Pada Dasarnya Prinsip Kerja Dalam Aplikasi Softswitch Diawali Dari

Pada Dasarnya Prinsip Kerja Dalam Aplikasi Softswitch Diawali Dari

Pada dasarnya, prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari….

Daftar Isi

1. Pada dasarnya, prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari….

Jawaban:

Call agent

Penjelasan:

CMIIW

2. sebutkan aplikasi pada softswitch ???​

Jawaban:

1.Gateway Controller (GC)

2.Signaling Gateway (SG)

3.Media Gateway (MG)

4.Feature Server (FS)

5.Media Server (MS)

3. Jelaskan layanan dan aplikasi softswitch

Jawaban:

Softswitch adalah perangkat pusat dalam jaringan komunikasi yang menghubungkan panggilan dari satu saluran telepon ke
seluruh saluran jaringan komunikai atau internet publik, dengan menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada sistem komputer dengan tujuan umum.  

Konsep Dasar Softswitch

Konsep dasar dari layanan yang diberikan softswitch adalah untuk mendukung kebutuhan konvergensi layanan masa datang, yaitu terintegrasi layanan suara dan data dalam satu platform jaringan. Oleh karena itu implementasi jaringan berbasis softswitch didesain untuk menyediakan layanan berupa teleponi, data, internet, dan multimedia.

Konsep dasar penyediaan layanan telepon oleh softswich harus mampu menyediakan layanan telepon minimal setingkat dengan layanan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN dengan berbagai kelengkapan fiturnya. Jenis layanan yang sudah diberikan kepada pelanggan selama ini, diantaranya sebagai berikut :

Komunikasi lokal

Komunikasi jarak jauh

Komunikasi international

Emergency Services

Number portability

Televoting

Prepaid dan postpaid

Service Class

Voice VPN

Toll free

Layanan Softswitch

sebaGai penyedia layanan telepon dan data, sistem pada softswitch harus dapat diimplementasikan sebagai switch kelas 4, switch kelas 5, dan titik interkoneksi. Dalam praktek implementasnya, masing-masing jenis kelas tersebut dapat berdiri sendiri ataupun juga bisa berkombinasi.

Aplikasi atau fitur di dalam system software dapat diberikan oeh 2 server yaitu :

Features Server (Basic Application)

Application Server (Enchanced Application)

Feature server  

feature server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi untuk menyediakan fitur fitur untuk layanan telepon. Feature server harus memiliki fasilitas Application Programming Interfaces (APls) yang memungkinkan operator atau pihak pengembang layanan dapat mengembangkan sendiri fitur fiitur yang akan diberikan kepada pelanggan.

Application Server  

application server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan aplikasi tambahan, termasuk logika pelayanan dan eksekusinya terhadap satu atau lebih aplikasi dan atau layanan.

Media Server

Media server adalah elemen jaringan sebagai penyedia media pemroses dalam mendukung kinerja aplikasi serperi audio video conferencing, brandig of services, music-on-hold, dll.

Softswitch dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas 4 dan kelas 5 :

Softwitch yang digunakan untuk lalu lintas antara operator biasanya disebut kelas 4 softswitch fungsi utama dari kelas 4 softswitch adalah besarnya ukuran routing dari panggilana jarak jauh. karakteristik dari softswitch kelas 4 adalah mendukug protokol dan konversi, transcoding, Call per second rate, average time of one call routing, number of concurrent calls.

kelas 5 softswitch dimaksudkan untuk berkerja dengan end-user. Softswitch keals 5 ini baik untuk layanan telepon lokal dan jarak jauh. kelas 5 softswitch ditandai dengan layanan tambahan untuk end-user dan klien perusahaan seperti IP PBX fitur, Call center services, calling card platform, Qos, Group Busines, dan lain lain.

Layanan Kelas 4 Softswitch

Time Dependent Routing

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan waktu dalam hari dan hari dalam minggu.

Routing for Operator

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur outing berdasarkan operator trafik tersebut berasal.

Routing for Services

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis layanan tertentu dan trafik yang masuk. Misalnya pemilihan routing tertentu untuk layanan emergency, AIN dan lain lain.

Routing for Network

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis jaringan. Misalnya routing tertentu untuk trafik rusak yang berasal dari jaringan seluler, PSTN, VoIP, VPN, dan lain lain.

