Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175

jaeban bahasa indonesia kelas 7 semester 2 halaman 175​

1. jaeban bahasa indonesia kelas 7 semester 2 halaman 175​

Jawaban:

Inilah contoh pantun karya nenek moyang disertai dengan penjelasannya.

PANTUNKARYANENEKMOYANG

[1]

Maulah kami hendak melapun

Lapun di bawah limau lungga.

Maulah kami hendak berpantun,

Pantun sebuah hilang pula.

Penjelasan: pantun di atas menceritakan keinginan hati untuk berpantun. Ternyata hanya punya satu pantun. Itupun sudah tidak ingat lagi.

[2]

Manis sungguh tebu seberang,

Dari akar sampai ke pucuk.

Manis sungguh mulut orang,

Kita menangis jadi terbujuk.

Penjelasan: Isi pantun di atas menceritakan bahwa ada orang yang sangat pandai menyusun kata dan merayu. Sehingga dengan kata-katanya itu, kitapun bisa terbujuk rayuannya.

PANTUNMA
SAKINI

[1]

Surya bercahaya terasa hangat,

Raja adil dicinta rakyat.

Pergi ke sekolah harus semangat,

Belajar juga harus giat.

Artinya: merupakan nasehat untuk anak-anak agar semangat dan giat belajar.

[2]

Pergi ke gunung jalan berputar,

Batu jatuh bambu terlontar.

Siapa yang malas belajar,

Jadi bodoh, tidak pintar.

Artinya: pantun tersebut berisi nasehat dan wejangan. Isinya bahwa jika orang yang malas belajar, maka ia tetap bodoh.

2. Sebutkan kunci jawaban kelas 12 SMA halaman 175 sampai 177 buku paket bahasa Inggris​

menurut sidang jumaah rodia kumulloh tong baca

3. Tlong dijawab dong kaa bahasa inggris (explore) kelas 7 halaman 175​

A.

1. Is

2. Has

3. Are

4. Is

5. Has

B.

1. Uses

2. Wear

3. Like

4. Does not drive

5. Do not like

C.

1. There are

2. Is there

3. Are there

4. There is

5. There are

Semoga membantu 😀

4. jawaban soal tematik kelas 3 tema 1 halaman 175​

Jawaban:

mana gambarnya

Penjelasan:

yang bener donggggg gak ada gambarnya

5. tugas halaman bahasa indonesia halaman 175 diskusikan hal berikut​

Penjelasan:

soal yang di foto kurang lengkap mohon di koreksi kembali soal nya

Jawaban:

teks nya mana 🙂

klo gk pake teks mana bis adikerjain

gk tau klo gk da teks pantu nya 🙂

6. jawab kan halaman 175 kelas 5 tema 1​

Jawaban:

maaf kalau salah ya

nama:FATIYAH SYAKIRAH

kelas:VA

sekolah:SD AL IKHLAS TAQWA

semoga membantu

kita sm kelas v tapi saya sudah tema 2 kamu masi tema 1

7. tolong bantu jawab b.indo kelas 7 hal 175

Pantun adalah karya sastra Indonesia yang berasal dari periode sastra lama serta memiliki ciri-ciri memiliki sampiran dan isi, menggunakan rima a-b-a-b, setiap larik terdiri dari 8 – 12 suku kata, serta terdiri dari empat baris per bait.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait pantun. Beriktu kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

A. Bergalas -> membawa barang di bahu untuk dijadikan alat membawa benda lain

Buli – buli -> guci kecil

B. Isi pantun

Pantun mendorong kita agar tak perlu membuat orang lain tahu kebaikan kitaPantun ini menyajikan nasihat agar tak pernah berharap balasan dari tindakan baik Pantun ini berisi nasihat tentang sikap kitaPantun ini menyemangati kita bahwa kasih sayang dan tindakan baik akan selalu bermanfaat.Pantun ini memberikan semangat bagi kita untuk selalu bersemangat dalam hidupPantun ini memberi semangat bagi kita agar tak mudah terpuruk.Pantun ini mendorong kita untuk bekerja kerjas meraih impian.Pantun ini mendorong kita untuk selalu bekerja dan beroda

C. Isi pantun

Jika berbuat baik, orang lain tidak perlu tahuJangan mengharapkan balasan dari perbuatan baik yang kamu lakukanKita harus selalu menjaga sikap di manapun kita beradaKasih sayang dan perbuatan baik akan selalu dikenang orangKita harus selalu bersemangat dalam hidup meski banyak tantanganKita tak boleh mudah terpuruk dalam hidupKita harus selalu berjuang meraih cita-citaKita harus bekerja dan berdoa dalam menggapai cita-cita

