Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 120

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 120

Jawaban bahasa indonesia kelas 9 halaman 118 dan 120

1. Jawaban bahasa indonesia kelas 9 halaman 118 dan 120

Kegiatan 1

Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan. Lanjutkan untuk pargraf kedua dan seterusnya.

Pembahasan:

Paragraf 1: Cara mengatasi anak-anak yang bertambah gemuk.Paragraf 2: Cara terbaik agar fisik anak tumbuh dengan baik adalah dengan olahraga.Paragraf 3: Jenis-jenis permainan olahraga.Paragraf 4: Olahraga adalah saana terbaik untuk pergaulan dan pertemanan anak.Paragraf 5: bermain dan berolahraga merupakan kefiatan yang sangat menyenangkan.

Kegiatan 2

Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan tentang pajak.

Pembahasan:

Paragraf 1: Kesadaran rakyat Indonesia dalam membayar pajak masih rendah.Paragraf 2: Agar kemandiri bangsa Indonesiatercapai, maka diperlukan kesadaran membayar pajak.Paragraf 3: Pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut data World Bank tahun 2014, Growth Domestic Product Indonesia menempati peringkat 16 besar tertinggi di dunia.Paragraf 4: Banyak masyarakat Indonesia yang masih merasa tidak perlu menyumbang kepada negara.Paragraf 5: Korupsi dan tidak membayar pajak adalah perbuatan warga negara yang tidak membela negaranya.Paragraf 6: Wajib pajak yang patuh membayar pajak adalah patriot bangsa.Pembahasan:

Pokok pikiran yaitu ialah sebuah bagian yang telah terdapat pada tiap paragraf dan merupakan suatu ide utama bagi paragraf-paragraf tertentu. Pokok pikiran  ini dapat dinilai sebagai sebuah bagian yang penting dari suatu paragraf tersebut yaitu dikarenakan pokok pikiran ini merupakan sebuah bagian inti dari pembicaraan yang telah terdapat dalam suatu paragraf.

Berikut merupakan cara untuk dapat menentukan pokok pikiran dari sebuah paragraf:

Bacalah pada seluruh kalimat yang telah terdapat pada setiap paragraf.Tandailah pada bagian kalimat awal, kalimat akhir, maupun pada bagian kalimat awal dan juga akhir dari paragraf tersebut.Tandailah pokok pikiran yang telah terdapat pada bagian awal, bagian akhir, maupun bagian awal dan juga akhir.Pelajari Lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Sebutkan cara menentukan pokok pikiran pada paragraf https://brainly.co.id/tugas/38179710

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

2. jawaban soal bahasa indonesia kelas 9 halaman 120

Pokok pikiran adalah gagasan utama yang mendasari sebuah paragraf. Biasanya, sebuah paragraf hanya memiliki satu gagasan utama atau pokok pikiran.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks yang membahas tentang kesadaran membayar pajak. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut sambil menyajikan teks aslinya.

TEKS RUJUKAN

Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat  rendah. Sementara penerimaan negara selama lima tahun terakhir  75–85% berasal dari penerimaan pajak. Haruskah kita berutang terus  dengan bangsa asing?

POKOK PIKIRAN: KESADARAN RAKYAT INDONESIA MEMBAYAR PAJAK MASIH SANGAT RENDAH

Kemandirian bangsa Indonesia akan tercapai jika kesadaran rakyat  membayar pajak sudah tinggi. Sumber pembiayaan negara terbagi  tiga: pinjaman luar negeri dan dalam negeri, penjualan sumber daya  alam, dan penerimaan pajak. Utang luar negeri dan dalam negeri  dapat memberatkan posisi APBN RI karena utang luar negeri tersebut  harus dibayarkan beserta dengan bunganya. Negara akan dicap  sebagai negara miskin dan tukang utang  karena tidak mampu mengatasi perekonomi an negara sendiri. Penjualan  sumber daya alam secara berlebihan dapat  menyebabkan kerusakan lingkungan atau  ekosistem, serta membuat sumber daya  alam tersebut menjadi langka. Penerimaan  negara melalui pajak merupakan satusatunya  sumber penerimaan negara yang  minim risiko, serta dapat meningkatkan  kemandirian bangsa.