MAAF JIKA TERJADI KESALAHAN DALAM MENULIS:)

4. jelaskan cara mengakses layanan telekomunikasi berbasis jaringan ip dengan beberapa perangkat protokol dan aplikasi pada softswitch! ​

Cara mengakses layanan telekomunikasi berbasis jaringan ip dengan beberapa perangkat protokol dan aplikasi pada softswitch adalah dengan cara adalah  yaitu setelah sinyal diterima softswitch akan menganalisis panggilan yang masuk apakah berasal dari jaringan PSTN maupun Jaringan IP . Jikalau dipanggil menggunakan jaringan IP, softswitch lalu memperintahkan originating customer gateway serta terminating customer gateway untuk merutekan packetized voice stream dengan langsung.

Penjelasan:

Softswitch merupakan alat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan  jaringan kabel ke jaringan paket, termasuk PSTN, Internet berbasis IP,  TV kabel, dan  jaringan seluler yang ada. MGC  bekerja pada kontrol panggilan dan tingkat pemrosesan panggilan. MGC menyaring panggilan  masuk untuk menentukan jenis media panggilan dan tujuannya. Dari sana, MGC memberi sinyal kepada MG untuk membuat sambungan jaringan in-line atau antar-paket, atau sambungan jaringan antar-jalur, atau sebaliknya. Jika perlu, MGC meminta MG untuk melakukan  konversi media  sesuai kebutuhan, atau mentransfer panggilan secara langsung  jika tidak diperlukan konversi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang penjelasan konsep kerja server softwarch: https://brainly.co.id/tugas/8446555

#BelajarBersamaBrainly

5. Tuliskan cara kerja server softswitch PBX!​

Jawaban:

Proses Kerja PBX Server Softswitch

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.

IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP

6. pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip, proses kerja ekstensi dan dial plan pada server softswitch, konfigurasi ekstensi dan dial plan pada server softswitch dan kelebihan serta kekurangannya?

ekstensi dan dial plan server voip analoginya seperti pabx. ekstensi adalah data client subscriber voip, misal kompie 1 ekstensinya 001, dlsb , sedangkan dialplan adalah bagaimana routing untuk menghubungkan antar ekstensi, bahkan meskipun ekstensi tersebut diluar IP-Pabx.

softswitch itu server switch/trunk berbasis software. intinya dia menyediakan layanan server untuk semua jenis layanan voip: voice, video, data, dlsb. ada dua kelas kelas 4 dan 5. kelas 4 sof
tswitch adalah antar softswitch, class 5 adalah untuk layanan ke end user

konfigurasinya untuk softswitch yang berbayar harus subscribe jadi member berbayar dulu. kelebihannya ada pada layanan dan trouble shooter serta service lainnya tentunya.. kekurangannya? ya bayar 🙂

 

7. pengertian PBX dan cara kerja PBX dalam server softswitch​

pbx itu bukn pelajran atau kerja

8. 4. Berdasarkan hasil analisis dan informasi yang telah kamu temukan, gambarkan topologi ekstensi dan dial plan server softswitch beserta cara kerjanya! Jelaskan secara rinci! Topologi ekstensi dan dial plan server softswitch:​

Jawaban:

Untuk menggambarkan topologi ekstensi dan dial plan server softswitch, kita harus memahami dua komponen utama dalam arsitektur softswitch: server ekstensi dan server dial plan.

Server ekstensi adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan ekstensi telepon yang digunakan oleh pengguna. Ekstensi telepon adalah nomor yang digunakan oleh pengguna untuk menghubungi satu sama lain atau untuk menghubungi sistem telepon lainnya. Server ekstensi dapat diimplementasikan sebagai aplikasi berbasis software atau sebagai perangkat keras yang terpisah.

Server dial plan adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan routing panggilan telepon. Dial plan adalah aturan yang digunakan untuk menentukan di mana panggilan telepon harus diarahkan berdasarkan nomor yang ditelpon. Server dial plan dapat diimplementasikan sebagai aplikasi berbasis software atau sebagai perangkat keras yang terpisah.

Secara umum, topologi ekstensi dan dial plan server softswitch terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

   Server ekstensi dan dial plan

   Gateway PSTN/PBX

   Jaringan IP atau VoIP

Server ekstensi dan dial plan dapat terhubung ke gateway PSTN/PBX melalui jaringan IP atau VoIP. Gateway PSTN/PBX digunakan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi sinyal digital yang dapat diteruskan melalui jaringan IP. Jaringan IP atau VoIP digunakan untuk mengirimkan sinyal telepon digital dari server ekstensi dan dial plan ke gateway PSTN/PBX.