D. Nilai-nilai pada pantun lama disamapaikan dengan kata-kata bermakna arkais, sementara pada pantun baru lebih bersifat lugas.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang pantun:

https://brainly.co.id/tugas/9680022

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: pantun

8. Bagaimana jawaban b.indonesia paket hal 175 kelas 7

Silahkan
Jangan lupa pencet makasih ya temen-temen kalo bener

9. jawab dong kalo bisa kasih kunci jawaban bupena agama kelas 8 hal 166-175chat wa di bawah ini:083145682669​

Jawaban:

b. al-maidah ayat 90c. bangkai burung

Penjelasan:

maaf kalau salah

semoga membantu

10. jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 175​

Jawaban:

ada potonya kg soalnya gua kg ada bukunya

Penjelasan dengan langkah-langkah:

gua malea sercing – sercing

11. bahasa indonesia kelas7 kurikulum 2013 halaman 175

teks 1 : fabel persahabatan rubah dan kuda

teks 2 : legenda legenda balikpapan

12. Jawaban paket ipa kelas 9 halaman 175

Besar muatan A oleh muatan B adalah 150 N/C

PembahasanPengertian Listrik Statis

Listrik statis merupakan suatu aliran listrik yang diakibatkan oleh perpindahan suatu muatan ke muatan lainnya. Listrik berasal dari bahasa Inggris yaitu dengan kata electric. Hal ini diambil dari bahasa Yunani yaitu elektron. Kelistrikan pertama kali diselidiki oleh Thales of Miletus yaitu seseorang fisikawan dari Yunani. Pada saat itu, listrik ditemukan dari hasil gosokan batu dengan batu amber. Setelah itu batu amber didekatakan dengan benda dan menarik benda tersebut. Hal ini menyatakan bahwa terdapat listrik pada gosokan tersebut.

Dalam listrik statis terdapat muatan yang dapat berpindah. Muatan tersebut yaitu proton, neutron, dan elektron. Muatan ini yang dapat menyebabkan gejala kelistrikan. Muatan proton sebagai muatan yang memiliki sifat positif, muatan elektron sebagai muatan yang bersifat negatif, dan muatan elektron sebagai muatan yang netral. Muatan elektron berada diluar, sedangkan proton dan neutron didalam atom.

Hukum Coulomb

Hukum coulomb merupakan suatu hukum yang menyatakan tentang gaya tarik menarik pada suatu muatan listrik. Dalam hukum coulomb, kedua muatan memiliki jarak. Persamaan hukum coulomb yaitu

[tex]\boxed{\boxed{F=k\frac{Q_1\times Q_2}{r^{2} } }}[/tex]

Keterangan

F = Gaya coulomb (C)

k = Konstanta gaya coulomb [tex](9 \times 10^{9} Nm^{2} C^{-2} )[/tex] [tex]Q_1[/tex] = Muatan pertama (C)

[tex] Q_2[/tex] = Muatan kedua (C)

r = Jarak (m)

Medan Listrik

Medan listrik merupakan suatu daerah yang ada pada muatan listrik. Benda yang bermuatan akan memiliki garis gaya listrik. Gaya garis listrik akan bergerak ke luar ketika muatannya positif, sedangkan garis listrik akan bergerak ke dalam. Persamaan medan listrik yaitu

[tex]\boxed{\boxed{E=\frac{F}{q} }}[/tex]

Keterangan

E = Kuat medan (N/C)

F = Gaya Coulomb (C)

q = Muatan (C)

Ingat, F merupakan persamaan dari gaya coulomb, maka persamaan medan listrik dapat kita turunkan lagi yaitu menjadi

[tex]E=\frac{F}{q} \\\\E=\frac{k\frac{Q\times \cancel{q}}{r^{2} } }{\cancel{q}} \\\\\boxed{E= k\frac{Q}{r^{2} } }[/tex]

Keterangan

E = Kuat medan (N/C)

Q = Muatan (C)

q = Jarak (m)

Pertanyaan

Gaya Coulomb yang dialami kedua muatan A dan B adalah sebesar

[tex]3\times 10^{-4} N[/tex]. Jika besar muatan A dan B masing-masing sebesar [tex]2\times 10^{-6} C[/tex] dan [tex]1,5 \times 10^{-6} C[/tex], berapakah besar kuat medan listrik yang  dirasakan muatan A oleh muatan B?

