Jelaskan Mekanisme Kontrol Hipotalamus Terhadap Pengeluaran Keringat

Jelaskan Mekanisme Kontrol Hipotalamus Terhadap Pengeluaran Keringat

jelaskan mekanisme kontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat

1. jelaskan mekanisme kontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat

Proses pengeluaran keringat tersebut dipengaruhi oleh hipotalamus. Hipotalamus merupakan sistem saraf pusat pengatur suhu badan yang menghasilkan enzim bradikinin. Enzim bradikinin mempengaruhi kerja kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat. Selain dipengaruhi hipotalamus, kerja kelenjar keringat juga dipengaruhi oleh perubahan suhu lingkungan dan pembuluh darah. Suhu pembuluh darah yang tinggi (karena suhu lingkungan tinggi) akan memberikan rangsangan terhadap hipotalamus. Oleh rangsangan tersebut, hipotalamus segera mempengaruhi kelenjar keringat untuk menyerap air, garam, urea, dan berbagai zat sisa metabolisme dari pembuluh kapiler darah.

2. Jelaskan mekanisme kontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat

setiap harinya manusia dewasa mengeluar kan keringat kira-kira 225 ml. semua keringat yang dihasilkan berasal dari sekitar 2 juta kelenjar keringat yang tersebar seluruh dermis. Proses pengeluaran keringat tersebut dipengaruhi oleh hipotalamus. Hipotalamus merupakan sistem saraf pusat pengatur suhu badan yang menghasilkan enzim bradikinin. Enzim bradikinin mempengaruhi kerja kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat.

3. jela
skan mekanisme kontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat?

Mekanisme kontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat yaitu dengan sekresi enzim bradakinin yang mempengatuhi aktivitas pembuluh darah. Saat tubuh dalam kondisi panas, hiopotalamus mensekresi enzim tersebut yang berpengaruh terhadap sekresi keringat. Saat tubuh merasa dingin, hipotalamus akan membuat pori-pori kulit menyempit untuk mencegah keluarnya panas tubuh ke lingkungan.

Pembahasan

Ekskresi melibatkan organ-organ eksresi manusia seperti ginjal, paru-paru, kulit, dan hati. Hasil dari sistem eksresi disebut dengan ekskret. Ekskret ginjal adalah urine. Kulit adalah salah satu organ eksresi manusia yang menghasilkan ekskret berupa keringat.

Pelajari lebih lanjut tentang sekresi dan eksresi di: brainly.co.id/tugas/364551.

Kulit pada manusia terdiri atas 3 lapisan utama yaitu:

1. Epidermis

Epidermis tersusun atas beberapa lapisan yaitu:

stratum korneum, berupa sel mati yang mengelupas .stratum lusidum, berupa sel hidup yang bewarna bening .stratum granulosum, berisi pigmen kulit .stratum germinatuvum, aktif membelah memproduksi sel kulit baru.

2. Dermis

Dermis berisi beberapa komponen antar lain:

kelenjar minyak yang mengahasilkan minyak untuk melembabkan kulit dan rambutkelenjar keringat yang memproduksi keringat saat suhu tubuh tinggi dan atau lingkungan/cuaca panas sehingga suhu tubuh dapat diturunkan.saluran keringatpembuluh darah dan limfeujung saraf meliputi:Paccini, yaitu ujung syaraf yang terletak di sekitar akar rambut dan memiliki kepekaan terhadap rangsang tekanan.Ruffini, yaitu ujung syaraf yang memiliki kepekaan terhadap rangsang panas .Krause, yaitu ujung syaraf pada kulit yang memiliki kepekaan terhadap rasa dingin .Lempeng merkel, yaitu ujung syaraf yang terletak di permukaan kulit yang bertindak sebagai perasa terkait dengan sentuhan serta tekanan ringan.Meissner, yaitu ujung syaraf yang memiliki kepekaan terhadap sentuhan .Ujung syaraf tanpa selaput, yaitu ujung syaraf yang peka terrhadap rasa nyeri.

3. Hypodermis  

Lapisan yang berisi lemak sebagai cadangan makanan utama di bawah kulit.

