Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Mengapa Pancasila harus didudukan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi​

Daftar Isi

1. Mengapa Pancasila harus didudukan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi​

Jawaban:

Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman. Ketiga, nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek di Indonesia, artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia.

Penjelasan:

semoga membantu,semangat belajarnya ya

≧∇≦

2. Mengapa pancasila harus didudukan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?

karena pancasila adalah ideologis banga Indonesia dan pancasila adalah dasar negara yg akan mengkokohkan bangsa Indonesia

3. Jelaskan pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi bangsa Indonesia

Pancasila adalah dasar dari pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia dalam arti pancasila berperan sebagai SUMBER NILAI, KERANGKA BERPIKIR dan juga BASIS MORALITAS. Dengan demikian, pengembangan IPTEK akan menjadikan masyarakat Indonesia maju, sejahtera, adil dan beradab sesuai dengan cita-cita pancasila.

Pembahasan

Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tidak memperhatikan nilai-nilai Pancasila justru akan membawa bangsa Indonesia pada kehancuran utamanya dari aspek moralitas dan mentalitas. Kemajuan IPTEK identik dengan globalisasi. Tanpa adanya tameng nilai yang kuat maka niscaya Indonesia akan kehilangan nilai-nilai luhur dalam dirinya.

Sebagai sebuah IDEOLOGI, Pancasila mengandung cita-cita yang hendak dicapai dan diwujudkan bangsa Indonesia. IPTEK sendiri dalam hal ini adalah salah satu alat atau jalan untuk mewujudkan cita-cita bangsa oleh sebab itu sudah jelas pengembangan IPTEK harus berlandaskan pada nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan juga nilai keadilan sosial untuk seluruh rakyat di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut:Materi tentang pengembangan IPTEK harus berdasar pada PancasilaMateri tentang pancasila sebagai paradigma perkembangan IPTEK brainly.co.id/tugas/13524640Materi tentang hubungan pancasila dengan pengembangan IPTEK brainly.co.id/tugas/6880316

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kode           : 8.9.1

Kelas          : 2 SMP

Mapel         : PPKN

Bab             : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kata Kunci : Pengembangan, Kerangka, Dasar, Nilai, IPTEK, Globalisasi

4. Seberapa pentingnya pancasila dijadikan dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) apabila dihubungkan dengan era teknologi informasi seperti sekarang ini?!

Jawaban:

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut setiap individu harus cepat untuk menumbuhkembangkan kemampuan literasi teknologi, data, dan sumber daya manusia. Ketiga hal tersebut menjadi modal dasar dalam pengembangan berbagai kompetensi diri setiap individu. Perkembangan dan kemajuan IPTEK saat ini juga tidak terlepas dari penguasaan ketiga literasi tersebut. Perkembangan IPTEK yang tidak banyak dengan pijakan landasan bangsa, justru akan lebih banyak menyumbangkan pengaruh negatif dari pada positif. Penyalahgunaan IPTEK akan mengancam eksistensi hidup manusia di masa yang akan datang. Oleh karena itu, senjata yang diperlukan untuk menangkal berbagai kemungkinan negatif perkembangan IPTEK, salah satunya adalah Pancasila. Kesaktian Pancasila tidak hanya terbatas sebagai dasar negara, pedoman hidup, dan pemersatu bagi bangsa Indonseia, tetapi juga dijadikan sebagai bintang penuntun dalam segala aspek kehidupan, termasuk pengembangan IPTEK. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman pokok dalam pengembangan IPTEK. Pancasila dijadikan sebagai dasar pengembangan IPTEK diharapkan memberi dampak luas pada kemaslahatan kehidupan bangsa Indonesia. IPTEK boleh berkembang dan maju, namun harus dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, Pancasila dijadikan sebagai filter untuk menyeleksi mana yang sesuai dengan karatek dan budaya bangsa dan mana yang tidak sesuai. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman pokok dalam pengembangan IPTEK. Pancasila dijadikan sebagai dasar pengembangan IPTEK diharapkan memberi dampak luas pada kemaslahatan kehidupan bangsa Indonesia. IPTEK boleh berkembang dan maju, namun harus dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, Pancasila dijadikan sebagai filter untuk menyeleksi mana yang sesuai dengan karatek dan budaya bangsa dan mana yang tidak sesuai. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila harus dij
adikan sebagai pedoman pokok dalam pengembangan IPTEK. Pancasila dijadikan sebagai dasar pengembangan IPTEK diharapkan memberi dampak luas pada kemaslahatan kehidupan bangsa Indonesia. IPTEK boleh berkembang dan maju, namun harus dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, Pancasila dijadikan sebagai filter untuk menyeleksi mana yang sesuai dengan karatek dan budaya bangsa dan mana yang tidak sesuai. namun harus dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, Pancasila dijadikan sebagai filter untuk menyeleksi mana yang sesuai dengan karatek dan budaya bangsa dan mana yang tidak sesuai. namun harus dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, Pancasila dijadikan sebagai filter untuk menyeleksi mana yang sesuai dengan karatek dan budaya bangsa dan mana yang tidak sesuai.

