Dalam Kumpulan Rekening Akuntansi Desa Yang Termasuk Pendapatan Transfer Adalah

Dalam Kumpulan Rekening Akuntansi Desa Yang Termasuk Pendapatan Transfer Adalah

1).Sebutkan basis dari pencatatan akuntansi keuangan desa 2).Sebutkan pendapatan desa dan hasil transfer ​

Daftar Isi

1. 1).Sebutkan basis dari pencatatan akuntansi keuangan desa 2).Sebutkan pendapatan desa dan hasil transfer ​

Jawaban:

1.

-perencanaan

-pelaksanaan

-penatausahaan

-pelaporan

-pertanggung jawaban

2.Pendapatan Desa meliputi semua penerimaan uang melalui rekening desa yang merupakan hak desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh desa.

Kelompok Pendapatan Desa :

Pendapatan Asli Desa (PADesa);

Transfer; dan

Pendapatan Lain-Lain

transfer terdiri atas jenis:

•Dana Desa;

•Bagian dari Hasil Pajak Daerah •Kabupaten/Kota dan Retribusi Daerah;

•lokasi Dana Desa (ADD);

•Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi;

•Bantuan Keuangan APBD Kabupaten/Kota, dapat bersifat umum dan khusus.

Bantuan Keuangan bersifat khusus dikelola dalam APBDesa tetapi tidak diterapkan dalam ketentuan penggunaan paling sedikit 70% (tujuh puluh perseratus) dan paling banyak 30% (tiga puluh perseratus).

Penjelasan:

1.

•Perencanaan

Perencanaan pengelolaan keuangan desa merupakan perencanaan penerimaan dan pengeluaran pemerintah desa pada tahun anggaran berkenan yang dianggarankan dalam APB Desa.

• Pelaksanaan

Pelaksanaan pengelolaan keuangan desa merupakan penerimaan dan pengeluaran Desa yang dilaksanakan melalui rekening kas Desa pada bank yang ditunjuk Bupati/Wali Kota.

Rekening kas Desa dibuat oleh Pemerintah Desa dengan spesimen tanda tangan kepala Desa dan Kaur Keuangan. Dalam kondisi Desa yang belum memiliki pelayanan perbankan di wilayahnya, rekening kas Desa dibuka di wilayah terdekat.

• Penatausahaan

Penatausahaan keuangan dilakukan oleh Kaur Keuangan sebagai pelaksana fungsi kebendaharaan. Penatausahaan dilakukan dengan mencatat setiap penerimaan pengeluaran dalam buka kas umum (BKU) yang ditutup setiap akhir bulan.

Dalam penatausahaan keuagan, Kau Keuangan Desa diwajibkan membuat Buku Pembantu Kas Umum yang terdiri dari:

•Buku pembantu bank merupakan buku catatan penerimaan dan pengeluaran melalui rekening kas Desa.

•Buku pembantu pajak merupakan buku catatan penerimaan potongan pajak dan pengeluaran setoran pajak, dan

•Buku pembantu panjar merupakan catatan pemberian dan pertanggungjawaban uang panjar.

•Pelaporan

Kepala Desa menyampaikan laporan pelaksana APBDes semester pertama kepada Bupati/Walikota melalui camat, yang terdiri dari laporan pelaksanaan APBDes dan laporan realisasi kegiatan.

Kepala Desa menyusun laporan dengan cara menggabungkan seluruh laporan paling lambat minggu kedua bulan Juli tahun berjalan.

• Pertanggungjawaban

Laporan pertanggungjawaban disampaikan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah akhir tahun anggaran berkenaan yang ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Peraturan Desa disertai dengan laporan keuangan, laporan realisasi dan daftar program sektoral, program daerah dan program lainnya yang masuk ke Desa.

Laporan pertanggungjawaban merupakan bagian dari laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran. Selain laporan pertanggungjawaban kepada Bupati/Walikota, pemerintah Desa berkewajiban menginformasikan kepada masyarakat melalui media informasi.

Adapun informasi kepada masyarakat paling sedikit harus memuat laporan realisasi APBDesa, laporan realisasi kegiatan, laporan kegiatan yang belum selesai dan/atau tidak terlaksanan, laporan sisa anggaran dan alamat pengaduan.

