Dampak Globalisasi Terhadap Perkembangan Batik Di Indonesia

Dampak Globalisasi Terhadap Perkembangan Batik Di Indonesia

Apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di indonesia

Daftar Isi

1. Apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di indonesia

Dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di Indonesia meliputi dikenalnya batik diseluruh dunia dan lunturnya falsafah batik itu sendiri.

Penjelasan :

Globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah – kaidah baru yang sama. Karena semakin intens-nya hubungan timbal balik antar satu wilayah dengan wilayah lainnya, batas dan jarak antar negara seolah menjadi bias.

Nah, hal seperti ini akan membawa dampak untuk bermacam aspek, salah satunya adalah aspek budaya seperti perkembangan batik. Adapun dampak positif globalisai bagi perkembangan batik adalah :

Batik semakin dikenal hingga ke mancanegara.Memberikan aspirasi dan ide bagi pelukis batik untuk memadukan dengan desain luar negeri.Membuka kesempatan usaha bagi warga dunia untuk menjadi kreator atau sekedar distributor batik.

Namun, di balik itu semua, tentu ada dampak negatifnya, antara lain :

Motif batik hanya dianggap sebagai kreasi tanpa memperhatikan falsafahnya.Dominasi motif batik kreasi luar negeri dibandingkan motif dari tempat asalnya.Penjiplakan terhadap motif batik tulis menjadi batik cap.

Pelajari lebih lanjut :

https://brainly.co.id/tugas/21004251 tentang 3 faktor pendorong globalisasi

https://brainly.co.id/tugas/18294951 tentang tanggapan globalisasi

https://brainly.co.id/tugas/2270350 tentang faktor penghambat globalisasi

DETAIL JAWABAN

MAPEL : IPS

KELAS : IX

MATERI : PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI ERA GLOBALISASI

KODE SOAL : 10

KODE KATEGORISASI : 9.10.15

#AyoBelajar

2. apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di indonesia​

Jawaban:

Dampak globalisasi terhadap berkembangan batik di indonesia meliputi dikenalnya batik diseluruh dunia dan lunturnya falsafah batik itu sendiri

Penjelasan:

Itu dampak positif sama dampak negatifnya yaaa

3. Apa dampak globalisasi dalam perkembangan batik di Indonesia??​

Jawaban:

dampak positif globalisai bagi perkembangan batik adalah : Batik semakin dikenal hingga ke mancanegara. Memberikan aspirasi dan ide bagi pelukis batik untuk memadukan dengan desain luar negeri. Membuka kesempatan usaha bagi warga dunia untuk menjadi kreator atau sekedar distributor batik.

Jawaban:

Adapun dampak positif globalisai bagi perkembangan batik adalah : Batik semakin dikenal hingga ke mancanegara. Memberikan aspirasi dan ide bagi peluk
is batik untuk memadukan dengan desain luar negeri. Membuka kesempatan usaha bagi warga dunia untuk menjadi kreator atau sekedar distributor batik.

Penjelasan:

4. 2. Berikut ini salah satu dampaknegatif era globalisasi adalah ….a. kegiatan ekonomi berkembangpesatb. semakin banyak yang mengenalbatikc. masuknya narkoba di Indonesiad. perdagangan menjadi lancar​

Jawaban:

Berikut ini salah satu dampak

negatif era globalisasi adalah ….

C. Masuknya Narkoba Di Indonesia

Penjelasan:

Karena Dampak Negatif Dari Globalisasi

PELAJARAN : IPSMATERI : GLOBALISASI

5. Dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi kini batik di Indonesia semakin banyak diminati bahkan dikenal oleh mancanegara.Pernyataan yang sesuai dengan informasi di atas adalah…a. Dampak positif globalisasi terhadap kebudayaanb. Dampak negatif globalisasi terhadap kebudayaanc. batik adalah kain khas Indonesiad. Batik halus dilestarikanbesok dikumpulkan tolong​

Jawaban:

Pernyataan yang sesuai dengan informasi di atas adalah…

a. Dampak positif globalisasi terhadap kebudayaan

Penjelasan:

semoga bermanfaat

A. Dampak positif globalisasi terhadap kebudayaan.

Penjelasan:

globalisasi memberikan dampak positif dan negatif..

contoh dampak positif adalah :

• kini kita dapat memberitahu kepada dunia kebudayaan Indonesia

• kita dapat menemukan banyak hal hanya dalam waktu beberapa detik

• kita bisa melakukan apapun dengan bantuan teknologi

contoh dampak negatif:

• anak dibawah umur kini dapat melihat video dewasa secara mudah

• banyak penipuan yang terjadi

• pencemaran nama baik

good luck!-

6. Berikut ini yang bukan merupakandampak dari globalisasi adalah ….a. kemudahan dalam pertukaranbudaya internasionalb. memicu kemunduran kesenianmendorong penyetaraan genderd. sektor pariwisata semakin ber-kembangDi era globalisasi ini kebudayaansuatu bangsa semakin dikenal. BatikIndonesia disahkan sebagai warisanbudaya dunia pada tanggal ….a. 2 September 2009b. 2 November 2009C. 2 Desember 2009d. 2 Oktober 2009bantu y big point jwbn tercerdas asal bnr dn jujur thxfllw : alyaqurrota ​

Jawaban:

1. A kemudahan dalam pertukaran budaya internasional

2. D 2 oktober 2009

1.ya,batik merupakan bentuk KA lokal karena Batik merupakan salah satu kearifan lokal atau warisan budaya (heritage) sekaligus kekayaan budaya Indonesia yang telah lama dikenal tidak hanya lingkup nasional, tetapi juga dunia internasional.

-Adapun dampak positif globalisai bagi perkembangan batik adalah : Batik semakin dikenal hingga ke mancanegara.

-upaya yang di lakukan adalah Membuat konsep yang unik tentang pemanfaatan kain batik. Mengadakan bazar batik, yakni menjual batik di pasaran supaya semakin dikenal masyarakat luas. Memilih dan menggunakan warna motif batik yang menarik. Melakukan promosi di media sosial.

1.perbedaan kearifan lokal Kearifan lokal menyajikan cara pandang suatu kelompok masyarakat terkait suatu hal atau isu berdasarkan nilai-nilai luhur yang mereka hayati

2.Komunitas pendesaan biasanya lebih kecil dari komunitas perkotaan. Penduduk desa kepadatannya lebih rendah bila dibandingkan dengan kepadatan penduduk kota. … Di kota sebaliknya penduduk heterogen, terdiri dari orang-orang dengan macam-macam perilaku, dan juga bahasa penduduk di kota lebih heterogen.

3.Kearifan lokal dapat mengatasi masalah sosial ditengah-tengah masyarakat karena beberapa alasan, pertama: Kearifan lokal sangat mendukung dalam faktor perdamaian, selain sopan atau polite terhadap sesama juga kearifan lokal merupakan satu tanda khusus untuk menghindari masalah dalam masyaraka

8. 1. dampak globalisasi membuat seluruh masyarakat di dunia dapat. a. saling mengenalb. saling menyembunyikan diric. saling menjauhid. saling berperang2. untuk menghadapi globalisasi kita harusa. menonton banyak videob. bermain permainan daringc. meningkatkan keterampiland. meminta uang saku lebih3. keberagaman tingkatan ekonomi di masyarakat harus kita sikapi dengan caraa. saling meremehkan tingkat ekonomi yang rendahb. mampu menghargai perbedaan yang adac. mengemis kepada orang yang ekonominya lebih tinggid. saling bekerja sama dalam menguasai harta orang kaya 5. berikut ini merupakan contoh pengaruh negatif dari globalisasi adalaha. kemajuan teknologib. berkembangnya sarana transportasic. perilaku berpakaian meniru budaya baratd. berkembangnya sarana komunikasi6.contoh sikap yang dibutuhkan untuk menghindari dampak negatif globalisasi adalaha. memotivasi rakyat Indonesia untuk mencintai produk dalam negerib. membiarkan budaya barat masuk ke Indonesiac. memberikan penekanan pada usaha kecild. pola konsumtif ditingkatkan7.kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia seperti makanan ,pakaian, tempat tinggal yaitua. kebutuhan primerb. kebutuhan sekunderc. kebutuhan tersierd. kebutuhan khusus8.mencintai produk dalam negeri merupakan perwujudan daria. toleransib. cinta tanah airc. tenggang rasad. lapang dada10. hari batik Nasional diperingati setiap tanggal a. 2 Januarib. 10 November c. 2 Oktoberd. 25 November​