POKOK PIKIRAN: NEGARA AKAN MANDIRI JIKA RAKYAT SADAR DAN TAAT MEMBAYAR PAJAK

Pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut data World Bank  tahun 2014, Growth Domestic Product Indonesia menduduki peringkat  16 besar tertinggi di dunia. Potensi kemandirian Indonesia sangat  tinggi. Sayangnya, dalam lima tahun terakhir, tax ratio cukup rendah  dan target pajak tidak tercapai yang salah satunya disebabkan oleh  rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan  kewajiban perpajakannya. Hanya tingkat kepatuhan wajib pajak badan  55% dan 25% tingkat kepatuhan wajib pajak perorangan. Di lain pihak
,  penerimaan negara dari penjualan sumber daya alam semakin mengecil  sejak tahun 1982. Sebelumnya primadona penerimaan negara adalah  dari penjualan sumber daya alam. Kemandirian bangsa ke depan sangat  tergantung kepada kesadaran rakyat membayar pajak.

POKOK PIKIRAN: TAX RATIO INDONESIA PADA 2014 CUKUP RENDAH DAN TARGET PAJAK TIDAK TERCAPIA KARENA WAJIB PAJAK TIDAK PATUH

Banyak juga orang yang merasa tidak perlu menyumbang kepada  negara. Mereka berpikir negaralah yang harus menyejahterakan  rakyatnya. Mereka adalah sekelompok masyarakat kontraprestasi  pajak, menolak membayar pajak dengan melakukan demonstrasi.  Padahal, mereka justru kelompok penikmat pajak, bukan pembayar  pajak yang juga dikenal sebagai anggota masyarakat yang tergolong  sebagai penikmat pajak tanpa berkontribusi. Yang patut disayangkan,  ada juga anggota masyarakat yang merusak fasilitas umum yang  dibiayai oleh pajak. Tindakan ini seperti merusak barang yang kita beli dengan keringat sendiri. Siswa atau mahasiswa yang malas belajar  tidak gigih menuntut ilmu pun termasuk kelompok ini karena semua  fasilitas pendidikan dibiayai oleh pajak.

POKOK PIKIRAN: KELOMPOK KONTRAPRESTASI PAJAK MENAMBAH PARAH KONDISI PAJAK INDONESIA

Kelompok kontraprestasi lainnya adalah yang kecewa karena  anggaran negara yang dibiayai pajak itu dikorupsi. Mereka berpikir  untuk apa bayar pajak jika untuk dikorupsi. Korupsi tindakan yang  sangat salah, tidak membayar pajak juga sangat salah. Koruptor dan  wajib pajak yang tidak membayar pajak adalah warga negara yang  tidak membela negaranya. Mereka jenis warga yang bertentangan  dengan tujuan negara untuk menyejahterakan rakyatnya.

POKOK PIKIRAN: ADA ORANG YANG TIDAK MAU MEMBAYAR PAJAK KARENA KHAWATIR DIKORUPSI

Wajib pajak yang patuh membayar pajak adalah patriot bangsa.  Mereka membela negara, membangun negara, mengangkat harkat  dan derajat bangsa di mata dunia dengan membayar pajak. Pajak  untuk kemandirian bangsa agar kita menjadi bangsa yang kuat dan  disegani di dunia. Stop utang negara dengan membayar pajak. Pajak  banyak, utang hilang, negara kaya, rakyat makmur. Terwujudlah  keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

POKOK PIKIRAN: WAJIB PAJAK YANG TAAT MEMBAYAR PAJAK ADALAH PAHLAWAN BANGSA.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang pokok pikiran:

https://brainly.co.id/tugas/4926833

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: gagasan pokok, pokok pikiran

3. Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 halaman 118-120

Berikut jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 118-120 mengenai pokok pokok pikiran dalam setiap paragraf teks diskusi mengenai pajak;

Paragraf 1 = Cara mengatasi anak anak yang bertambah gemuk.Paragraf 2 = Olahraga yang bermanfaat bagi pertumbuhan fisik dan kesehatan anak anak.Paragraf 3 = Olahraga membantu anak belajar bekerja sama dalam tim dan memperbanyak pertemanan.Paragraf 4 = Manfaat olahraga dan alasan mengapa olahraga harus dilakukan oleh anak anak.

