Jelaskan Pengertian Catur Asrama Menurut Lontar Agastya Parwa

Jelaskan Pengertian Catur Asrama Menurut Lontar Agastya Parwa

Pengertian catur asrama menurut lontar agastya parwa

1. Pengertian catur asrama menurut lontar agastya parwa

Catur Asrama terdiri atas dua kata yakni “ Catur”, yang berarti empat dan “Asrama”, berarti tahapan atau jenjang.
Jadi Catur Asrama artinya empat jenjang kehidupan yang harus dijalani untuk mencapai moksa.
Atau catur asrama dapat pula diartikan sebagai empat lapangan atau tingkatan hidup manusia atas dasar keharmonisan hidup dimana pada tiap- tiap tingkat kehidupan manusia diwarnai oleh adanya ciri- ciri tugas kewajiban yang berbeda antara satu masa (asrama) dengan masa lainnya, tetapi merupakan kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

semoga bermanfaat :))

2. sebutkan dan jelaskan rumusan panca yajna dari agastya parwa?

jawaban : 1. Dewa Yadnya.
Ialah suatu korban suci/ persembahan suci kepada Sang Hyang Widhi Wasa dan seluruh manifestasi- Nya yang terdiri dari Dewa Brahma selaku Maha Pencipta, Dewa Wisnu selaku Maha Pemelihara dan Dewa Siwa selaku Maha Pralina (pengembali kepada asalnya) dengan mengadakan serta melaksanakan persembahyangan Tri Sandhya (bersembahyang tiga kali dalam sehari) serta Muspa (kebaktian dan pemujaan di tempat- tempat suci). Korban suci tersebut dilaksanakan pada hari- hari suci, hari peringatan (Rerahinan), hari ulang tahun (Pawedalan) ataupun hari- hari raya lainnya seperti: Hari Raya Galungan dan Kuningan, Hari Raya Saraswati, Hari Raya Nyepi dan lain- lain.

2. Pitra Yadnya.
lalah suatu korban suci/ persembahan suci yang ditujukan kepada Roh- roh suci dan Leluhur (pitra) dengan menghormati dan mengenang jasanya dengan menyelenggarakan upacara Jenasah (Sawa Wedana) sejak tahap permulaan sampai tahap terakhir yang disebut Atma Wedana.
Adapun tujuan dari pelaksanaan Pitra Yadnya ini adalah demi pengabdian dan bakti yang tulus ikhlas, mengangkat serta menyempurnakan
kedudukan arwah leluhur di alam surga. Memperhatikan kepentingan orang tua dengan jalan mewujudkan rasa bakti, memberikan sesuatu yang baik dan layak, menghormati serta merawat hidup di harituanya juga termasuk pelaksanaan Yadnya. Hal tersebut dilaksanakan atas kesadaran bahwa sebagai keturunannya ia telah berhutang kepada orangtuanya (leluhur) seperti: Kita berhutang badan yang disebut dengan istilah Sarirakrit. Kita berhutang budi yang disebut dengan istilah Anadatha. Kita berhutang jiwa yang disebut dengan istilah Pranadatha.

3. Manusa Yadnya.
Adalah suatu korban suci/ pengorbanan suci demi kesempurnaan hidup manusia.
Di dalam pelaksanaannya dapat berupa Upacara Yadnya ataupun selamatan, di antaranya ialah: Upacara selamatan (Jatasamskara/ Nyambutin) guna menyambut bayi yang baru lahir. Upacara selamatan (nelubulanin) untuk bayi (anak) yang baru berumur 3 bulan (105 hari). Upacara selamatan setelah anak berumur 6 bulan (oton/ weton/ 210 hari). Upacara perkawinan (Wiwaha) yang disebut dengan istilah Abyakala/ Citra Wiwaha/ Widhi-Widhana. Di dalam menyelenggarakan segala usaha serta kegiatan- kegiatan spiritual tersebut masih ada lagi kegiatan dalam bentuk yang lebih nyata demi kemajuan dan kebahagiaan hidup si anak di dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan lain- lain guna persiapan menempuh kehidupan bermasyarakat. Juga usaha di dalam memberikan pertolongan dan menghormati sesama manusia mulai dari tata cara menerima tamu (athiti krama), memberikan pertolongan kepada sesama yang sedang menderita (Maitri) yang diselenggarakan dengan tulus ikhlas adalah termasuk Manusa Yadnya.