Penyelesaian

Diketahui :

[tex]F= 3\times 10^{-4} N\\\\q_A=2\times 10^{-6} C\\\\q_B=1,5 \times 10^{-6} C[/tex]

Ditanya : Besar kuat medan listrik A oleh muatan B

Jawab :

[tex]E=\frac{F}{q_A} \\\\E=\frac{3 \times 10^{-4} } {2 \times 10^{-6} } \\\\E= \frac{3\times 10^{-4}\times 10^{6}}{2} \\\\E=\frac{3\times 10^{-4+2}}{y} \\\\E=\frac{3\times 10^{2} }{2}\\\\E=\frac{3\times 100}{2} \\\\E=\frac{300}{2}\\\\\boxed{E=150N/C}[/tex]

Jadi besar muatan A oleh B adalah sebesar 150 N/C

Pelajari lebih lanjut

https://brainly.co.id/tugas/22085420

https://brainly.co.id/tugas/24852901

__________________________

Detail Jawaban

Kelas: IX

Mapel: IPA (Fisika)  

Bab: Bab 5 – Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan

Kode: 9.6.5 [Kurikulum 2013 – Revisi 2017]

Kata kunci: listrik statis, gaya coulumb, medan listrik

#TingkatkanPrestasimu

13. Agama islam kelas 7 halaman 175 bab 12​

Jawaban:

sifat yang dimiliki abu bakar adalah jujur dan selalu membenarkan risalah yang di bawa oleh nabi

14. B Inggris halaman 175 kelas 7Bantu dong

Jawaban:

kamu bikin cerita tentang sekolahmu *tentang keindahan sekolah

lalu tranlate-kan ke bhs Inggris lewat google translate

Alasan:

maaf ga bisa jwb dg cerita soalnya bisa jadi berbeda ya

semogamembantu deh yaa

jika jawaban membantu jadikanjawabanterbaik (^^)

goodluck:!!

15. Tolong terjemahkan bahasa inggris kelas 9 halaman 174-175

Terjemahan Bahasa Inggris Kelas 9 halaman 174-175

>> Halaman 174

Mengumpulkan Informasi

Kamu akan mendengarkan murid-murid menceritakan kepada kita hal-hal yang baik mengenai kotanya. Itu baru saja memenangkan penghargaan Adipura, dan mereka sedang menjelaskan mengapa kota tersebut bisa memenangkan penghargaan itu.

Dengarkan apa yang mereka katakan dengan hati-hati.

Kerjakan dalam kelompok. Sekarang, tulislah penjelasan yang diberikan oleh masing-masing murid dalam satu paragraf dengan menggunakan petunjuk yang diberikan. Untuk melengkapi tiap kalimat, nyatakan alasan atau hasil kenyataan yang dinyatakan dalam petunjuk.

Tulis tangan hasil kerjamu di selembar kertas. Pastikan kamu tahu arti dari tiap kata dan ejalah dengan benar. Gunakan juga tanda baca dengan benar. Ketika kamu sedang menulis, ucapkan kata-kata tersebut dengan keras, jelas, dan benar.

Gunakan kamus. Jika kamu menghadapi masalah, datanglah padaku.

Beberapa contoh telah ada. Pertama-tama, salinlah contoh yang ada.

>> Halaman 175

Mengumpulkan informasi

1. Penjelasan Udin

Petunjuk

Pada Hari Kemerdekaan kota Udin telah memenangkan penghargaan Adipura karena …Sebelumnya, orang-orang tidak peduli, sehingga …Sekarang, kota itu bersih dan indah karena …

Paragrafmu

   1. Penjelasan Udin

Pada Hari Kemerdekaan kotanya memenangkan penghargaan Adipura karena kota tersebut merupakan kota paling bersih di wilayah propinsi. Sebelumnya orang-orang tidak peduli, sehingga kota tersebut kotor dan berantakan. Sekarang, kota tersebut bersih dan indah karena pemerintah dan orang-orang telah bekerja keras bersama.

2. Penjelasan Dayu

Petunjuk

Sebelumnya tidak ada banyak pohon, sehingga …Tetapu, kota tersebut bersih dan hijau sekarang, karena …Semua orang di dalam kota senang ikut serta di dalamnya karena …

Paragrafmu

   1. Penjelasan Dayu

Sebelumnya tidak ada banyak pohon sehingga kotaku panas dan kering. Tetapi kota tersebut bersih dan hijau sekarang, karena tiga tahun lalu walikota mengadakan sebuah program untuk membersihkan kota dan menanam pohon. Semua orang dalam kota senang ikut serta di dalamnya karena pemerintah merencanakan program bersama dengan mereka (atau, masyarakat).