Paragraf atau alinea adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain.

Pembahasan

Paragraf atau alinea adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. Nama lain dari paragraf ialah wacana mini. Kegunaan dari paragraf adalah untuk menjadi penanda dimulainya topik baru dan memisahkan gagasan-gagasan utama yang berbeda.

Contoh susunan paragraf :

Pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman sangat dipengaruhi oleh media tanam (tanah) yang subur serta pupuk yang digunakan. Contohnya menggunakan pupuk kandang. Pupuk kandang merupakan pupuk yang bersifat alami yang berasal dari kotoran binatang, seperti pupuk kandang dari kotoran sapi, ayam, kambing dan sebagainya. Apabila menanam suatu jenis tumbuhan dengan menggunakan pupuk kandang maka tumbuhan tersebut akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih optimal karena pengaruh dari pupuk tersebut.

Tanaman kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropis. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang makna paragraf dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/4474484

#BelajarBersamBrainly

#SPJ1

4. Bahasa indonesia halaman 120 kegiatan 2 kelas 9 SMP Tolong bantu jawab ya

jawaban:

paragraf1:kesadaranrakyatindonesiamembayarpajakmasihsangatrendah

paragraf2:pajakdapatmeningkatkankemandirianbangsa

paragraf3:taxratiodantargetpajakindonesiapada2014sangatrendah

paragraf5:banyakorangmasihbersikapacuhterhadappajak

paragraf6:wajibpajakyangtaatadalahpatriotbangsa

-maaf kalo salah-

semogamembantu

5. Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 halaman 118-120

Berikut jawaban pada halaman tersebut:

Kegiatan 1:

Paragraf 1: Cara untuk mengatasi anak yang bertambah gemuk.Paragraf 2: Olahraga adalah cara terbaik yang dapat dilakukan agar fisik anak dapat tumbuh dengan baik.Paragraf 3: Jenis permainan olahraga.Paragraf 4: Saraana terbaik untuk pergaulan dan pertemanan anak ialah olahraga.Paragraf 5: Kegiatan yang menyenangkan untuk anak ialah bermain dan berolahraga.

Pembahasan

Pada halaman tersebut kita diminta untuk menemukan pokok pikiran dalam setiap paragraf. Pokok pikiran sendiri merupakan ide utama yang ingin disampaikan penulis dalam sebuah paragraf. Dalam menemukan pokok pikiran, kita perlu memahami setiap paragraf.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang pengertian gagasan pokok https://brainly.co.id/tugas/1545319

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

6. Jawaban bahasa indonesia kelas 9 halaman 120 kegiatan 1

Kegiatan 1

Pokok pikiran pada teks 1:

Paragraf 1: Hal yang dilakukan untuk mengatasi anak yang bertambah gemuk.Paragraf 2: Hasil mengenai pertumbuhan fisik anak yang suka olahraga dan tidak.Paragraf 3: Untuk melatih fisik pada anak-anak, jenis permainan atau olahraga apa yang dapat dilakukan.Paragraf 4: Manfaat berolahraga untuk pertumbuhan anak-anak.Paragraf 5: Olahraga sangat baik dan bermanfaat untuk anak-anak.

Pokok pikiran pada teks 2:

Paragraf 1: Kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih sangat rendah.Paragraf 2: Terdapat 3 sumber untuk pembiayaan negara Indonesia.Paragraf 3: Kemandirian Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi, akan tetapi rasio pajak bangsa Indonesia masih cukup rendah sehingga target pajak tidak tercapai.Paragraf 4: Masyarakat yang kontraprestasi pajak.Paragraf 5: Warga negara yang tidak membela negaranya.Paragraf 6: Alasan wajib pajak disebut dengan patriot bangsa.

Pembahasan

Pada soal kita diminta untuk menemukan pokok pikiran dari setiap paragraf yang ada pada teks 1 dan 2 pada kegiatan 1. Pokok pikiran sendiri merupakan inti dari pembahasan pada tiap paragraf.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang menemukan pokok pikiran https://brainly.co.id/tugas/53093510

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

7. jawaban soal bahasa Indonesia Halaman 120 kelas 9 revisi 2018tolong bantu jawab​

Jawaban:

ka ceritanya mana ?

Penjelasan:

Video Terkait