4. Resi Yadnya.
Adalah suatu Upacara Yadnya berupa karya suci keagamaan yang ditujukan kepada para Maha Resi, orang- orang suci, Resi, Pinandita, Guru yang di dalam pelaksanaannya dapat diwujudkan dalam bentuk: Penobatan calon sulinggih menjadi sulinggih yang disebut Upacara Diksa. Membangun tempat- tempat pemujaan untuk Sulinggih. Menghaturkan/ memberikan punia pada saat- saat tertentu kepada Sulinggih. Mentaati, menghayati, dan mengamalkan ajaran- ajaran para Sulinggih. Membantu pendidikan agama di dalam menggiatkan pendidikan budi pekerti luhur, membina, dan mengembangkan ajaran agama.

5. Bhuta Yadnya.
Adalah suatu korban suci/ pengorbanan suci kepada sarwa bhuta yaitu makhluk- makhluk rendahan, baik yang terlihat (sekala) ataupun yang tak terlihat (niskala), hewan (binatang), tumbuh- tumbuhan, dan berbagai jenis makhluk lain yang merupakan ciptaan Sang Hyang Widhi Wasa.
Adapun pelaksanaan upacara Bhuta Yadnya ini dapat berupa: Upacara Yadnya (korban suci) yang ditujukan kepada makhluk yang kelihatan/ alam semesta, yang disebut dengan istilah Mecaru atau Tawur Agung, dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan, kelestarian antara jagat raya ini dengan diri kita yaitu keseimbangan antara makrokosmos dengan mikrokosmos.

3. mengapa catur purusa artha dikatakan sebagai landasan catur asrama? Jelaskan!

Alasan mengapa Catur Purusha Artha disebut sebagai landasan dari Catur Asrama adalah karena keduanya saling terkait dan tak bisa dipisahkan di mana Catur Asrama disebut sebagai fase kehidupan yang harus dilalui manusia, sementara Catur Purusha adalah tujuan dari dari Catur Asrama tersebut.

» Pembahasan

Catur Asrama diartikan sebagai empat jenjang kehidupan yang dilalui manusia dengan berdasar pada tuntunan agama. Catur Asrama juga seringkali disebut sebagai empat fase kehidupan manusia yang dijalani untuk tujuan-tujuan agama dengan berlandaskan pada petunjuk agama. Berikut ini bagian-bagian dari Catur Asrama:

Brahmacari, maknanya adalah manusia bergerak dalam kehidupannya dengan menunut ilmu pengetahuan. Brahmacari artinya masa menuntut ilmu.Grahasta, adalah tahap kedua kehidupan di mana manusia mulai hidup dalam rumah tangga.Wanaprasta, adalah tahapan di mana manusia mulai mengurangi jawa nafsunya dan mulai mencari ketenangan hidup yang hakiki.Bhiksuka, dinamakan juga Sanyekin. Tahapan ini adalah yang tertinggi di mana manusia benar-benar sudah lepas dengan alam matrial yang ditawarkan dunia dan sudah tak lagi memikirkan keinginan-keinginan dan buaian hawa nafsu lainnya.

Catur Purusha artinya adalahempat tujuan hidup manusia yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

Dharma, adalah hukum, kewajiban agama, kebenaran.Artha, adalah hal-hal yang berkaitan dengan kekayaan.Kama, artinya adalah cinta kasih, keinginan, kasih sayang, kesenangan, kebahagiaan, kenikmatan.Moksa, artinya terbebas, lepas, membebaskan dan lain sebagainya.» Pelajari Lebih LanjutMateri tentang kegiatan keagamaan yang dilakukan umat Hindu https://brainly.co.id/tugas/37751767Materi tentang cara umah Hindu berdoa https://brainly.co.id/tugas/30387614Materi tentang bersyukur di hadapan Tuhan Yang Maha Esa https://brainly.co.id/tugas/356128