Pelajari lebih lanjut tentang lapisan dan bagian kulit di: brainly.co.id/tugas/21591610.

Mekanisme pengeluaran keringat oleh hipotalamus yaitu:

Saat suhu tubuh tinggi atau berada pada lingkungan yang panas, kulit akan menerima impuls dan mengakibatkan pembuluh darah melebar. AKtivitas pembuluh darah akan memberi respon hioptalamus bahwa suhu tubuh sedang panas.Hipotalamus akan merespon dengan mengeluarkan/mensekresi enzim bradakinin.Enzim bradakinin akan memberi respon pada kelenjar keringat guna pengambilan air dan garam zat sisa metabolisme tubuh pada pembuluh darah dan dikeluarkan dalam bentuk keringat.Kulit akan membuka pori-porinya dan mengeluarkan keringat melalui saluran keringat yang dihasilkan kelenjar keringat. Saat tubuh atau berada di lingkungan dingin, pembuluh darah akan menyempit dan respon pembuluh darah diterima hipotalamus.Hipotalamus membuat pori-pori kulit menyempit sehingga keringat tidak atau sedikit dikeluarkan untuk mencegah tubuh kehilangan panas. Terkadang, tubuh merespon dengan menggigil untuk menambah panas tubuh.

Faktor yang mempengaruhi produksi keringat seseorang yaitu:

1. Suhu udara/lingkungan

Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler kulit melebar.Melebarnya pembuluh kapiler akan  memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme.Aktifnya kelenjar keringat mengakibatkan keluarnya keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan.Penguapan mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi.  

2. Aktivitas tubuh

Orang yang melakukan pekerjaan berat akan cenederung lebih bayak menghasilkan keringat, karena meningkatnya suhu tubuh yang memacu pelebaran pori-pori kulit yang akan dibarengi dengan produksi keringat dari kelenjar keringat.

3. Gejolak emosi dan psikologis

Seseorang yang sedang stress, marah atau bahagia akan mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga keringat yang dikeluarkan lebih banyak.

4. Hipotalamus

Banyak sedikitnya produksi keringat ditentukan oleh aktivitas hipotalamus karena hipotalamus peka terhadap suhu yang merangsang pembentukan keringat pada kelenjar keringat.  

5. Ukuran tubuh

Seseorang dengan ukuran tubuh lebih kecil atau postur tubuh baik berdasar tinggi badan ataupun berat badannya akan cenderung menghasilkan keringat lebih sedikit dibadingkan orang berpostur besar.  Hal ini karena pada orang yang lebih kecil terjadi peningkatan aliran darah ke kulit untuk pendinginan tubuh daripada mengeluarkan keringat.

6. Kesehatan

Seseorang yang mempnuyai riwayat penyakit tertentu misalnya paru-paru basah akan lebih sering mengeluarkan keringat (biasanya tangan yang sering dalam keadaan basah) dibadingkan dengan orang sehat.

Pelajari lebih lanjut tentang peranan kulit di: brainly.co.id/tugas/316507.

Detil jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi  

Bab: Sistem eksresi

Kode: 11.4.8

#AyoBelajar

4. jelaskan mekanisme pengaturan suhu oleh hipotalamus dengan kelenjar keringat saat mengeluarkan keringat?

keringat akan dikelurkan ketika suhu badan tinggi, dalam hal ini keringat membantu mendingin kan badan

5. Jelaskan mekanisme pengeluaran keringat pada waktu panas!

pertama,panas di ransang tubuh,kedua panas tubuh memanaskan cairan tubuh menjadi keringat,lalu keringat di simpan di kulit lalu keluar ketika panas datang

6. jelaskan mekanisme pengeluaran keringat dan urine

Komposisi :Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan komKeringat
Komposisi:Kandungan utama dalam keringat adalah sodium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan  pe 4-metilfenol (p-kresol)

7. Mengapa peraturan hipotalamus dapat mempengaruhi pengeluaran keringat​

Jawaban:

Karena hipotalamus dapat menghasilkan enzim bradikinin yang bekerja mempengaruhi kegiatan kelenjar keringat.

