Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 202

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 202

jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 halaman 202

1. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 halaman 202

jawaban ada di gambar

2. Jawaban halaman 202-203 Bahasa Indonesia kelas 10​

Jawaban:

maaf kalo salah,semoga membantuu:))

3. Kunci jawaban indinesia kls 7 halaman 202

Fabel adalah sebuah cerita yang mengisahkan sifat, watak, sikap, dan perilaku manusia yang disampaikan melalui tokoh hewan atau binatang.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan watak tokoh dalam sebuah fabel berjudul Belalang Sembah serta kondisi dalam kehidupan sebenarnya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

PARA TOKOH

1. BELALANG SEMBAH

WATAK TOKOH DALAM CERITA: TIDAK BIJAK, TERLALU LAMA MENGHABISKAN WAKTU UNTUK KEGIATNA YANG TIDAK BERFAEDAH, DAN MALAH TIDAK MENYIAPKAN MASA DEPAN

KONDISI DALAM KEHIDUPAN SEBENARNYA: SIKAP TIDAK BIJAK SESEORANG YANG LEBIH MEMILIH MENIKMATI MASA SEKARANG DAN TIDAK MENYIAPKAN MASA DEPAN

2. SEMUT

WATAK TOKOH DALAM CERITA; BIJAK, TIDAK MAU TERGODA AJAKAN BELALANG SEMBAH, MAU BERBAGI

KONDISI DALAM KEHIDUPAN NYATA: ORANG-ORANG YANG BIJAK AKAN MEMILIH UNTUK BEKERJA KERAS SAAT INI AGAR BISA MEMETIK HASILNYA DI MASA DEPAN. MESKI BEGITU, MEREKA MASIH MAU BERBAGI.

Sebagai rujukan, berikut fabel yang dimaksud soal.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak.
Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia  menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan  dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut  melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan  tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.  Sang Belalang yang sedang menari melihat para Semut berjalan dengan  membawa makanan untuk dibawa kesarangnya. Sang Belalang sembah  heran dengan apa yang dilakukan Semut lalu dia bertanya kepada salah  satu Semut tentara yang sedang berjaga di dekat para Semut pekerja  ,“Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian?” sang Semut menjawab “Kami melakukannya agar kami  tidak kelaparan saat musim dingin tiba.” Lalu sang Belalang kaget “Musim  dingin?” kata sang Belalang sembah dengan kagetnya, “Kan masih lama,  lebih baik kita bersenang-senang saja dulu”, kata sang Belalang. Semut tak  menghiraukan Belalang. Semut tetap tekun mengumpulkan makanan.

Musim dingin tiba. Belalang belum sempat mengumpulkan makanan  karena sibuk menari. Belalang kelaparan dan lari ke rumah Semut. Ia  meminta makanan kepada Semut. Semut awalnya tidak mau memberikan  makanannya karena takut kehabisan. Akan tetapi, melihat belalang  lemas kelaparan, Semut tidak tega dan memberikan makanannya kepada  Belalang. Belalang pun kembali bugar dan dia berjanji untuk dapat  mengelola waktu dengan baik sehingga tidak berakibat buruk.

Masa depan adalah milik setiap orang. Maka setiap orang perlu menyiapkan  masa depannya dengan berusaha. Bukan hanya menikmati kesenangan di masa sekarang tanpa memikirkan masa depan.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:

https://brainly.co.id/tugas/14328443

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 8 – Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.8

Kata kunci: fabel, watak dalam cerita, watak dalam kehidupan sesungguhnya

4. Tugas bahasa Indonesia halaman 202 kegiatan 2 kelas 10

Jawaban:

tidak tahu

Penjelasan:

coba kasih soalnya

karena saya tidak punya bukunya

5. Transelate ke bahasa indonesia pelajaran bahasa inggris kelas 8 semester 2 K13 hal 202 203

.Ibu, aku minta maaf aku tidak punya waktu untuk mencuci piring sebelum aku pergi ke sekolah pagi ini aku akan melakukannya ketika aku pulang sore ini

6. kunci jawaban mtk kelas 4 senang belajar matematika halaman 202semua tolongyg tau aku follow​

Jawaban:

19.)B

20.)D

21.)B

22.)D

7. Jawaban aktivitas kelompok pelajaran ips halaman 202 kelas 8 bab 4

Jawaban:

Gk ada soalnya gimana bisa jawab

8. jawaban buku paket bahasa Inggris kelas 8 semester 1 halaman 202TOLONG kk Yg pande inggris​

Jawaban:

2.Dad,I’m going to Dayu’s house.We’re going to do our homework.I’ll get home by six.

