara hormon yg di hasilkan oleh hipofisis dan fungsinya adalah

hormon TSH (Tiroid stimulating hormone)/Tirotropin memengaruhi hormon Tiroid

hormon ACTH(Adrenocorticotropic stimalating hormone)/Kortikotropin memengaruhi hormon Glukokortiloid

hormon FSH (Follicel stimulating hormone) memengaruhi hormon Estrogen

hormon LH (Luteinizing stimulating hormone)/ICSH (Interstitial cell stimulating hormone) memengaruhi hormon Progesteron dan Testosteron

19. pasangan antara nama hormon beserta fungsinya?

Pasangan antara nama hormon beserta fungsinya antara lain adalah auksin, yang bertanggung jawab pada pertumbuhan primer, dominansi apical, buah partenokarpi, pertumbuhan akar lateral, pertumbuhan akar pada stek, bengkoknya batang tanaman kearah cahaya. Giberelin, yang bertanggung jawab pada proses perkecambahan, pembentukan buah dengan ukuran besar, pembentukan buah tanpa biji, menjadikan tanaman kerdil kembali menjadi tanaman normal, menjadikan tanaman normal menjadi tinggi 3 kali tinggi normal. Sitokinin, yang bertanggung jawab pada pertumbuhan sekunder, mematahkan dominansi apical, pembelahan sel, pelebaran batang, menunda pengguguran daun.

Pembahasan

Hormone pada tumbuhan merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Hormon pada tumbuhan antara lain:  

Auksin, yang bertanggung jawab pada pertumbuhan primer, dominansi apical, buah partenokarpi, pertumbuhan akar lateral, pertumbuhan akar pada stek, bengkoknya batang tanaman kearah cahaya dan lain sebagainya.  

Pelajari lebih lanjut tentang auksin di: https://brainly.co.id/tugas/23910124.

Giberelin, yang bertanggung jawab pada
proses perkecambahan, pembentukan buah dengan ukuran besar, pembentukan buah tanpa biji, menjadikan tanaman kerdil kembali menjadi tanaman normal, menjadikan tanaman normal menjadi tinggi 3 kali tinggi normal dan lain sebagainya.  Sitokinin, yang bertanggung jawab pada pertumbuhan sekunder, mematahkan dominansi apical, pembelahan sel, pelebaran batang serta daun dan bunga , menunda pengguguran daun dan lain sebagainya.  

Pelajari lebih lanjut tentang sitokinin di: https://brainly.co.id/tugas/23384289.

Asam absisat, yang bertanggung jawab pada menutupnya stomata saat musim kering, memicu pengguguran daun serta dormasi biji dan lain sebagainya.  Asam traumalin, yang bertanggung jawab pada proses penutupan luka.  Gas etilen, yang bertanggung jawab pada proses pematangan buah.  Kalin, yang bertanggung jawab pada pertumbuhan berbagai organ tumbuhan, meliputi filokalin yang merangsang pertumbuhan daun, antokalin yang merangsang pertumbuhan bunga, kaulokalin yang merangsang pertumbuhan batang dan rhizokalin yang bertanggung jawab merangsang pertumbuhan akar.  

Hormone pada manusia termasuk dalam system koordinasi.  Hormone pada manusia antara lain sebagai berikut:

Somatotropin berfungsi untuk memicu pertumbuhan. TSH berfungsi untuk memicu aktifnya kelenjar tiroid. ACTH berfungsi untuk memicu aktifnya kelenjar adrenal. FSH berfungsi untuk memicu pertumbuhan folikel di ovarium. LH berfungsi untuk memicu terjadinya ovulasi. Prolaktin berfungsi untuk memicu produksi ASI. ADH berfungsi untuk memicu reabsorbsi air di ginjal. MSH berfungsi untuk memicu produksi pigmen. Oksitosin berfungsi untuk memicu kontraksi rahim saat kelahiran. Tiroksin berfungsi untuk memicu metabolisme sel. Kalsitonin berfungsi untuk memicu penurunan kadar kalsium dalam darah. Parathormon berfungsi untuk memicu kenaikan kadar kalsium dalam darah. Insulin berfungsi untuk memicu penurunan kadar glukosa darah. Glucagon berfungsi untuk memicu kenaikan kadar glukosa dalam darah. Adrenalin berfungsi untuk memicu kenaikan kadar glukosa dalam darah saat kondisi tercekam, menaikkan detak jantung, menaikkan tekanan darah dan lain sebagainya. Androgen berfungsi untuk memicu pembentukan hormone testosterone. Glukokortikoid berfungsi untuk memicu metabolisme glukosa di tubuh. Mineralkortikoid berfungsi untuk memicu pengaturan mineral di tubuh. Estrogen berfungsi untuk memicu terjadinya oogenesis dan ciri kelamin sekunder pada wanita. Progesterone berfungsi untuk memicu penebalan dinding rahim. Testosterone berfungsi untuk memicu terjadinya spermatogenesis dan ciri kelamin sekunder pada pria. Relaksin berfungsi untuk memicu relaksasi organ di sekitar rahim dan jalan kelahiran. Gastrin berfungsi untuk memicu pengeluaran getah lambung. Kolesistokinin berfungsi untuk memicu pengeluaran getah empedu. Sekretin berfungsi untuk memicu pengeluaran getah pancreas.

Pelajari lebih lanjut tentang hormone di: https://brainly.co.id/tugas/24641995.

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: biologi

Bab: pertumbuhan dan perkembangan

Kode: 12.4.1

20. Pasangan yang sesuai antara hormon dan bagian tumbuhan yang di pengaruhinya adalah

Kaulokalin dan batang Maaf jika salah

Video Terkait