Penjelasan:

Sumber: Yanzi, H., Adha, MM, & Putri, DS (2019). URGENSI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN IPTEK UNTUK MERESPON REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Semoga Membantu

#SemangatBelajar

5. Soal: 1. Pancasila dikatakan sebagai Sistem Filsafat karena memenuhi dasar/cabang ilmu filsafat (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi). Sebut dan jelaskan dasar ontologi Pancasila? 2. Sebut dan jelakan aliran-aliran besar etika? 3. Jelaskan mengapa Pancasila dijadikan sebagai Strategi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi? 4. Bagaimana membangun kesadaran moral anti korupsi berdasarkan Pancasila?​

Jawaban:

1. Dasar ontologi Pancasila adalah keyakinan tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila menganggap bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah sumber dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, sehingga Pancasila menekankan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan. Pancasila juga menekankan bahwa hakikat manusia yang sebagai makhluk Tuhan yang memiliki martabat yang tinggi dan harus dihormati.

2. Beberapa aliran besar dalam etika adalah:

Etika deontologi yang menekankan bahwa tindakan manusia harus diukur berdasarkan aturan moral yang telah ditentukan sebelumnya, bukan hasil dari tindakan tersebut.Etika konsekuensialis yang menekankan bahwa tindakan manusia harus diukur berdasarkan hasil dari tindakan tersebut, bukan aturan moral yang telah ditentukan sebelumnya.Etika karakter yang menekankan bahwa karakter seseorang harus diukur dari tindakan yang diperbuat oleh seseorang.Etika komunitas yang menekankan bahwa hak asasi manusia harus diukur berdasarkan kesejahteraan komunitas yang lebih luas, dan bukan individu.

3.Pancasila dijadikan sebagai Strategi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi karena Pancasila memberikan acuan etis dan filosofis bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pancasila menekankan bahwa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dilakukan dengan bertanggung jawab, bermoral, dan bertujuan untuk kemaslahatan umat manusia. Pancasila juga menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan antara pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan perlindungan lingkungan dan pengakuan atas hak asasi manusia.

4.Membangun kesadaran moral anti korupsi berdasarkan Pancasila dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

Menegaskan Pancasila sebagai acuan dalam berperilaku, khususnya dalam hal anti korupsiMenanamkan kesadaran moral yang kuat tentang pentingnya integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugasMemberikan pendidikan dan pelatihan yang memadai tentang etika dan moral dalam menghadapi korupsiMembuat sistem pengawasan yang efektif dan transparan untuk mencegah dan menanggulangi korupsiMemberikan sanksi yang tegas dan adil bagi pelaku korupsi

6. Jelaskan mengapa pancasila dijadikan sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

ilmuilmu pengetahuan dan iptek yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

7. Bagaimana peran pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia! Jelaskan.

sangat berperan besar karena pancasila adalah dasar negara indonesia,dan juga banyak kandungan2 yang positif di dalamnya.

semoga membantu
Pancasila berperan sbg paradigma pembangunan dan menjadi dasar dari perkembangan Iptek .Iptek yg berkembang di Indonesia harus sesuai dgn nilai-nilai pancasila