3.Dad I’m sorry i broke my door,I fell on the door when i tripped over the stool.Would you fix it for me please?

4. Rina,our group has to describe the backyard of the school.We have to   handwrite it on a piece of paper then we have to put it on the wall magazine.

5.Dad,Happy Birthday!I’m sorry I was still fast asleep when you left for work this morning,thanks for being the best father.I love you Dad.

6.Tom,It’s our turn to cook the dinner for the family today.We have a lot of eggs,a cabbage,carrots,shallots,and tomatoes.What if we make fried rice and scrambled eggs?

7.Grandma,we will have a party to thank God for our new house on Sunday. Will you stay with us for the whole weekend?

8.Winda I made a pudding last night.You should have some with your breakfast,It’s in the fridge.I put a lot of fruit in it.

Jangan salahkan dan mengutuk saya bila ada yang salah.Terima kasih.

9. jawaban IPA kelas 9 halaman 202-203​

Jawaban:

Rangkaian listrik tertutup adalah rangkaian yang sudah di aliri arus listrik sehingga menyebabkan membuat lampu dpt menyala , sedangkan rangkaian  terbuka belum ada arus listrik  mengalir karena rangkaian tersebut tidak terhubung

Penjelasan:

No, gambar, jenis rangkaian, alasan/penjelasan

1. tertutup,  rangkaian terhubung pada kutub positif dan negatif baterai 2. tertutup,  rangkaian terhubung pada kutub positif dan negatif baterai 3. tertutup,  rangkaian terhubung pada kutub positif dan negatif baterai4.  terbuka,  rangkaian tidak terhubung pada kutub positif dan negatif baterai 5. terbuka,  rangkaian tidak terhubung pada kutub positif dan negatif baterai

Pelajari lebih lanjut tentang materi rangkaian https://brainly.co.id/tugas/18839435

#BelajarBersamaBrainly

10. Tugas bahasa indonesia hal.202 203 kls 7

Fabel adalah sebuah karya sastra Indonesia yang menyajikan sifat, sikap, atau watak manusia melalui penggambaran para tokoh hewan dalam cerita. Sebagai sebuah karya sastra, fabel memiliki beberapa ciri khas. Salah satu di antaranya adalah penggunaan bahasa yang sederhana untuk memudahkan semua kalangan dalam memahami isi maupun pesan fabel.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk membandingkan watak tokoh dengan kondisi di kehidupan nyata serta latar dari fable yang berjudul Belalang Sembah dan Sesama Saudara Harus Berbagi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

TEKS 1

1. Belalang Sembah

Watak tokoh: tidak bijak, menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: hanya berburu ketika diperlukan

2. Semut

Watak tokoh: bijak menyiapkan masa depan

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: selalu rajin mengumpulkan makanan ke sarang sepanjang tahun

TEKS 2

1. Pak Tua Rusa

Watak: mau berbagi

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: rusa kerap berb
agi makanan dengan rusa lain

2. Ibu Pip

Watak tokoh: bijak

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

3. Pip

Watak tokoh: rakus

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

4. Puti

Watak tokoh: kritis

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

5. Tuti

Watak tokoh: kritis

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

PERBANDINGAN LATAR

1. Teks 1 terjadi di kebun anggur

2. Teks 2 terjadi di sebuah desa

Sebagai rujukan, berikut kakak sertakan kutipan dari kedua teks tersebut.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim  dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan  ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Sesama Saudara Harus Berbagi

Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi  kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa.

“Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip. Kemarin,  keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup  banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari  spesial untuk keluargamu.”

“Terima kasih, Pak Tua Rusa,” ucap Ibu Pip.