2. kita menerim transferan dari giro kerekening kita,apakah uangnya itu langsung masuk kerekening kita atau tidak?​

Jawaban:

langsung tarik tunai bahkan bisa lebih besar jumlahnya

3. Menerima penyertaan modal desa yang di transfer ke rekening bank 30.000.000

Jawaban:

haru mengucapkan terima kasih

Penjelasan:

maaf kalo salah

4. apa yang terjadi jika uang yang ditransfer tidak masuk tapi saldo di rekening berkurang

mungkin ada kerusakan pd kartu anda
maaf klo salah

5. Rekening kas desa dan investasi jangka pendek termasuk dalam kelompok

Deposito

maaf kalau salah

6. Berdasarkan konsep persamaan dasar akuntansi, akun pendapatan dan beban merupakan rekening pembantu dari akun

Akun pendapatan dan akun beban merupakan rekening pembantu dari akun laba rugi. Konsep persamaan dasar akuntansi menyatakan bahwa aktiva = kewajiban + ekuitas. Dalam hal ini, aktiva dan kewajiban mencakup semua posisi keuangan yang dimiliki perusahaan dan yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Sedangkan ekuitas merupakan hak milik pemilik perusahaan atas aktiva yang dimiliki perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban yang harus dibayarkan.

Pendapatan dan beban merupakan komponen dari laba rugi, yang merupakan bagian dari ekuitas. Pendapatan merupakan jumlah uang yang diperoleh perusahaan dari aktivitas usahanya, sedangkan beban merupakan jumlah uang yang dikeluarkan perusahaan untuk mendukung aktivitas usahanya. Pendapatan dan beban ini akan dihitung dan diakui pada periode akuntansi yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Setelah pendapatan dan beban diakui, maka laba atau rugi perusahaan dapat dihitung dengan cara mengurangi pendapatan dengan beban. Laba atau rugi tersebut akan dicatat dalam akun laba rugi, yang merupakan bagian dari ekuitas perusahaan. Dengan demikian, akun pendapatan dan beban merupakan rekening pembantu dari akun laba rugi yang digunakan untuk mencatat dan menghitung laba atau rugi perusahaan.

7. Pendapat dan alasan tentang Bapak Sanjaya menjabat sebagai bendahara desa di Desa Sekar Jaya. Sebagaibendahara desa, Bapak Sanjaya memiliki wewenang untuk menerima pendapatandesa. Pendapatan tersebut ada yang diterima secara tunai dan melalui transferbank. Pendapatan desa yang diterima secara tunai harus disetorkan Bapak Sanjayake bank karena setiap pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah desa harusmelalui rekening kas desa.​

Jawaban:

kirim saja …………………

8. Sebutkan 5 jenis dari pendapatan transfer desa

Jawaban:

transfer sayuran, ikan,buah,beras,dan kerajinan tangan

9. Apa yang dimaksud dengan rekening didalam sistem akuntansi dan apa tujuan penyelenggaran suatu rekening?​

Jawaban:


Untuk menciptakan suatu sistem akuntansi yang dapat dicatat secara tepat dan lengkap yang disebut dengan akun atau sering juga disebut dengan rekening. Akun atau rekening adalah suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban perusahaan.

Tujuannya adalah sebagai rekam jejak transaksi seseorang sehingga mempermudah bank dalam melakukan pendataan nasabah maupun pelacakan mutasi saldo untuk kepentingan tertentu.

10. Sebuah rekening virtual di mana pengguna mendapatkan layanan jasa transfer dan pembayaran secara online dinamakan…

Jawaban:

Virtual account (VA)

Penjelasan :

Rekening virtual adalah rekening bank non fisik/online yang dibuat secara virtual.

11. SEBUTKAN REKENING – REKENING PERKIRAAN YANG DIGUNAKAN DALAM AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG ?​

Memahami Akuntansi Perusahaan Dagang dengan Mudah

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang bisnis utamanya membeli barang dari pemasok dan menjual lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut. Sebagai contoh yang biasa kita temui adalah toko kelontong dan supermarket. Kedua jenis bisnis ini membeli barang kebutuhan sehari-hari dari pemasok dan menjual kembali kepada konsumen.

Akuntansi perusahaan dagang memiliki perbedaan dengan perusahaan jasa. Yang membedakan terutama adalah aktivitas dan akun-akun yang tidak terdapat pada perusahaan jasa tetapi ada pada perusahaan dagang. Akun-akun perusahaan dagang yang tidak ada pada perusahaan jasa adalah sebagai berikut:

Akun Pembelian

Akun yang mencatat pembelian barang-barang yang masuk ke perusahaan sebelum dijual ke konsumen. Pembelian perusahaan selain pembelian barang tidak dimasukkan ke dalam akun ini.