Cara kerja dari topologi ekstensi dan dial plan server softswitch adalah sebagai berikut:

   Pengguna menghubungi ekstensi telepon yang ditentukan melalui telepon IP atau telepon analog

   Sinyal telepon diterima oleh server ekstensi dan dial plan

   Server ekstensi dan dial plan menentukan tujuan panggilan berdasarkan aturan dial plan yang telah ditentukan

   Server ekstensi dan dial plan mengirimkan sinyal telepon ke gateway PSTN/PBX

   Gateway PSTN/PBX meneruskan sinyal telepon ke tujuan yang ditentukan

   Panggilan telepon diterima oleh pengguna tujuan

Secara keseluruhan, topologi ekstensi dan dial plan server softswitch

9. Jelaskan perbedaan dari Aplikasi Server Softswitch Asterisk dengan Briker !

Jawaban:

briker adalah distribusi linux yg didalamnya terdapat aplikasi server yg memungkinkan pengguna mengimplementasikan layanan VoIP,membangun sentral teleponan sendiri.

Penjelasan:

semoga membantu ya kak tolong jadikan jawaban tercerdas

10. 1Jelaskan cara kerja komponen context pada dial-attendant! Jawab: 2.Bagaimanakah fungsionalitas layanan yang disediakan oleh softswitch? Jawab: 3.Sebutkan arsitektur utama dari server softswitch! awab:​

Jawaban:

Komponen konteks pada dial-attendant bekerja dengan menyimpan informasi tentang panggilan yang sedang berlangsung, termasuk nomor yang dipanggil dan nomor yang memanggil. Ini memungkinkan sistem untuk mengarahkan panggilan dengan benar dan memberikan informasi yang diperlukan kepada pengguna atau layanan terkait.

Fungsionalitas layanan yang disediakan oleh softswitch mencakup pengalihan panggilan, manajemen panggilan konferensi, pemantauan jaringan, dan manajemen panggilan keluar-masuk. Softswitch memungkinkan komunikasi suara melalui jaringan IP, memfasilitasi panggilan antara perangkat tradisional dan perangkat berbasis IP.

Arsitektur utama dari server softswitch melibatkan komponen kontrol dan komponen data. Komponen kontrol mengurus manajemen panggilan, pengalihan panggilan, dan layanan seperti penyimpanan pesan suara. Komponen data menangani aspek penyimpanan dan manipulasi data terkait panggilan, seperti informasi pengguna, pengaturan panggilan, dan riwayat panggilan.

11. Memahami bagan dan konsep kerja server softswitch berkaitan dengan PBX

•Ethernet Switched Network
•IP PBX
•IP Phones
•IP Gateway
•IP Voice Mail/Unified Messaging
•IP Call Center
•IP Conference Server

adalah jenis layanan provider yang mendukung komunikasi audio seperti Telefon dilakukan pada perangkat CPU.

12. langkah langkah kerja softswitch

Cara Kerja Softswitch

MGC akan bekerja di tataran pengaturan panggilannya (call control) serta call processing. MGC akan mengontrol panggilan yang masuk untuk mengetahui jenis media penggilan dan tujuannya.

Dari situ, MGC akan mengirikan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya.

Jika diperlukan, MGC akan meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan, atau langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi.

Antara MGC dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protokol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol).
 Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC yang lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu. Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), sementara jika berhubungan dengan jaringan paket, maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol).

Semoga membantu 🙂

13. Aplikasi Layanan Server Softswitch berbasis SIP ?

Penjelasan:

Rayana sumber Indonesia llpl

14. 1.bagaimana konsep kerja server softswitch?2.apakah yang dimaksud sip dan softswitch?3.jelaskan bagaimanakah prosedur instalasi server softswitch berbasis sip?

1. Softswitch merupakan suatu alat yang bekerja pada jaringan VoIP. Softswitch menghubungkan antara jaringan sirkuit yang ada
dengan jaringan paket. Jaringan tersebut meliputi jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler (GSM). Lalu bagaimana cara kerja Softswitch sendiri? Pada artikel kali ini akan kita bahas Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch yang merupakan bagian dari artikel bertema VoIP.

2. SIP adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yangbisa meliputi suara, video, dan text.

3. Pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1 Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.

Kedua ,selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Ketiga, Terakhir melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers.

semoga membantu…

15. apakah fungsi softswitch sebenarnya?

Jawaban:

menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.