Sepeninggal Pak Tua Rusa, Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil  anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya  sama rata ,ya.”

Asyiiik,” girang Pip dan adik-adiknya.

“Ibu taruh sini, ya.”

Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adik-adik  Pip ingin mencicipi kacang itu.

“Ini aku bagi,” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya  masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”

“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik  kembar Pip, diiringi tangisan Puti, kembar satunya.

Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti  menceritakan keserakahan kakaknya.

“Tak boleh begitu, Pip. Ibu tadi sudah bilang apa,” tegur ibu Pip. “Kamu  tidak boleh serakah.”

“Tapi Buuu, aku kan lebih besar. Perutku juga lebih besar,” sanggah Pip.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:

https://brainly.co.id/tugas/14328443

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab; Bab 8 – mendeskripsikan sesuatu

Kode kateogri 7.1.8

Kata kunci: tugas, bahasa Indonesia, fabel, belalang sembah, sesama saudara harus berbagi, tokoh, watak tokoh, latar

11. jawaban buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013 halaman 202

ini kalo smp kls 7 maaf kalo ini salah

12. tugas bahasa Indonesia halaman 202 sampai 203 1 sampai 5 bantu dong cari jawabannya ​

Jawaban:

teksnya manaa iki lo dekkkk

13. terjemahan soal halaman 202 bahasa Inggris kls 8​

Jawaban:

No.1 ibu,aku minta maaf tidak sempat mencuci piring sbelum aq pergi kesekolah pagi ini aq akan melakukannya pulang sekolah sore ini

No.2 ayah, aq akan pergi ke rumah dayu kita akan mengerjakan pr aq akan pulang sebelum pukul 6

No.3 ayah,aq minta maaf aq merusakpintuku Aku jatuh di pintu ketika aku tersandung bangku maukah kamu memperbaiki itu untkku kumohon

No.4 rina kelompok kita harus menggambarkan halaman belakang sekolah,kita harus menggambarnya di selembar kertas lalu kita harus meletakkannya di majalah dinding

No.5 ayah selamat ulang tahun,aq minta maaf masih tertidur ketika ayah pergi untk berkerja pagi ini,terima kasih sudah menjadi ayah terbaik/hebat aq mincintaimu ayah

Maaf klo salah. 🙂

Penjelasan:

14. jawaban buku paket bahasa inggris halaman 202 kelas 8 ​

Jawaban:

1. Mom, I’m sorry I did not have time to wash the dishes before I

went to school this morning.  I’ll do it when I get home this afternoon.

2. Dad, I am going to Dayu’s house. We are going to do our homework.  I’ll  get  home  before  six.

3. Dad, I’m sorry I broke my door. I fell on the door when I tripped  over the stool.  Would you fix it for me, please?

4. Rina, our group has to describe the back yard of the school. We  have to hand-write it on a piece of paper.  Then, we have to put it on the wall magazine.

5. Dad, happy birthday. I’m sorry I was still fast asleep when you  left for work this morning.  Thanks for being the best father. I love you Dad.

6. Tom, it is our turn to cook the dinner for the family today. We  have a lot of eggs, a cabbage, carrots, shallots, and tomatoes.  What if we make fried rice and scrambled eggs?

7. Grandma, we will have a party to thank God for our new house  on Sunday.  Will you stay with us for the whole weekend?

8. Winda, I made a pudding last night. You should have some with  your breakfast. It’s in the fridge.  I put a lot of fruit in it.

Penjelasan:

Short Message

Short Message adalah salah satu jenis dari Short Functional Text.

Short message adalah pesan singkat yang mempunyai banyak fungsi, seperti:

mengingatkan seseorangmembuat janjimembatalkan janjimenanyakan kesediaandan lain lain.

Di zaman modern seperti sekarang, kita mudah sekali menemukan contoh short message dalam sebuah SMS.