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detail Jawaban

Kelas      : SMA

Mapel    : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Bab        : –

Kode      : –

#AyoBelajar

4. brahmacari dalam catur asrama artinya…

brahmacari terdiri dari 2 kata yakni : brahma dan cari
♢brahma berarti ilmu pengetahuan dan
♢cari berarti tingkah laku dalam mencari dan menuntut ilmu
● jadi, brahma cari berarti tingkatan hidup bagi orang orang yang sedang menuntut ilmu

5. sebutkan catur asrama

1. Brahmacari Asrama
2. Grhasta Asrama
3. Wanaprasta Asrama
4. Saniasa / Bhiksuka

6. apa hubungan catur asrama dan catur warna

Hubungan Catur asrama dan Catur warna adalah ajаrаn Cаtur wаrnа dаn jenjаng kehidupаn mаsyаrаkаt memiliki keterkаitаn yаng sаngаt relevаn. Kаrenа di setiаp jenjаng kehidupаn dаlаm melаksаnаkаn kewаjibаnyа аdа tаtаnаn dаn etikа yаng wаjib dilаksаnаkаn melаlui аjаrаn Cаtur Аsrаmа.

Pembahasan

Cаtur wаrnа аdаlаh empаt pilihаn bаgi setiаp orаng terhаdаp profesi yаng cocok untuk pribаdinyа mаsing-mаsing. Pemаhаmаn tentаng Cаtur wаrnа dаpаt dirumuskаn berdаsаrkаn sаstrа drsthа.

Catur asrama adalah empat jenjang kehidupan tersebut berdasarkan pada tahapan dan tatanan rohani, waktu, umur, dan sifat perilaku manusia.

Cаtur wаrnа dengаn Cаtur Аsrаmа memiliki hubungаn secаrа vertikаl dаn horizontаl. Secаrа vertikаl hubungаn аntаrа wаrnа sаtu dengаn wаrnа yаng lаinnyа bersifаt terstruktur, yang berarti seseorаng memiliki kemаmpuаn yаng bаik sesuаi dengаn keаhliаn.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang pengertian catur warna pada https://brainly.co.id/tugas/35245Materi tentang bagian-bagian catur warna pada https://brainly.co.id/tugas/7936029Materi tentang catur asrama pada https://brainly.co.id/tugas/8441016Detail Jawaban

Kelas : X

Mapel : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Bab : Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat

Kode : 10.14.3

#AyoBelajar

#SPJ2

7. apa itu catur asrama

Caturasrama (Dewanagari: चतुराश्रम; IAST: caturāśrama) adalah empat tingkatan kehidupan atas dasar keharmonisan hidup dalam ajaran Hindu

8. 5. Kisah kembalinya Kresna dan Balarama kealam baka dibahasdalam…. *A. Asrama parwaaB.Mausala parwaC. Anusasana parwaD.Stri parwa​

Jawaban:

jawaban: D.

Penjelasan:

maaf kalo slh

9. Bagaimana hubungan catur warna dan catur asrama? Dalam kehidupan horizontal

Jawaban:

Secara Vertikal hubungan di antara Catur Warna dan Catur Asrama   bersifat berstruktur. Artinya, bahwa setelah seseorang matang sebagai Brahmana (ahli dengan berbagai macam jenis ilmu pengetahuan)karena telah melewati fase Brahmacari, maka bila mempergunakan seluruh ilmu pengetahuan yang ia peroleh dan kuasai akan menjadi pemimpin yang bijaksana, saat itulah ia tampil sebagai seorang “Ksatrya” dan ia berada pada masa Grehasta, Kemudian ia  bertugas untuk mengatur bangsa dan negara ini guna mewujudkan kesuburan dan kesejahteraan masyarakatnya “Waisya” ketika hal ini terjadi ia dapat dikatakan hidup pada fase Wanaprasta dan akhirnya merasa terpanggil dengan kewajibannya  membantu umat “ Sudra”, meninggalkan seluruh keterikatan dunia maka saat ityu\u ia berada pada fase Biksuka.