Jawaban:

1. A

2. C

3. B

5. C

6. A

7. A

8. B

10. C

Penjelasan:

Semoga membantu :))

Jawaban:

1.A

2.C

3.B

5.A

6.A

7.D

8B

10.D

Penjelasan:

#Maaf kalau salah

#Semoga membermanfaat

SELAMAT MALAM TUHAN YESUS MEMBERKATI

9. apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di indonesia​

Persyaratan:

likeBintang 5JADIKAN JAWABAN TERCERDAS

Jawaban:

Dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di Indonesia meliputi dikenalnya batik di seluruh dunia dan lunturnya falsafah batik itu sendiri.

10. 1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang komunikasi dan transportasi menjadi factor utama penyebab terjadinya …. 2. Beberapa pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat yang dapat dilihat dari …. 3. Contoh globalisasi dibidang makanan yaitu Taco, Burger, dan Hot Dog berasal dari Negara …. 4. Contoh makanan dari Korea adalah …, …, dan … 5. Budaya luar semakin mudah masuk ke Indonesia dapat mengikis …. 6. Kemampuan membeli seseorang ditentukan oleh …. 7. Globalisasi terjadi akibat kemajuan iptek di bidang …, …, dan …. 8. Pada era globalisasi produsen local harus mampu menghasilkan produk yang dapat …. 9. Mencintai produk Indonesia dengan cara …. 10. Menggunakan barang-barang yang dihasilkan oleh Negara sendiri sangat berarti bagi …. 11. Dalam membeli suatu produk barang, yang saya lakukan adalah …. 12. Pada hari tertentu setiap siswa di sekolahku diwajibkan berseragam batik. Yang saya lakukan adalah …. 13. Mempertahankan jati diri bangsa harus diperhatikan dalam menghadapi akibat globalisasi termasuk sikap …. 14. Menolak budaya asing yang bertentangan dengan kepribadian bangsa serta menerima budaya asing bila bermanfaat bagi kemajuan bangsa termasuk sikap …. 15. Bagaimana gaya hidup masyarakat pada era globalisasi? 16. Jelaskan pengaruh globalisasi dalam hal berpakaian! 17. Sebutkan 3 dampak positif globalisasi! 18. Sebutkan 3 dampak negatif globalisasi! 19. Tuliskan 4 syarat menjadi konsumen yang cerdas! 20. Tuliskan 4 sikap yang harus diperhatikan dalam menghadapi dampak yang timbul! Asal= Report.

Jawaban:

3.-Taco : Meksiko

-Burger : Amerika Serikat

-Hot dog: Amerika Serikat

4.Tteokbokki,Kimchi Sujebi

6.faktor kebutuhan

11. Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!Maka dari itu, kita sebagai bangsa yang mengerti akan dampak dan manfaat teknologidi era globalisasi jangan sampai untuk menyalahgunakannya. Hal ini mampu menjadipeluang dan tantangan tersendiri bagi kita, terutama dengan adanya internet. Perkembanganteknologi era globalisasi merupakan hal yang sangat mengerikan, jika mampu merubahnilai-nilai luhur dan budaya bangsa kita. Namun, perkembangan teknologi era globalisasijuga memiliki dampak dan manfaat yang positif bagi bangsa kita. Oleh karena itu, kitaharus memiliki filter untuk menangkal dampak negatif teknologi di era globalisasi ini, salahsatunya dengan berpegang pada nilai-nilai luhur bangsa.1. Informasi apa yang dapat diperoleh dari paragraf tersebut? (Bahasa Indonesia -KD 3.2)2. Pada teks eksplanasi, paragraf tersebut berada pada bagian apa? (Bahasa Indonesia -KD 3.2)3. Sebutkan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam keberagaman ekonomi di eraglobalisasi! (PPKn – KD 3.3)4. Berikan contoh sikap negatif dalam menghadapi era globalisasi! (PPKn – KD 3.3)5. Abdul terus berusaha mengembangkan usaha batiknya agar bisa menembus pasarinternasional. Sikap apakah yang dapat dicontoh dari Abdul? (PPKn – KD 3.3)​

JAWABAN :

1 informasi yg di peroleh adalah menyikapi dampak negatif perkembangan teknologi globalisasi

2 bagian Interpretasi (kesimpulan)

3 – saling menghargai keberagaman ekonomi orang

– jgn sombong jika memiliki ekonomi lebih

– terus berusaha, pantang menyerah, kenali potensi diri

4 Sikap individulalistasi

konsumerisme

hilangnya nilai nila budaya

5 sikap Abdul adalah pekerja keras dan tidak pantang menyerah

12. 1. adanya kemajuan dibidang transportasi dan komunikasi menjadikan dunia bagaikan sebuah desa biasa dinamakan A. westernisasiB. birokrasiC. globalisasiD. modernisasi2.Berikut merupakan salah satu contoh globalisasi dalam bidang ekonomi yaitu A. masuknya nilai-nilai sosial baruB. perdagangan bebasC. masuknya kebudayaan asingD. campur tangan luar negeri3. dampak positif globalisasi dalam bidang komunikasi yaitu A. komunikasi semakin modernB. komunikasi hanya melalui selulerC. komunikasi jadi lambanD. komunikasi terhambat4. menghargai persamaan derajat adalah salah satu contoh dampak negatif dari globalisasi yaituA. ekonomiB. sosialC. teknologiD. ilmu pengetahuan5. Berikut yang termasuk salah satu contoh dampak negatif dari globalisasi yaitu A. perkembangannya ilmu pengetahuanB. lunturnya nilai-nilai kearifan lokalC. munculnya pengetahuan baruD. meningkatkan perkembangan teknologi6. Berikut yang bukan cara untuk mengatasi anak kecanduan bermain handphone atau gadget jenis lainnya yaitu A. membatasi waktu penggunaanB. memberikan contoh yang baikC. membelikan handphone pribadiD. membuat jadwal penggunaan handphone7. sikap yang harus dipersiapkan untuk menghadapi globalisasi adalahA. bergaul dengan orang pandaiB. suka menggunakan produk luar negeriC. membenci orang asing yang ada di dalam negeriD. membekali diri dengan ilmu pengetahuan8. Berikut merupakan contoh tindakan dari cinta terhadap produk Indonesia yaitu A. membeli buah-buahan imporB. senang memakai batikC. tidak suka makan masakan nusantaraD. senam memakai pakaian dari luar negeri9. keragaman budaya yang ada di Indonesia sebaiknya A. di bina sebagai modal dasar pembangunan bangsaB. diseragamkan agar tercipta KedamaianC. dihapus karena menghambat kemajuanD. dipermasalahkan karena dapat menimbulkan pertikaian Kak tolong bantu jawab yang lengkap nanti aku follow ​

Jawaban:

1.C.(globalisasi)

2.B.(perdagangan bebas)

3.A.(komunikasi semakin modern)

4.B.(sosial)

5.D.(meningkatkan perkembangan teknologi

6.C.(membelikan handphone pribadi)

7.D.(membekali diri dengan ilmu pengetahuan)

8.B.(senang memakai batik)