16. Jelaskan cara kerja server softswitch pbx?

Customer Gateway Dan IP TelePhone Mengirimkan Sinyal Satu Sama Lain Dalam Jaringan Paket Menggunakan Protokol Telepon, Seperti H.323 Dan Protokol SIP. Kemudian Setelah Sinyal Diterima, Softswitch Akan Melakukan Identifikasi Panggilan Masuk Yang Berasal Dari PSTN Atau Jaringan IP

17. Bagaimana cara kerja server softswitch berkaitan dengan pbx

Cara kerja Server Softwitch berkaitan dnegan PBX yaitu :

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan cara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa perangkat lunak atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan maka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui Gateway VOIP atau menyediakan layanan VOIP.

Pembahasan

PBX (Private Branch Exchange) adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasi internal perusahaan tersebut.VOIP (Voice Over IP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket data dan bukan lewat jalur sirkuit analog biasa.SIP (Session Intiation Protocol)adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Fungsi layanan VOIP : brainly.co.id/tugas/13407278Materi tentang manfaat server pada jaringan komputer : brainly.co.id/tugas/3124776

Detil Jawaban

Kelas : IX (SMP)

Mapel : TIK

Bab : Layanan dalam internet

Kode : 9.11.6

Kata Kunci : Server Softwitch  dengan PBX

18. bagaimana cara kerja softswitch berbasis SIP

Pengertian SIP
Apa itu SIP ? SIP adalah singkatan dari Session Initiation Protocol suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu user atau lebih. Sesi ini adalah pertukaran data antar user yang meliputi suara,video,dan text.
SIP tidak menyediakan layanan secara langsung tapi menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara realtime, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Dengan demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protocol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.moga bermanfaat :v

19. cara konsep kerja server softswitch ?

processing. MGC akan mengontrol panggilan
yang masuk untuk mengetahui jenis media
penggilan dan tujuannya. Dari situ, MGC
akan mengirikan sinyal ke MG untuk
melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan
sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun
interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan
sebaliknya. Jika diperlukan, MGC kan
meminta MG melakukan konversi media yang
sesuai dengan permintaan, atau langsung
meneruskan panggilan jika tidak diperlukan
konversi.
Antara MGC dan MG sendiri akan saling
berhubungan dengan protokol Megaco atau
MGCP (Media Gateway Control Protocol) .
Sementara itu, satu MGC akan berhubungan
dengan MGC yang lain, baik itu yang berada
di jaringan yang sama maupun berbeda,
dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu.
Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan
SS7 (Signalling System 7) , sementara jika
berhubungan dengan jaringan paket, maka
MGC akan menggunakan H.323 atau SIP
(Season Initiation Protocol) .
Sedangkan MG sendiri ‘hanya’ akan bekerja
sebagai converter antara jaringan sirkuit
dengan jaringan paket. Di sini fungsi
softswitch menjadi hanya setara dengan
‘switch analog’ dan tidak memberikan
layanan yang lain. MG juga bisa bekerja di
sisi pelanggan maupun penyedia layanan,
dimana softwitch bukan hanya berfungsi
sebagai converter, namun juga memberikan
feature lebih, termasuk dial-tone tentunya.
Pada posisi ini, maka softswitch akan
bekerja lebih kompleks.

20. Jelaskan secara singkat konsep kerja server softswitch

Softswitch adalah sekumpulan aplikasi dan perangkat protokol internet yang berfungsi mendukung kinerja perangkat lain agar dapat mengakses layanan internet maupun telekomunikasi secara umum dalam sebuah jaringan IO.

Pembahasan

Pada kesempa
tan ini, soal meminta kita untuk menyajikan konsep kerja server softswitch. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Server Softswitch bekerja dengan beberapa langkah atau tahapan, yaitu sebagai berikut:

Perangkat telepon VoIP dan gateway saling berkirim sinyal satu sama lain dalma sebuah jaringan yang sama .Ketika seluruh perangkat tersebut menerima sinyal, maka server Softswitch akan menjalankan tugasnya dengan mengenali panggilan yang masuk berdasarkan sumbernya, yakni antara jaringan IP atau pesawat telepon biasa. Jika sinyal berasal dari jaringan IP, server Softswitch akan memberikan perintah kepada perangkat pemberi sinyal dan penerima untuk melangsungkan komunikasi. Pada saat yang bersamaan, softswitch turut bekerja dalam mengontrol stabilitas panggilan yang dilakukan melalui jaringan internet yang digunakan.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang VoIP:

https://brainly.co.id/tugas/2286763

Detil jawaban

Kelas: SMA

Mata pelajaran: TI

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: softswitch

Video Terkait