8. Bagaimanakah peran pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia

Pancasila adalah pedoman dalam melaksanakan kehidupan di Indonesia. Sehingga, seluruh kegiatan yang dilakukan didalamnya haruslah berlandaskan Pancasila. Termasuk ke dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti :

Sila Pertama

Pada sila pertama, sebuah ilmu pengetahuan haruslah menjaga sebuah keseimbangan yang berada diantara rasional dan juga irasional dengan berabgai macam rasa akan akal, rasa, serta kehendak. Dalam hal ini teknologi tidaklah melakukan pemikiran akan tetapi menjadi sebuah pertimbangan terhadap apa yang diciptakan.

Sila Kedua

Pada sila kedua, menjadikan bahwa ilmu pengetahuan serta teknologi haruslah terdapat sebuah sikap untuk membuat empati, solidaritas dan juga kepedulian dari berabgai macam nilai yang manusiawi.

Sila Ketiga

Dalam hal ini sila ketiga haruslah mampu untuk dikembangkan menjadi sebuah rasa akan persatuan dan juga kesatuan dari sebauh bangsa guna untuk kemajuan dari manusia yang ada di Indonesia.

Sila Keempat

Dalam hal ini nilai kerakyatan menjadikan sebuah ilmu akan menjadi sangatlah dalam akan ruang dan juga waktu tentang berbagai macam bentuk materi yang akan dilakukan permusyawarahan.

Sila Kelima

Ilmu pengetahuan yang ditemukan haruslah menjadi sebuah penyeimbang dalam kehidupan akan keadilan dan juga keseimbangan yang berada didalam kehidupan manusia.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  Apa makna hubungan nilai historis pancasila, filsafat pancasila, etika pancasila, ham berdasarkan nilai pancasila dan idiologi pancasila https://brainly.co.id/tugas/13758932

 

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  7

Mapel:  PPKn

Bab:  Bab 1 – Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kode:  7.9.1

9. Jelaskan pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi bangsa Indonesia

Pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ( iptek) merupakan salah satu syarat menuju terwujudnya kehidupan masyarakat yang maju dan modern. Pengembangan dan penguasaan iptek menjadi semakin penting, manakala dikaitkan dengan kehidupan global yang ditandai dengan persaingan. Namun demikian pengemb
angan iptek bukan semata-mata untuk mengejar kemajuan material harus diarahkan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batinmaka manusia menggunakan iptek sebagai usaha kreativitas manusia melelui proses akal dan pikirannya. Berdasarkan kreativitas akal dan pikiran manusia dalam mengembangkan iptek manusia mampu mengolah kekayaan alam yang disediakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kepentingan kesejahteraan manusia. Fungsi iptek hanyalah sebagai pengolah kekayaan untuk kepentingan kesejahteraan manusia, oleh sebab itu usaha-usaha iptek harus mengikuti nilai-nilai dan moral Ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Dalam kenyataannya perkembangan Ilmu pengetahuan dan Tekhnologi sekarang terkadang jauh melenceng dari dasar-dasar dan nilai-nilai luhur Pancasila. Perkembangan yang IPTEK yang pesat ini justru menggrogoti ideologi Pancasila. Setiap orang berlomba-lomba untuk memperoleh perubahan dan kemajuan untuk kehidupan yang serba instan.

10. a. Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. b. Setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai- nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri bisa tolong diberikan contoh seperti apa dari konsep pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

penggunaan akun media sosial untuk menebarkan persatuan, penyampaian informasi yang akurat

11. 4. Jelaskan peran sila-sila Pancasila (dari sila1 sampai sila 5) sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia

Pancasila sebagai Ideologi negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Yang merupakan dari bagian UUD 1945. Dalam setiap perkembangan ilmu pengetahuan haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Nilai –nilai itu tersendiri terdiri dari 5 nilai yaitu :

1. Nilai Ketuhanan sebagai dasar pengembagan ilmu

2. Nilai Kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu

3. Nilai Persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu

4. Nilai Kerakyatan sebagai dasar pegembangan ilmu

5. Nilai Keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu

Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu harus di dasari dengan Nilai –nilai tersebut agar tujuan bangsa dapat tercapai dengan baik, jika tidak di dasari dengan nilai tersebut tujuan bangsa akan gagal & berakibat fatal untuk bangsa Indonesia.