Pelajari Lebih Lanjuthttps://brainly.co.id/tugas/5433669Detil Jawaban

Kelas: SMP

Mapel: B. Inggris

Kategori: Short Functional Text

Kata kunci: Short Message

15. Bahasa Indonesia Kelas 7 Hal 202-203

Penerbit Bukunya siapa? atau gak soalnya di foto aja ya

16. Bahasa Indonesia Kelas 7 Hal 202-203​

Tokoh, watak, dan latar adalah beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah karya sastra, yaitu unsur yang berasla dari dalam karya sastra. Tokoh meny
ajikan informasi perihal karakter yang ditanamkan dalam cerita, watka menyajikan informasi perihal sifat para tokoh, sementara latar menyajikan informasi perihal tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalma karya.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan informasi perihal perbandingan watak tokoh dengan kehidupan nyata serta latar dari fable yang berjudul Belalang Sembah dan Sesama Saudara Harus Berbagi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

TEKS 1

1. Belalang Sembah

Watak tokoh: tidak bijak, menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: hanya berburu ketika diperlukan

2. Semut

Watak tokoh: bijak menyiapkan masa depan

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: selalu rajin mengumpulkan makanan ke sarang sepanjang tahun

TEKS 2

1. Pak Tua Rusa

Watak: mau berbagi

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: rusa kerap berbagi makanan dengan rusa lain

2. Ibu Pip

Watak tokoh: bijak

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

3. Pip

Watak tokoh: rakus

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

4. Puti

Watak tokoh: kritis

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

5. Tuti

Watak tokoh: kritis

Kondisi tokoh dalam kehidupan nyata: kerap mengumpulkan makanan untuk diri sendiri

PERBANDINGAN LATAR

1. Teks 1 terjadi di kebun anggur

2. Teks 2 terjadi di sebuah desa

Sebagai rujukan, berikut kakak sertakan kutipan dari kedua teks tersebut.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim  dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan  ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Sesama Saudara Harus Berbagi

Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi  kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa.

“Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip. Kemarin,  keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup  banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari  spesial untuk keluargamu.”

“Terima kasih, Pak Tua Rusa,” ucap Ibu Pip.

Sepeninggal Pak Tua Rusa, Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil  anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya  sama rata ,ya.”

Asyiiik,” girang Pip dan adik-adiknya.

“Ibu taruh sini, ya.”

Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adik-adik  Pip ingin mencicipi kacang itu.

“Ini aku bagi,” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya  masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”

“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik  kembar Pip, diiringi tangisan Puti, kembar satunya.

Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti  menceritakan keserakahan kakaknya.

“Tak boleh begitu, Pip. Ibu tadi sudah bilang apa,” tegur ibu Pip. “Kamu  tidak boleh serakah.”

“Tapi Buuu, aku kan lebih besar. Perutku juga lebih besar,” sanggah Pip.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:

https://brainly.co.id/tugas/14328443

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 8 – Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.8

Kata kunci: tokoh, watak tokoh, latar, fabel, belalang sembah, sesama saudara harus berbagi

17. bahasa inggris kelas8 halaman 202

class eight page Two hundred and two.

semoga bermanfaat ^√^)/

18. Jawaban sejarah halaman 202 bab 3 kelas 11

Kelas: XI
Mata pelajaran: Sejarah
Materi: Kolonialisme dan Imperialisme
Kata kunci: Jatuhnya Konstantinopel, Turki Usmani, VOC, pelayaran Hongi, perdagangan rempah-rempah

 

Pembahasan:

1. Bagaimana kondisi kehidupan sosial ekonomi di Eropa Barat setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki pada tahun 1453? Dan apa tujuan orang-orang Barat ke Indonesia?

 

Dengan jatuhnya kota Konstantinopel ini, jalur perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa terputus karena pedagang Eropa, karena tidak bisa lagi membeli rempah-rempah yang diperdagangkan di kota itu yang sekarang dikuasai Turki Usmani.

Akibatnya harga rempah-rempah di Eropa naik akibat penguasaan ini.

Ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke Asia dengan mengitari benua Afrika dan melalui jalur barat. Portugal berhasil menemukan jalur laut setelah Vasco da Gama menemukan jalur ke India dan dari sini Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pada tahun 1511 dan Antonio de Abreu akhirnya menemukan rute ke kepulauan Maluku pada tahun 1512.