Sedangkan tujuan akhir dari fase ini adalah tercipta dan terwujudlah suasana  bangsa dan negara yang benar-benar kondusif yaitu Jagathita ya ca iti Dharma

Penjelasan:

Catur Warna adalah empat jenjang kehidupan,yaitu Brahman, Ksatrya, Waisya,  dan Sudra.

Catur Warna adalah penggolongan masyarakat menjadi empat berdasarkan tugas dan aktivitasnya dalam masyarakat dan hal ini tidaklah bersifat turun-temurun .

Setiap orang dapat menduduki jabatan atau kedudukan asalkan memiliki kemampuan, keahlian,keadaan, dan kondisinya mengizinkan untuk itu tergantung pada karmanya.

Catur Asrama berarti empat jenjang kehidupan yang berlandaskan petunjuk kerohanian Hindu. Catur Asrama terdiri dari Brahmacari, Grehasta, Wanaprasta, dsn Biksuka

10. apa arti catur asrama

Catur Asrama artinya empat jenjang kehidupan yg harus dijalani dengan sungguh2 untuk mencapai moksa.
SOMOGA MEMBANTU……Catur asrama terdiri atas dua kata yakni “catur” yang berarti empat dan “asrama”, berarti tahapan atau jenjang. Jadi catur asrama artinya empat jenjang kehidupan yang harus dijalani untuk mencapai moksa. Catur asrama dapat diartikan sebagai empat lapangan atau tingkatan hidup manusia atas dasar keharmonisan hidup.

11. Jelaskan hubungan catur warna dan catur asrama???serta tuliskan alasan nya!!!​

Jawaban:

Hubungan antara Catur warna dan Catur asrama adalah

1. Pada jenjang Brahmacari Asrama dan Brahmana warna dipandang kedua fase ini sama – sama menekuni bidang pendidikan dan pembelajaran.

2.  Pada Fase Grehastha Asrama dan Ksatrya warna ,dipandang kedua fase ini sama- sama merupakan fase untuk belajar memimpin.  pada saat membangun rumah tangga pad jenjang grehastha asrama , seseorang dihadapkan dengan belajar memimpin.

3.Pada fase wanaprasta asrama dan wesya warna, dipandang sama –sama memerlukan pengalaman baru dengan belajar melalui pengasingan diri “wanaprasta asrama” guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan “wesya warna” karena lebih terfokus pada kebahagian dalam kebersamaan.

4. Pada fase bhisuka asrama dengan sudra warna , dipandang sebagai akhir untuk menjadikan sang diri pribadi yang sadhu gunawan hendaknya bergerak dan menjadi pengabdi setia kepada masyarakan dan dharma “bhisuka”

Penjelasan:

Dilihat dari asal katanya Catur Asrama terdiri dari kata Catur yang berarti empat ( 4 ) dan Asrama yang berarti jenjang kehidupan, tempat / lapangan. Jadi catur asrama artinya empat jenjang yang dilalui dalam kehidupan yang berdasarkan tuntunan rohani.Bagian Catur Asrama :

-Brahmacari

-Grhasta

-Wanaprasta

-Bhiksuka/Sanyasin

Sedangkan, Catur Warna berasal dari bahasa Sansekerta dari akar kata Vr.yang berarti pilihan. Catur Warna berarti empat pilihan bagi setiap orang terhadap profesi yang cocok untuk pribadinya masing – masing.Bagiannya ada brahmana,ksatria,weisya,dan sudra

12. Sebutkan bagian-bagian dari catur asrama serta penjelasannya

jawaban: Catur Asrama adalah terdiri dari dua kata yaitu Catur yang berarti empat dan Asrama yang berarti Jenjang/Tahapan. Jadi pengertian dari Catur Asrama yaitu sebagai empat tahapan yang harus dilalui oleh umat hindu untuk mencapai Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma.

13. Manfaat catur asrama

Manfaat umum dari catur asmara adalah agar bisa melaksanakan Swadharma yang penting untuk panutan umur kehidupan manusia hingga meninggal.