Beberapa Penjabaran Nilai pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut :

-Nilai Persatuan sebagai Dasar Pengembangan Ilmu

Dalam sila persatuan Indonesia , masyarakat berperilaku sesuai Bhineka Tunggal Ika. Jadi kepentingan bangsa dan negara lebih penting dari urusan pribadi. Sila ke-3 sangatlah tercermin dari adanya sikap kita untuk menghargai & menghormati sesama warga negara. Adapun arti & makna dari nilai / sila persatuan yaitu : Nasionalisme, Cinta Bangsa & Tanah air, Menggalang Persatuan & Kesatuan Indonesia, Menghilangkan penonjolan kekuatan / kekuasaan keturunan & warna kulit, Menumbuhkan rasa senasib & sepenanggungan.

Contoh persoalan / kebijakan dari nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan yaitu walaupun meumpunyai banyak perbedaan seperti agama, warna kulit & Bahasa tetap harus saling menghargai. Sila ini menanamkan sifat persatuan untuk menciptakan kerukunan kepada rakyat Indonesia.

-Nilai Kerakyatan sebagai Dasar Pengembangan Ilmu

Sila kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu mendasari pengembangan IPTEK secara Demokratis, artiya setiap ilmuwan memiliki kebebasan untuk mengembangkan Ilmunya, tetapi juga harus saling menghormati & menghargai kebebasan orang lain, sila ke- 4 mempunyai makna yaitu : Mengutamakan kepentingan negara & masyarakat, Tidak memaksakan kehendak pada orang lain, Mengutamakan budaya bermusyawarah dan mengambil keputusan bersama, Bermusyawarah sampai mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.

Pancasila pada sila ke 4 adalah penjelasan Negara Demokrasi, Demokrasi dalam arti umum yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Pada intinya Pancasila pada sila ke 4 mengajarkan kita untuk menentukan sebuah pilihan melalui cara musyawarah, segala keputusan yang di ambil dalam musyawarah harus melandasi Pancasila.

Pentingnya Pancasila sebagai nilai paengembangan ilmu bagi mahasiswa adalah untuk memperlihatkan peran Pancasila sebagai rambu-rambu normative bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

semoga bermanfaat

jadikan jawaban yang terbaik yaa

12. a. Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. b. Setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai- nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri bisa tolong diberikan contoh seperti apa dari konsep pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

kalau menurut saya ada cukup banyak perkembangan IPTEK yang bisa dibuat dengan menyertakan nilai-nilai pancasila. sebelumnya mungkin kamu tahu tentang berita “masjid di Bis berjalan yang ada di jepang” (http://fpcj.jp/en/prlisting/mobile-mosque-project-debut-ceremony-invitation-en180717/)

dalam artikel tersebut, pemerintah Jepang mengelola suatu teknologi canggih dimana seorang atlit asing (muslim) dapat berdoa secara mudah dengan bantuan teknologi tersebut, di mana bis tersebut dapat menampung 50 orang secara bersamaan, merupakan hal yang tidak biasa bukan?

hal ini dapat terkait dengan sila ke 5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, jikaa kita bisa membuat teknologi yang demikian..

kita pun dapat membuat teknologi iptek yang serupa seperti perpustakaan dalam bentuk bus yang bisa di nikmati semua orang.

semoga terbantu

13. jelaskan pancasila merupakan dasar nilai dalam strategi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

karena PANCASILA mengembangkan IPTEK bangsa kitaPancasila mendasari perkembangan iptek.Iptek harus disesuaikan dgn nilai^^ pancasila

14. bagaimanakah peran pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia! Jelaskan!

menjadi pedoman dan pengacu dalam dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia.menjadi pengembang dan sebagai pandangan hidup bagi nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi indonesia maaf kalo salah………

15. Mengapa etika Pancasila penting dijadikan dasar nilai dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sekarang ini?