2. Jelaskan posisi Maluku dalam konteks perdagangan internasional pada sekitar abad ke-15?

Posisi Maluku sangat penting dalam konteks perdagangan internasional pada sekitar abad ke-16, sebagai penghasil rempah-rempah pala, fuli dan cengkeh yang hanya tumbuh di Maluku.

Rempah-rempah berupa pala, fuli dan cengkeh duhulu tidak ditanam di tempat selain Maluku. Karena itu posisi kepulauan Maluku sangat penting dalam perdagangan internasional. Penjelajahan bangsa Eropa ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah yang tumbuh di Maluku ini.

 

3. Mengapa VOC dikatakan negara dalam negara?

 

VOC dianggap sebagai negara dalam negara, karena memiliki tentara sendiri, dan dapat melakukan perang dan perundingan dengan negara lain. 

 

VOC melakukan perluasan hingga menguasai pelabuhan-pelabuhan penting di Nusantara seperti Batavia, Makassar, Ambon, Malaka dan Semarang. Dari sini VOC menguasai jalur perdagangan antara pulau di Nusantara dan antara Nusantara dengan wilayah lain di dunia.

 

Selain itu VOC memaksakan monopoli ke semua kerajaan yang ditundukkan atau dibantu Belanda yang melarang mereka untuk berdagang dengan negara lain selain dengan VOC.

 

4. Coba lakukan te
laah kritis tentang keterkaitan antara korupsi dan bubarnya VOC, bagaimana dengan korupsi di Indonesia, benarkan bahwa korupsi yang ada di Indonesia sekarang ini merupakan warisan dari zaman kolonial.

 

Korupsi yang terjadi pada masa VOC mirip korupsi pada masa sekarang, dimana para pegawai VOC yang gajinya rendah menyalahgunakan kekuasaanya untuk memperkaya diri sendiri. Dalam hal ini, korupsi di VOC mirip dengan korupsi di Indonesia di masa ini.

 

Penyebab utama mengapa VOC sangat rawan korupsi adalah karena lokasi penempatan karyawan VOC yang jauh dari Belanda dan karena karyawan VOC dibayar sangat sedikit.

 

Akibatnya, pengawasan pegawai yang melakukan korupsi tidak ada dan terjadi penyalahgunaan fasilitas VOC yang merajalela, seperti kapal dan gudang, oleh pejabat tinggi untuk kepentingan bisnis pribadi. 

 

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pelayaran Hongi dan bagaimana dampaknya bagi kehidupan masyarakat

 

Pelayaran Hongi adalah pelayaran yang dilakukan oleh VOC untuk menjaga monopoli rempah-rempah dengan cara membakar kebun rempah-rempah yang menolah berdagang dengan Belanda atau memproduksi rempah-rempah terlalu besar.

 

Pada pelayaran ini, Belanda menggunakan pasukan bayaran dan pasukan dari negeri lain di Maluku yang menggunakan perahu kora-kora untuk menyerang negeri yang melawan VOC. Desa di Maluku yang melawan akan dihancurkan ladang rempah-rempahnya, lahan pertaniannya dibakar dan para penduduknya dibunuh.

19. Jawaban buku paket IPS kelas 8 semester 2 halaman 202

Yang aktivitas kelompok kan,?

Pertanyaannya 1 – 10. Ya!

1. Ya, sudah.

2. Ya, sudah. Sumbernya dari internet.

Kedatangan Portugis ke Indonesia

Kedatangan Portugis ke Indonesia berawal di Maluku yaitu dari kota Lisabond, Portugis. Tahun 1486, mereka melakukan pelayaran pertama di pantai Barat Afrika. Selanjutnya ke India namun gagal. Tahun 1511 mereka berhasil menguasai Malaka dan Myanmar. Portugis bekerja sama dagang dengan Maluku.

Kedatangan Belanda ke Indonesia

Bangsa Belanda datang ke Indonesia diawali dengan di Jayakarta atau Jakarta. Jayakarta menjadi markas VOC. Seorang pelaut Belanda tahun 1995 pergi ke ujung Selatan Afrika selanjutnya melewati Samudra Hindia tahun 1596 mereka ada di pelabuhan Banten. Tahun 1662 didirikan VOC yaitu penggabungan dari dagang Belanda. VOC dipindahkan ke Jayakarta karena lebih strategis. Kebijakan pangeran Jaya Voikarta membuat Belanda tidak menyukainya.