9.A.(dibina sebagai modal dasar pembangunan bangsa)

Penjelasan:

Jadikan Jawaban Tercerdas Yaa ^_^

13. Latihan 6Bahasa Indonesia, IPS1. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang benarlIPS 3.31. Meskipun globalisasi dapat memberikan informasi yang menarik tentang negara lain akantetapi, kita harus tetap …a. membenci budaya sendiric. membenci budaya la
inb. mencintai bangsa sendirid. mencintai budaya luar2. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam menghadapi dampak negatif kemajuan Iptek danglobalisasi yaitua. keberanian untuk menirub. membatasi perkembangan iptekc. keberanian untuk menolak perkembangan iptekd. adanya sikap menutup diri terhadap pengaruh asing3. Budaya bangsa sendiri akan semakin hilang apabila kita ….a. suka mempelajarinyac. peduli dengan budaya sendirib. semangat melestarikannyad. tidak mau melestarikannyaBahasa Indonesia 3.14. Batik Indonesia sekarang ini sudah mendunia.Arti kata mendunia tersebut adalah ….a. berasal dari dunia yang kita tempatib. terbuat dari belahan dunia yang lainc. diproduksi di banyak negara di duniad. dikenal atau digunakan banyak negara di duniaIPS 3.35. Globalisasi dapat mengakibatkan seseorang menjadi individualisme, artinyaa tidak punya kepentinganc. mementingkan kepentingan Bersamab. mementingkan orang laind. mementingkan kepentingan sendiriTema 4, Globalisasi19Kelas VI Semester 1​

Jawaban:

1.B

2.B

3.D

4.D

5.D

Penjelasan:

semoga membantu..

Jawaban:

1 b.mencintai bangsa sendiri

2 d.adanya sikap menutup diri terhadap pengaruh asing

3 d.tidak mau melestarikannya

4 d.dikenal atau digunakan banyak negara di dunia

5 d.mementingkan kepentingan sendiri

Penjelasan:

Semoga membantu..

Maaf kalau salah typo.

14. 1. proses bersatunya kegiatan bangsa-bangsa di dunia dalam sistem yang mendunia disebut… 2. globalisasi ditandai dengan perkembangan… 3. globalisasi pada bidang transportasi seolah menyebabkan jarak semakin… 4. tingginya kemajuan di bidang transportasi memiliki dampak negatif yaitu rawan terjadi… 5. sikap mementingkan uang atau kebendaan sebagai akibat negatif globalisasi disebut…. 6. globalisasi dapat mengubah perilaku masyarakat dari tradisional menjadi… 7. kita sebaiknya bersikap …. terhadap semua budaya asing yang masuk ke indonesia 8. indonesia tidak bisa mengolah seluruh sumber daya alam yang ada diindonesia dikarenakan keterbatasan… 9. dengan memperjuangkan hak cipta batik, negara kita telah berperan pada era globalisasi dalam bidang

2.Teknologi
4.Kecelakaan
7.Waspada
8.SDM

15. masyarakat ekonomi ASEAN merupakan anak kandung dari globalisasi tantangan yang dihadapi oleh tenaga kerja Indonesia yang bergerak di sektor UMKM adalah meningkatkana.infrastrukturb.permodalanc.bahan bakud.produktivitasperan masyarakat konsumen dalam mengantisipasi dampak pemanfaatan pupuk kimia hasil teknologi modern adalah ..a.menggunakan produk makanan organikb.mengurangi pemanfaatan pupuk kimiac.penggunaan teknologi ramah lingkungand.menyesuaikan waktu tanam dengan musimberkembangnya batik di berbagai kawasan Indonesia merupakan hasil bentuk interaksi a.persainganb.kerjasamac.akulturasid. asimilasi