Pelajari lebih lanjut

1. Menerjemahkan paragraf tentang narative text: https://brainly.co.id/tugas/22864186

2. Menerjemahkan teks tentang ‘Dayang Sumbi’: https://brainly.co.id/tugas/21265437

3. Terjemahan tentang traffic signs: brainly.co.id/tugas/21772442

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Bahasa Inggris

Bab: Understanding the context (from the song/ text)

Kode: 9.5.11

16. Ada yg tau kelas 7 smp? Hal 175 B indonesia

Jawaban:squishy kah hal berikut a carilah makna kata sulit pada pantun tersebut b Uraikanlah dengan bahasa mu sendiri isi pantun tersebut c Tuliskan kembali nasihat dan ajakan yang terdapat dalam bantuan D bandingkan isi nilai-nilai tindakan baik yang terhadap pada bantuan karya nenek moyang dan karya generasi sekarang

17. Jawaban bahasa Inggris kelas 10 SMK halaman 173-175

Jawaban:

teks structure , task 2 halaman 175 kelas 10

18. Bacalah Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. kelas 3 halaman 175 lalu jawablah halaman 176​​

jawaban:Lahtukandisuruhbukahalaman175trsjawabpertanyaanhal176gtu

Penjelasan:

disitukanadaperintahnya

Jawaban:

LAH TU KAN DISURUH BUKA HAL 175TRS ABIS DIBUKA DI KERJAKAN SOALNYA HALAMAN 176

Penjelasan:

GIMANA SI BAMBANG :)

19. kata kunci b.indonesia kelas 7 hal 175 tabel, bantu jawab kak​

Jawaban:

o Kata Sulit Makna

1. Tabiat perangai; watak; budi pekerti

2. Bergalas tongkat yang ditaruh di bahu untuk menyandang (membawa) barang-barang; pikulan

3. Buli-buli wadah sejenis guci yang terbuat dari tanah liat, bentuknya bundar, tanpa leher, berkaki rendah, dan bagian atasnya diberi berlubang; botol kecil; guci kecil

4. Rantau daerah (negeri) di luar daerah (negeri) sendiri atau daerah (negeri) di luar kampung halaman; negeri asing;

5. Kendala halangan; rintangan; gendala;

b) Uraikanlah dengan bahasamu sendiri isi pantun tersebut!

KUNCI JAWABAN

No Pantun Isi

1. 1 Biasakan bersikap tenang, dan jangan ribut hanya karena hal kecil

2. 2 Berbuat baiklah kepada siapapun dan sebab budi akan dikenang

3. 3 Jagalah diri dan tingkah laku di kampung/tempat orang

4. 4 Budi baik akan terkenang sepanjang jaman

5. 5 Walaupun kita mempunyai banyak masalah, kita harus tetap semangat.

6. 6 Selalu semangat dalam menghadapi hidup, janganlah mudah patah semangat dan terpuruk,

7. 7 Teruslah menjadi teladan bagi orang lain, raihlah cita-cita dan prestasi

8. 8 Kita harus berusaha dan berdoa dalam menggapai cita cita.

c) Tulislah kembali nasihat dan ajakan yang terdapat dalam pantun!

KUNCI JAWABAN

No Pantun Isi

1. 1 Biasakan bersikap tenang, dan jangan ribut hanya karena hal kecil

2. 2 Berbuat baiklah kepada siapapun dan sebab budi akan dikenang

3. 3 Jagalah diri dan tingkah anda di kampung/ tempat orang

4. 4 Budi Baik akan terkenang sepanjang jaman

5. 5 Walaupun kita mempunyai banyak masalah, kita harus tetap semangat.

6. 6 Selalu semangat dalam menghadapi hidup., janganlah mudah patah semangat dan terpuruk,

7. 7 Teruslah menjadi teladan bagi orang lain, raihlah cita-cita dan prestasi

8. 8 Kita harus berusaha dan berdoa dalam menggapai cita cita

Penjelasan:

20. 1. Buku paket bahasa Indonesia kelas 7 halaman 174 yaitu contoh pantun 1 sampai 4. Halaman 175 contoh gurindam, dan halaman 177 contoh syair.2. Carilah makna, struktur dan aspek kebahasaan dari puisi rakyat tersebut.​

Jawaban:

Contoh Pantun:

Fatamorgana ternyata semu

Namun indahnya tiada terkira

Patuhilah selalu nasihat ibumu

Agar hidup mu tidak sengaja sengsara.

Contoh gurindam:

Jagalah hati jagalah lisan

Agar kau tidak hidup dalam penyesalan.

Contoh syair:

Wahai muda,kenali dirimu

Ialah perahu tamsil mu

Guadalajara berapa lama hidupmu

Ke akhirat jua hidupmu

Video Terkait