Akun Penjualan

Akun yang menyimpan segala kegiatan penjualan barang dagangan perusahaan kepada konsumen maupun perantara. Sama seperti akun pembelian, pada akun penjualan juga tidak dimasukkan penjualan perusahaan di luar penjualan barang dagangan.

Akun Persediaan

Bagian dari akuntansi perusahaan dagang yang menyimpan data mengenai jumlah persediaan barang selama periode tertentu.

Harga Pokok Penjualan atau HPP

Harga pokok yang dipakai untuk menentukan harga beli barang yang akan dijual pada suatu periode tertentu dan dipengaruhi oleh harga pasar.

Akun Potongan Tunai

Akun yang diperuntukkan sebagai penggunaan pemberian diskon atau potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada konsumen karena telah membayar barang dengan tunai langsung ketika transaksi terjadi.

Akun Potongan Pembelian

Bagian dari akuntansi perusahaan dagang yang mencatat potongan harga yang diberikan oleh produsen kepada perusahaan dagang karena telah membayar dengan tunai atau membayar lunas dalam jangka waktu tertentu.

Akun retur penjualan

Akun yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisa data mengenai barang yang sudah terjual ke konsumen namun dikembalikan kepada perusahaan karena kondisinya yang tidak baik atau cacat dan tidak sesuai dengan pemesanan.

Beban Pemasaran

Beban yang digunakan untuk semua yang ditanggung oleh perusahaan dagang untuk menjual barang-barang persediaan hingga sampai ke tangan konsumen.

semogamembantu dan jadikan jawaban tercerdas ya

12. sebutkan beberapa kelompok akun yang terdapat pada akuntansi desa

1. Harta
2. Utang
3. Belanja
4. Pembiayaan
5. Pendapatan

13. Bagaimana perhitungan transfer sebagai pendapatan desa?

Jawaban:

total jumlah pendapatan yang bersumber dari hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga berupa pemberian berupa uang dari pihak ke tiga, hasil kerjasama dengan pihak ketiga atau bantuan perusahaan yang berlokasi di desa. Keseluruhan pendapatan desa harus tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa).

Penjelasan:

Desa dapat memperoleh sumbangan berupa hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga. Misalnya adalah dana CSR (corporate social responsibility) dari perusahaan yang berlokasi di luar Desa. Bagi Desa yang kreatif, maka Desa, dengan berbekal RPJMDesa, dapat  membuat proposal pembangunan untuk disampaikan kepada BUMN maupun perusahaan swasta.

Maaf Kalau Salah.

14. pendapatan yang berasal dari usaha, retribusi pasar desa, hasil sewa aula desa, serta pembuatan surat-surat desa, dalam anggaran pendapatan dan belanja desa termasuk golongan pendapatan kelompok..a. pendapatan transfer masukb. pendapatan asli daerahc. sumbangan pihak ketigad. pendapatan lain-lain yang sahe. prinsip ekonomi daerahtolong di jawab ya kak..​

Jawaban:

b. pendapatan asli daerah

Penjelasan:

maaf kalo salah

15. apakah ketika kita transfer uang di bank BRI hasil transferan kita akan tercantum di buku rekening?

tidak . karena kalau ingin mengetahui tinggal mengecek di rekening/ atm nya

16. Dana desa berasal dari transfer pemerintah pusat. Apakah dana desa terkualifikasi sebagai pendapatan atau belanja?​

Soal

Dana desa berasal dari transfer pemerintah pusat. Apakah dana desa terkualifikasi sebagai pendapatan atau belanja?

Jawaban

Iya

Penjelasan

Dana desa termasuk APBD ( anggaran pendapatan dan belanja negara).

Semoga membantujangan lupafollow yaand jadikanjawaban tercerdas

17. bagaimana pengakuan pendapatan desa jika di tinjau dari konsep akuntansi desanya​

Jawaban:

tergantung pada kepala desa yang melakukan perhitungan tentang pendapat desanya

18. Sebutkan 5 jenis dari pendapatan transfer desa

Jawaban:

minta sumbangan keliling desa

19. Apa yang disebut transfer antar rekening​

Jawaban:

Transfer antar rekening adalah Transfer uang antar rekening bank (transfer biasa) ,

Penjelasan:

#jadikan jawaban tercerdas

#Jangan lupa follow 🙂

#Semoga membantu 🙂

20. mengapa bendahara desa
dilarang membuka rekening atas nama pribadi di bank dengan tujuan pelaksanaan APBDes. Pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga

karena uang tersebut akan di putar kembali pada warga setempat supaya kebutuhan daerah tersebut terpenuhi

maaf klo saya salah ya

Video Terkait