8. jelaskan mekanisnekontrol hipotalamus terhadap pengeluaran keringat

Hipotalamus merupakan bagian kecil dari otak yang terdiri atas nukleus nukleus dengan fungsi yang beragam. Salah satu fungsi tersebut adalah mengatur suhu pada tubuh dengan cara keluarnya keringat tubuh melalui pori pori.

 

Mekanisme kontrol pengeluaran kelenjar oleh hipotalamus dilakukan dengan cara memproduksi suatu enzim bernama brandikinin. Enzim ini mampu merangsa
ng kelenjar keringat di lapisan kulit agar mengeluarkan keringat.

 

Terdapat sebuah wilayah bernama preoptik hipotalamus anterior yang terdiri atas neuron neuron dalam jumlah besar. Neuron ini sangat sensitif pada suhu, jadi pada saat ia mendapat sinyal bahwa suhu tubuh berlebih maka rangsangan akan dikelola dan sebagai hasilnya enzim brandikinin akan diproduksi dan mempengaruhi kelenjar keringat untuk berkeringan agar suhu tubuh kembali stabil.

9. jelaskan mekanisme pengeluaran keringat?

Tubuh manusia memiliki ribuan kelenjar ekrin yang membantu mengatur suhu tubuh. Ketika suhu tubuh meningkat, sistem syaraf mengirim sinyal ke kelenjar ekrin untuk melepaskan keringat melalui pori. Keringat terdiri dari air, sodium, dan zat lain yang membantu menurunkan suhu tubuh.

10. Kontrol Hipotalamus terhadap pengeluaran keringat ?

hipotalamus mengkontrol suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat supaya dapat menjaga keseimbangan homeostasis tubuh

11. Jelaskan mekanisme pengeluaran keringat pada waktu panas!

pada saat panas pori pori pada tubuh membesar untuk mengeluarkan ekresi, yaitu keringat

12. Jelaskan mekanisme pengeluaran keringat!

Mekanisme pengeluaran keringat diatur oleh hipotalamus sebagai pengatur kelenjar keringat.Hipotalamus mensekresi enzim bradakinin dan mempengaruhi aktivitas pembuluh darah. Saat tubuh dalam kondisi panas, hiopotalamus mensekresi enzim tersebut yang berpengaruh terhadap sekresi keringat. Saat tubuh merasa dingin, hipotalamus akan membuat pori-pori kulit menyempit untuk mencegah keluarnya panas tubuh ke lingkungan.

Pembahasan

Ekskresi melibatkan organ-organ eksresi manusia seperti ginjal, paru-paru, kulit, dan hati. Hasil dari sistem eksresi disebut dengan ekskret. Kulit adalah salah satu organ eksresi manusia yang menghasilkan ekskret berupa keringat.

Pelajari lebih lanjut tentang sekresi dan eksresi di: brainly.co.id/tugas/364551.

Kulit pada manusia terdiri atas 3 lapisan utama yaitu:

1. Epidermis

Epidermis tersusun atas beberapa lapisan yaitu:

stratum korneum, berupa sel mati yang mengelupas . stratum lusidum, berupa sel hidup yang bewarna bening . stratum granulosum, berisi pigmen kulit . stratum germinatuvum, aktif membelah memproduksi sel kulit baru.

2. Dermis

Dermis berisi beberapa komponen antar lain:

kelenjar minyak yang mengahasilkan minyak untuk melembabkan kulit dan rambut kelenjar keringat yang memproduksi keringat saat suhu tubuh tinggi dan atau lingkungan/cuaca panas sehingga suhu tubuh dapat diturunkan. saluran keringat pembuluh darah dan limfe ujung saraf meliputi: Paccini, yaitu ujung syaraf yang terletak di sekitar akar rambut dan memiliki kepekaan terhadap rangsang tekanan. Ruffini, yaitu ujung syaraf yang memiliki kepekaan terhadap rangsang panas. Krause, yaitu ujung syaraf pada kulit yang memiliki kepekaan terhadap rasa dingin. Lempeng merkel, yaitu ujung syaraf yang terletak di permukaan kulit yang bertindak sebagai perasa terkait dengan sentuhan serta tekanan ringan. Meissner, yaitu ujung syaraf yang memiliki kepekaan terhadap sentuhan. Ujung syaraf tanpa selaput, yaitu ujung syaraf yang peka terrhadap rasa nyeri.