Pembahasan

Swadharma sendiri dalam ajaran agama Hindu menjadi sebuah kewajiban terhadap menjunjung tinggi kehormatan serta ajaran-ajaran yang telah ada. Berikut beberapa umumr-umur manusia untuk dilakukan kegiatan melalui pelaksanaan Swadharma:

Umur 0 – 20 tahun. Dalam umur ini digunakan untuk mengembangkan diri untuk belajar dengan baik, mempelajari kehidupan maupun ilmu pengetahuan sebagai penentu kesejahteraan kehidupan dalam jangka panjang. Dari hal inilah pentingnya pembelajaran diri sendiri agar bisa mendapatkan kesejahteraan yang baik sehingga tidak terjadi keburukan yang relatif buruk dalam kehidupan sehari-hari.Umur 20 tahun lebih. Dalam umur 20 tahun memiliki peranan penting terhadap jenjang menikah atau mencari keturunan, dalam jenjang ini termasuk salah satu langkah umum yang relatif berat. Yang mana seseorang harus memulai untuk menikah dan mendapatkan pekerjaan yang baik untuk bisa mensejahterakan diri sendiri maupun orang lain. Maka dari ini pentingnya untuk bekerja keras sedari dulu.Umur 50 tahun hingga 60 tahun. Dalam umur ini memiliki peranan untuk mengabdi kepada masyarakat, yang mana kita harus memberikan pengetahuan serta pengalaman agar membuat masyarakat sejahrtera atau terhadap keturunan selanjutnya. Maka dari hal ini pentingnya menghargai waktu dalam kehidupan.Umur 60 tahun keatas. Dalam umur ini menyerahkan diri kepada Tuhan sehingga tidak memiliki hubungan nafsu maupun keinginan duniawi lainnya. Maka dari ini pentingnya menghargai waktu dalam kehidupan.

Pelajari lebih lanjutPerbedaan umum Hindu India dengan Bali https://brainly.co.id/tugas/12377065Beberapa contoh umum terhadap filsafat Hindu Budha Jawa https://brainly.co.id/tugas/2976867Pengertian umum Hindu https://brainly.co.id/tugas/13303190

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: Bab 1 – Mengenal Peninggalan Sejarah Masa Hindu, Buddha, dan Islam

Kode: 5.10.1

#AyoBelajar

14. Nilai luhur apa saja yang terkandung pada catur asrama? Brahmacari asrama,grhastha asrama,wanaprastha asrama,bhiksuka asrama

Jawaban:

bhiksuka asrama

Penjelasan:

thanks you

15. tujuan ajaran catur asrama

Catur Asrama sebagai empat jenjang kehidupan yang berlandasakan petunjuk kerohanian Hindumengajarkan tentang program hidupsesuai dengan fase dalam kurun waktu terten
tu. Dalam fase kehidupan Catur Asrama hidup dipolakan, sehingga dapat digariskan bahwa pada umumnya orang berada pada fase pertama, tidak boleh atau kurang tepat menuruti tatanan hidup dalam fase kedua, ketiga ataupun keempat. Masing-masing jenjang memiliki warna tersendiri dan semua jenjang itu harus dilewati hingga akhir hayat dikandang badan. AjaranCatur Asrama pada jaman sekarang mendidik manusia agar melaksanakanswadharma sesuai dengan jenjang umur yang dimilikinya. Oleh karena itu, maka penting sekali manusia dijaman sekarang selalu bercermin pada ajaran Catur Asrama sehingga tidak menjalankan dua asrama dalam satu fase kehidupan. Konsekuensi atas penyimpangan pada ajaran Catur Asrama akan menyebabkan manusia lebih terbebani dalam menjalankan hidup.

16. Hubingan catur asrama dan catur purusa artha

Bagi umat Hindu, Catur Asrama dan Catur Purusa Artha sangat berkaitan satu sama lain dan tak bisa dipisahkan karena Catur Purusa Artha ini adalah pedoman moral yang wajib menjadi landasan dalam melaksanakan Catur Asrama. Catur Asrama sendiri adalah 4 fase kehidupan yang dilalui manusia dalam rangka mewujudkan apa yang jadi tujuan hidup dan tujuannya beragama.