D) asimilasi kalo salah enggak apa apa

16. 1. Globalisasi menyebabkan suatu hasil budaya dapat mendunia, misalnya batik. Batik tidak hanya berkembang di Nusantara, tetapi di negara lain. Bahkan, banyak masyarakat luar negeri menggemari pakaian bercorak batik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, dapat disimpulkan manfaat globalisasi bagi budaya Indonesia adalah ….A. meningkatkan jumlah perajin batik di luar negeriB. mengurangi eksistensi budaya tradisional dalam masyarakatC. mengurangi pandangan positif tentang negara IndonesiaD. meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di mata duniaE. memengaruhi negara lain untuk mengembangkan budayanya di Indonesia2. Budaya populer berisiko mendorong perubahan sosial regress karena ….A. kecintaan budaya lokal menjadi lunturB. budaya barat sesuai dengan budaya lokalC. pola pikir rasional menggejala dalam masyarakatD. nilai, norma sosial, dan budaya lokal bertambahE. unsur budaya lokal menjadi tidak dapat dipraktikkan3. Modernisasi di bidang politik mendorong tumbuhnya demokratisasi. Dampak positif dari gejala tersebut, yang berkaitan dengan kemajuan masyarakat adalah ….A. peluang yang besar bagi segenap lapisan masyarakat untuk melakukan protes dan demontrasiB. kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunanC. tumbuh dan berkembangnya kelompok-kelompok dalam masyarakat berdasarkan ikatan primordialD. kesempatan yang terbatas bagi masyarakat untuk mengakses informasi dan media massaE. mendorong tumbuh dan berkembangnya politik aliran dalam kehidupan masyarakat4. Kebijakan ekonomi nasional, harus menyesuaikan dengan dunia internasional. Hal itu disebabkan oleh pengaruh globalisasi dalam bidang ….A. hubungan internasionalB. teknologi dan komunikasiC. ekonomiD. politikE. hak asasi manusia5. Tantangan akibat globalisasi di bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia adalah ….A. semakin banyaknya produk hukum yang memihak pada kepentingan rakyatB. masuknya nilai barat yang ditiru bangsa melalui internet, parabola, dan sebagainyaC. hubungan internasional lancar, multisentris, dan saling ketergantunganD. menguatnya supremasi sipil, menyebabkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamananE. kebebasan gerak para pekerja​

Jawaban:

1. [D] {meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di mata dunia}

2. [A] {kecintaan budaya lokal menjadi luntur}

3. [B] {kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan}

4. [C] {ekonomi}

5. [C] {hubungan internasional lancar, multisentris, dan saling ketergantungan}

Pembahasan :

1. Berkembangnya batik di dunia internasionai dapat meningkatkan eksistensi budaya bangsa di mata dunia. Artinya, keberadaan budaya bangsa Indonesia diakui dan dinilai positif oleh masyarakat dunia sehingga mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

2. Perubahan sosial regress merupakan sifat perubahan sosial yang mengarahkan kemunduran di masyarakat dalam berbagai aspek, seperti perubahan perilaku atau gaya hidup yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Munculnya fenomena budaya populer sebagai tandingan budaya lokal sebagai akibat perubahan sosial dalam arus globalisasi dapat menyebabkan kemunduran (regress) bagi masyarakat yang ditandai dengan memudarnya kecintaan budaya lokal.

Masyarakat cenderung lebih menggemari budaya global (budaya populer) dibanding budaya lokal. Akibatnya, eksistensi budaya lokal menjadi luntur bagi masyarakat lokal itu sendiri. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

3. Demokratisasi telah melahirkan sikap menghormati persamaan hak asasi manusia tanpa melihat latar belakang setiap individu. Hal itu memberi kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

4. Globalisasi ekonomi adalah peningkatan integrasi ekonomi dan saling ketergantungan ekonomi nasional, regional, dan lokal di seluruh dunia melalui intensifikasi pergerakan barang, jasa, teknologi, dan modal lintas batas. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

5. Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan adalah sebagai berikut:

– Perdagangan bebas membuat barang, jasa layanan, dan komoditas lain mendapat peluang untuk ikut bersaing merebut pasar perdagangan luar negeri, terutama hasil per
tanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang.