3. Hypodermis  

Lapisan yang berisi lemak sebagai cadangan makanan utama di bawah kulit.

Pelajari lebih lanjut tentang lapisan dan bagian kulit di: brainly.co.id/tugas/21591610.

Mekanisme pengeluaran keringat oleh hipotalamus yaitu:

Saat suhu tubuh tinggi atau berada pada lingkungan yang panas, kulit akan menerima impuls dan mengakibatkan pembuluh darah melebar. AKtivitas pembuluh darah akan memberi respon hioptalamus bahwa suhu tubuh sedang panas. Hipotalamus akan merespon denga mengeluarkan/mensekresi enzim bradakinin. Enzim bradakinin akan memberi respon pada kelenjar keringat guna pengambilan air dan garam zat sisa metabolisme tubuh pada pembuluh darah dan dikeluarkan dalam bentuk keringat. Kulit akan membuka pori-porinya dan mengeluarkan keringat melalui saluran keringat yang dihasilkan kelenjar keringat.  Saat tubuh atau berada di lingkungan dingin, pembuluh darah akan menyempit dan respon pembuluh darah diterima hipotalamus. Hipotalamus membuat pori-pori kulit menyempit sehingga keringat tidak atau sedikit dikeluarkan untuk mencegah tubuh kehilangan panas. Terkadang, tubuh merespon dengan menggigil untuk menambah panas tubuh.

Faktor yang mempengaruhi produksi keringat seseorang yaitu:

1. Suhu udara/lingkungan

Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Melebarnya pembuluh kapiler akan  memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme. Aktifnya kelenjar keringat mengakibatkan keluarnya keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan. Penguapan mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi.  

2. Aktivitas tubuh

Orang yang melakukan pekerjaan berat akan cenederung lebih bayak menghasilkan keringat. Hal ini dikarenakan meningkatnya suhu tubuh yang memacu pelebaran pori-pori kulit yang akan dibarengi dengan produksi keringat dari kelenjar keringat.

3. Gejolak emosi dan psikologis

Seseorang yang sedang stress, marah atau bahagia akan mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga keringat yang dikeluarkan lebih banyak.

4. Hipotalamus

Banyak sedikitnya produksi keringat ditentukan oleh aktivitas hipotalamus karena hipotalamus peka terhadap suhu yang merangsang pembentukan keringat pada kelenjar keringat.  

5. Ukuran tubuh

Seseorang dengan ukuran tubuh lebih kecil atau postur tubuh baik berdasar tinggi badan ataupun berat badannya akan cenderung menghasilkan keringat lebih sedikit dibadingkan orang berpostur besar.   Hal ini karena pada orang yang lebih kecil terjadi peningkatan aliran darah ke kulit untuk pendinginan tubuh daripada mengeluarkan keringat.

6. Kesehatan

Seseorang yang mempnuyai riwayat penyakit tertentu misalnya paru-paru basah akan lebih sering mengeluarkan keringat (biasanya tangan yang sering dalam keadaan basah) dibadingkan dengan orang sehat.

Pelajari lebih lanjut tentang peranan kulit di: brainly.co.id/tugas/316507.