» Pembahasan

Catur Asrama bisa dikatakan sebagai ajaran yang menuntun hidup umat Hindu. Catur bermakna empat dan Asrama bermakna jenjang kehidupan atau lapangan atau tempat. Secara istilah, Catur Asrama artinya adalah empaj jenjang kehidupan yang dilalui manusia dengan berlandaskan pada tuntunan rohani. Catur Asrama meliputi:

BRAHMACARI, artinya adalah gerak dalam kehidupan dalam menuntut ilmu pengetahuan. Bisa pula dimaknai bahwa Brahmacari ini adalah masa manusia ketika menuntut ilmu.GRAHASTA ASRAMA, artinya adalah kehidupan manusia pada jenjang ketika ia membina rumah tangganya.WANAPRASTA, artinya adalah jenjang di mana manusia mulai mengurangi atau jika memungkinkan melepaskan segala hawa nafsu dan ikatan duniawi dari diri.BIKSUKA, dinamakan juga Sanyasin, adalah jenjang di mana duniawi sudah terlepas dan diri semata-mata ada hanya untuk mengabdi kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Catur Purusa Artha yang menjadi landasan moral manusia menjalani Catur Asrama meliputi hal-hal sebagai berikut:

Darma, yakni segala yang mengatur dan memelihara dunia serta isinya.Artha, artinya kekayaan/harta benda.Kama, artinya adalah hawa nafsu.Moksa, artinya adalah ketenangan/kebahagiaan yang kekal.» Pelajari Lebih LanjutMateri tentang kegiatan keagamaan yang dilaksanakan umat Hindu https://brainly.co.id/tugas/37751767Materi tentang kenapa kita harus selalu bersyukur pada Sang Hyang Widhi https://brainly.co.id/tugas/356128Materi tentang hubungan Yoga dengan keyakinan agama Hindu dan Buddha https://brainly.co.id/tugas/292858

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detail Jawaban

Kelas      : SMP

Mapel    : Pendidikan Agama Hindu

Bab        : Catur Asrama

Kode      : –

#AyoBelajar

17. Tugas dan tujuan dari masing masing catur asrama jelaskan

Jawaban:

maksudnyaaa gimana ya kka?

18. Jelaskan bagaimana hubungan catur warna dengan catur asrama dalam kehidupan sosial

Jawaban:

whatt?

Penjelasan:

kirim lengkap dong

19. Apa Keterkaitan catur asrama dengan catur warna?

Latar belakang

Agama Hindu memiliki kerangka dasa yang dapat dipergunakan oleh umat sebagai landasan untuk memahami, mendalami, dan menagamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari -hari. Kerangka dasar tersebut terdiri dari tiga unsur yaitu Tattwa/filsafat, susila/etika, dan upacara/Ritual. Ketiga unsur kerangka dasar itu merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan. Untuk dapat memahami, mendalami, dan mengamalkan ajaran Agama Hindu secara utuh dalam kehidupan sehari-hari maka setiap umat Hindu memiliki kewajiban menjadikan kerangka dasar sebagai pedoman. Dengan demikian, mereka dapat mewujutkan hidup dan kehidupan ini menjadi sejahtera dan bahagia. Untuk kali ini kami disini akan membahas mengenai susila/etika. Ethika merupakan ajaran perilaku atau perbuatan yang bersifat sistematis tentang perilaku (karma). Menurut kitab suci manusia hendaknya selalu mengupayakan perilaku yang baik dengan sesamanya. Memerlakukan orang lain dengan baik sesungguhnya adalah sama dengan memperlakukan diri sendiri (Tattwamasi). Perilaku seperti itu selamanya patut diupayakan dan dilestarikandalam setiap tindakan kita sebagai manusia. Setiap individu hendaknya selalu berfikir dan bersikap profesional menurut guna dan karma. Inilah cermi dari sosok orang yang telah mengamalkan ajaran CaturWarna. Nah dari inilah sekarang kita akan mulai membahas mengenai beberapa hal mengenai Susila.

20. catur asrama dan kewajibannya

pengertian bagian²

manfaat apa saja yg dapat diambil dari ajaran catur asrama dan pokok²utama dari ajaran tersebut sehingga nanti sobat akan dapat mengerti dan memahaminya

Video Terkait