Kedatangan Spanyol ke Indonesia

Bangsa Spanyol datang ke Indonesia untuk mencari kekayaan dengan cara berdagang, menyalurkan jiwa penjajah, meyakini keberadaan Prester John, menyebarkan agama dan mencari kemuliaan bangsa. Bangsa Spanyol juga datang ke Indonesia hanya untuk mendapatkan Gold, Glory, dan Gospel. Gold = emas, Glory = kejayaan bangsa dan Gospel = menyebarluaskan Agama Nasrani/Kristen.

3. Rute yang dilewati bangsa Barat ke Indonesia

SEMOGA MEMBANTU

20. Bahasa Indonesia kelas 7 hal. 202

Watak adalah salah satu unsur intrinsik yang terdapat pada fabel dan menyajikan informasi perihal karakter yang disematkan pada tokoh dalam cerita tersebut. Secara umum, watak dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu watak protagonis dan antagonis. Namun, dalam penggolongan lebih lanjut, dapat pula ditambahkan watak lain misalnya watak tritagonis. Adapun unsur intrinsik merupakan unsur yang berasal dari dalam karya sastra. Selain watak, unsur intrinsik juga mencakup tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk membandingkan watak tokoh yang muncul pada fabel “Belalang Sembah” kemudian membandingkannya dengan kejadian di kehidupan nyata. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

BELALANG SEMBAH

1. BELALANG SEMBAH

WATAK: TIDAK BIJAK, CEROBOH

KONDISI ASLI DI KEHIDUPAN NYATA: BANYAK ORANG MERASA PUAS DENGAN KEADAAN MEREKA SAAT INI DAN TIDAK MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN.

2. SEMUT

WATAK: BIJAK MENYIAPKAN MASA DEPAN

KONDISI ASLI DI KEHIDUPAN NYATA: ADA ORANG YANG LEBIH MEMILIH UNTUK BEKERJA KERAS SAAT INI AGAR MEMILIKI MASA DEPAN YANG CERAH, BIARPUN MEREKA KERAP DIEJEK ORANG LAIN.

Sebagai rujukan, berikut teks yang dimaksud oleh soal.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim  dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan  ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia  menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan  dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut  melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan  tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

Sang Belalang yang sedang menari melihat para Semut berjalan dengan  membawa makanan untuk dibawa kesarangnya. Sang Belalang sembah  heran dengan apa yang dilakukan Semut lalu dia bertanya kepada salah  satu Semut tentara yang sedang berjaga di dekat para Semut pekerja , “Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke  sarang kalian?” sang Semut menjawab “Kami melakukannya agar kami  tidak kelaparan saat musim dingin tiba.” Lalu sang Belalang kaget “Musim  dingin?” kata sang Belalang sembah dengan kagetnya, “Kan masih lama,  lebih baik kita bersenang-senang saja dulu”, kata sang Belalang. Semut tak  menghiraukan Belalang. Semut tetap tekun mengumpulkan makanan.

Musim dingin tiba. Belalang belum sempat mengumpulkan makanan  karena sibuk menari. Belalang kelaparan dan lari ke rumah Semut. Ia  meminta makanan kepada Semut. Semut awalnya tidak mau memberikan  makanannya karena takut kehabisan. Akan tetapi, melihat belalang  lemas kelaparan, Semut tidak tega dan memberikan makanannya kepada  Belalang. Belalang pun kembali bugar dan dia berjanji untuk dapat  mengelola waktu dengan baik sehingga tidak berakibat buruk.

Masa depan adalah milik setiap orang. Maka setiap orang perlu menyiapkan  masa depannya dengan berusaha. Bukan hanya menikmati kesenangan di  masa sekarang tanpa memikirkan masa depan.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang watak tokoh:

brainly.co.id/tugas/9502411

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab; Bab 8 – Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.8

Kata kunci: watak, tokoh, cerita, fabel, kehidupan nyata, dunia nyata

Video Terkait