– Di bidang jasa kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam.

– Tenaga kerja lokal banyak yang terserap sehingga akan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat.

– Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.

– Dapat meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.

– Mendorong kita untuk meningkatkan kualitas produk yang tinggi.

– Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya tinggi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban :

1. [D] {meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di mata dunia}

2. [A] {kecintaan budaya lokal menjadi luntur}

3. [B] {kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan}

4. [C] {ekonomi}

5. [C] {hubungan internasional lancar, multisentris, dan saling ketergantungan}

17. 1. Salah satu hal baik dari globalisasi, yaitu kita dapat meniru pola berpikir yang baik. Hal ini merupakan aspek globalisasi dalam bidang ….a. politikb. sosial dan budayac. pertahanan dan keamanand. politik dan hukum2. Menjalin kerja sama memberantasterorisme dalam satu anggota ASEANmerupakan salah satu kerja samaIndonesia di bidang ….a. ekonomib. kebudayaanc. pendidikand. politik3. Dampak negatif di era globalisasi,salah satunya adalah ….a. masuknya narkoba di Indonesiab. perdagangan menjadi lancarc. kegiatan ekonomi berkembangpesatd. semakin banyak yang mengenal batik​

Bidang yang terpengaruh dari globalisasi dengan adanya peniruan cara berpikir yang baik adalah (B) sosial dan budaya.Bidang dalam kehidupan Indonesia yang terpengaruh dengan menjadi salah satu anggota ASEAN di mana ada kerja sama memberantas terorisme adalah (D) politik.Salah satu dampak negatif yang ada pada era globalisasi adalah (A) masuknya narkoba ke Indonesia.

Pembahasan

Pada nomor 1, pilihan (B) benar karena adanya perubahan gaya hidup dengan peniruan pola berpikir yang baik adalah salah satu bentuk pengaruh positif dari globalisasi.

Pada nomor 2, pilihan (D) benar karena kerja sama pemberantasan terorisme, seperti perjanjian ekstradisi adalah salah satu contoh dari kerja sama ASEAN dalam bidang politik.

Pada nomor 3, pilihan (A) benar karena dengan adanya globalisasi yang juga memperluas kawasan perdagangan bebas membuat barang ilegal seperti narkoba lebih mudah masuk ke dalam negeri.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang sikap yang tepat untuk menyikapi perkembangan IPTEK https://brainly.co.id/tugas/14930213Materi tentang dampak negatif perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi https://brainly.co.id/tugas/14310857Materi tentang dampak positif perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi https://brainly.co.id/tugas/14780028

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: 3 – Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

Kode: 9.9.3

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3 

18. dampak negatif di era globalisasi, salah satunya adalah…. A.masuknya narkoba di Indonesia B. perdagangan menjadi lancar C. kegiatan ekonomi berkembang pesat D.semakin banyak yang mengenal batik​

Jawaban:

masuknya narkoba di indonesia

Jawaban:

A. masuknya narkoba di indobesia

Penjelasan:

B, C, D adalah dampak positif

yang A adalah dampak negatif di perdagangan bebas ASEAN

maaf klo salah

#kls 6

19. dampak negatif di era globalisasi salah satunya adalaha. perdagangan menjadi lancarb. masuknya narkoba ke indonesiac. batik semakin di kenald. kegiatan ekonomi berkembang​

Jawaban:

Dampak negatif di era globalisasi salah satunya adalah…

OPSI : B.MASUKNYANARKOBAKE INDONESIA

Penjelasan:

Di era globalisasi ini peredaran narkoba semakin meluas di Indonesia hal ini di sebabkan kemudahan komunikasi dan transportasi.

20. 1. Apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di Indonesia? Jawab: 2. Tulislah batik-batik yang di ekspor! Jawab:​

Penjelasan:

1. semakin di kenal hingga mancanegara

2. motif batik tiga negeri

cmiiw

Video Terkait