Detil jawaban  

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi  

Bab: Sistem eksresi  

Kode: 11.4.8

#AyoBelajar

13. Jelaskan mekanisme pengeluaran keringat melalui penguapan!

Jawaban:

Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Aktifnya kelenjar keringat mengakibatkan keluarnya keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan. Penguapan mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi.

maaf kalau salah

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS

14. jelaskan mekanisme pengeluaran keringat pada sistem ekskresi.

kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh. pada permukaan kulit terdapat kelenjer keringat yang mengekskresi zat-zat sisa. zat-zat sisa yang di keluarkan melalui pori-pori kulit berupa keringat. keringat tersusun dari air dan garam-garam mineral terutama garam dapur (NaCl) yang merupakan hasil metabolisme
protein.yaitu,kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh. pada permukaan kulit terdapat kelenjer keringat yang mengekskresi zat-zat sisa. zat-zat sisa yang di keluarkan melalui pori-pori kulit berupa keringat. keringat tersusun dari air dan garam-garam mineral terutama garam dapur (NaCl) yang merupakan hasil metabolisme protein.semoga bermanfaat

15. Sebutkan dan jelaskan bagaimana mekanisme pengeluaran keringat !

Jawaban:

Proses Pengeluaran Keringat diatur oleh hipotamalus(Otak) sebagai pengatur kelenjar keringat. Selanjutnya Kelenjar Keringat akan menyerap air garam dan sedikit urea dari kapiler darah dan kemudian mengirimnya ke permukaan kulit dalam bentuk keringat.

maaf kalo salah

jadikan jawaban tercerdas ya

#gakmaksa

Jan lupa follow :v

16. pada saat udara panas kita akan banyak mengeluarkan keringat. namun pada saat udara dengan kita akan mengeluarkan sedikit keringat mengapa hal ini bisa terjadi? jelaskan mekanismenya?

Saat udara panas, pembuluh darah permukaan kulit akan melebar untuk mengeluarkan panas dari tubuh. Akibat melebarnya pembuluh darah, keringat pun juga ikut terpacu keluar.

Pada saat udara dingin, pembuluh darah permukaan kulit akan menyempit supaya panas tidak hilang dari tubuh. Akibat menyempitnya pembuluh darah, keringat pun tertahan tidak keluar dari tubuh,

17. jelaskan mekanisme pengeluaran keringat?

Proses pengeluaran keringat diatur oleh hipotalamus (pada otak). Hipotalamus dapat menghasilkan enzim brandikinin yang bekerja mempengaruhi kegiatan kelenjar keringat. Perubahan suhu akan merangsang pusat pengatur suhu (hipotalamus). Ransangan tersebut akan diteruskan oleh saraf simpatetik ke kelenjar keringat selanjutnya, kelenjar keringat akan menyerap air garam dan sedikit urea, dari kapiler dara dan kemudian mengirimnya ke permukaan kulit dalam bentuk keringat. 

18. jelaskan mekanisme pengeluaran keringat pada saat udara panas!

Proses pengeluaran keringat diatur oleh hipotalamus. Hipotalamus dapat menghasilkan enzim bradikinin yang bekerja mempengaruhi kegiatan kelenjar keringat. Jika hipotalamus mendapat rangsangan, misalnya berupa perubahan suhu pada pembuluh darah, maka rangsangan tersebut diteruskan oleh saraf simpatik ke kelenjar keringat. Selanjutnya kelenjar keringat akan menyerap air garam dan sedikit urea dari kapiler darah dan kemudian mengirimnya ke permukaan kulit dalam bentuk keringat. Rangsangan area preoptik di bagian anterior hipotalamus baik secara listrik maupun panas yang berlebihan akan menyebabkan berkeringat. Impuls dari area yang menyebabkan berkeringat ini dihantarkan melalui jaras saraf otonom ke medulla spinalis dan kemudian melalui jaras saraf simpatis mengalir ke kulit di seluruh tubuh. #semogamembantu

19. apa yamg anda ketahui tentang hipotalamus dalam proses pengeluaran keringat​

Jawaban:

Hipotalamusdapat menghasilkan enzim bradikinin yang bekerja mempengaruhi kegiatan kelenjar Keringat. Jika hipotalamus mendapat rangsangan, misalnya berupa perubahan suhu pada pembuluh darah, maka rangsangan tersebut diteruskan oleh saraf simpatetik ke kelenjar keringat

Penjelasan:

Semoga membantu

20. pengeluaran keringat dikontrol oleh…

dikontrol oleh kelenjar keringat.oleh saraf simpatispada kelenjar keringat

Video Terkait