Jawaban:

iya karena percuma seseorang cerdas namun minim ahklak itu dapat memicu kekacauan dan merusak nama baik orang lain

16. Bagaimana peran Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia

pancasila sebagai dasar negara dan di jadikan pedoman hidup rakyat Indonesia pedoman bangsa Indonesia dan cita cita luhur bangsa Indonesia

17. Jelaskan pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi bangsa Indonesia

Pancasila adalah dasar negara termasuk dalam hal pengembangan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pancasila sebagai dasar nilai dari pengembangan IPTEK bermakna bahwa pancasila dijadikan sebagai:

SUMBER NILAIKERANGKA PIKIRBASIS MORALITASPembahasan

Indonesia membuka diri terhadap kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai salah satu jalan untuk maju dan bersaing di era globalisasi. Meski begitu, pengembangan IPTEK tetap harus berlandaskan pada ideologi yang dianut oleh Indonesia yakni Pancasila.

Dengan berdasar pada Pancasila maka, pengembangan IPTEK diharapkan mampu mencapai hal-hal sebagai berikut:

Mencapai kebahagiaan lahir dan batin serta memenuhi kebutuhan material pun juga kebutuhan spiritual.Pengembangan IPTEK berdasarkan pancasila sejalan dengan aspek moral dan etika.Pengembangan IPTEK berdasarkan Pancasila terikat pada nilai-nilai yang hidup dan berlaku di dalam masyarakat Indonesia.Pengembangan IPTEK berlandaskan pancasila akan senantiasa mempertimbangan aspek akal, kehendak juga rasa.Pengembangan IPTEK jauh dari kesombongan melainkan semata-mata untuk meningkatkan kualitas, harkat dan juga martabat manusia. Pelajari lebih lanjut:Materi tentang pengembangan IPTEK harus berdasar pada Pancasila Materi tentang pancasila sebagai paradigma perkembangan IPTEK https://brainly.co.id/tugas/13524640Materi tentang hubungan pancasila dengan pengembangan IPTEK https://brainly.co.id/tugas/6880316

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kode           : 8.9.1

Kelas          : 2 SMP

Mapel         : PPKN

Bab             : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kata Kunci : IPTEK, Paradigma, Nilai, Dasar, Tugas PPKN

18. Pentingnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu bagi mahasiswa adalah untuk membuktikan serta memperlihatkan peran Pancasila sebagai rambu-rambu normatif bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Selain itu, pengembangan ilmu dan teknologi di Indonesia harus berakar pada budaya bangsa Indonesia itu sendiri dan melibatkan partisipasi masyarakat luas. Oleh karena itu. kemajuan dan perkembangan IPTEK sangat diperlukan dalam upaya mempertahankan segala kekayaan yang dimiliki olehIndonesia serta menjawab segala tantangan zaman. Dengan penguasaan IPTEK kita dapat tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sesuai dengan sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia. (Syamsudin, 2019). Berdasarkan pernyataan di atas, Jelaskan keterkaitan Pancasila dengan Ilmu Pengetahuan sehingga Pancasila mampu mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa! ​

Jawaban:

mencerdaskan pola pikiran maha siswa

19. dinamika dan tantangan pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan di sulawesi tengah​

Jawaban:

Jawaban: Tantangan yang dihadapi Pancasila adalah sebagai berikut. Perkembangan iptek melaju dengan melibatkan unsur sosial budaya global yang belum tentu sesuai dengan kultur bangsa Indonesia

20. bagaimanakah peran pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia! jelaskan!

Peran Pancasila dalam menghadapi situasi perkembangan IPTEK di Indonesia:
•Mengatur proses jalannya dampak positif internet unutk rakyat dengan cara terbuka tetapi tetap menerapkan privasi aturan melalui organisasi pemerintahan berupa KOMINFO yang berlandaskan ideologi Pancasila untuk mengembangkan generasi masyarakat Indonesia yang baik,cerdas dan berkualitas.
•Menyesuaikan konten bebas dalam internet melalui filter dalam sistem komputer karena harus sesuai dengan jalannya dasar negara yaitu Pancasila.

Keterangan:
Jadikan sebagai jawaban ter-Brainly yaaaa…..

Video Terkait